Apa Itu CRM? Pentingnya CRM untuk Sebuah Bisnis!

Sociomile | Selasa, 26 Juli 2022
Ket. foto: Ilustrasi - CRM. Istock
Ket. foto: Ilustrasi - CRM. Istock

Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu tools penting untuk perusahaan. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan pengalaman dan interaksi konsumen atau pelanggan antara satu sama lain dan terintegrasi. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai CRM? Yuk pada artikel yang satu ini!

Apa Itu CRM?

CRM adalah teknologi untuk mengelola semua hubungan dan interaksi perusahaan Anda dengan pelanggan dan calon pelanggan. Tujuannya sederhana, yakni meningkatkan hubungan bisnis untuk mengembangkan bisnis Anda. Sistem CRM membantu perusahaan tetap terhubung dengan pelanggan, merampingkan proses, dan meningkatkan profitabilitas.

Ketika semua orang berbicara tentang CRM, mereka biasanya mengacu pada sistem CRM, tools yang membantu dengan manajemen kontak, manajemen penjualan, produktivitas agen, dan banyak lagi. Tools CRM dari Ivosights dapat digunakan untuk mengelola hubungan pelanggan di seluruh channel pelanggan, yang mencakup pemasaran, penjualan, digital marketing, dan interaksi layanan pelanggan.

Solusi CRM membantu Anda fokus pada hubungan organisasi Anda dengan individu — termasuk pelanggan, pengguna layanan, kolega, atau pemasok — sepanjang siklus hidup Anda dengan mereka, termasuk menemukan pelanggan baru, memenangkan bisnis mereka, dan memberikan dukungan dan layanan tambahan di seluruh hubungan.

Pentingnya CRM untuk Perusahaan?

Ada banyak manfaat memilikinya, dan dalam posting blog ini, kita akan membahas beberapa alasan paling umum untuk memulai CRM. Pada intinya, CRM adalah semua aktivitas, strategi, dan teknologi yang digunakan perusahaan untuk mengelola interaksi mereka dengan pelanggan mereka saat ini dan pelanggan potensial.

Pepatah yang sering terdengar dan diucapkan di banyak bisnis adalah “pelanggan adalah raja.” CRM membantu bisnis membangun hubungan dengan pelanggan mereka yang, pada gilirannya, menciptakan loyalitas dan retensi pelanggan. Pasalnya, loyalitas pelanggan dan pendapatan adalah kualitas yang mempengaruhi pendapatan perusahaan, CRM adalah strategi manajemen yang meningkatkan keuntungan untuk bisnis.

Pada intinya, CRM menciptakan antarmuka pengguna yang sederhana untuk mengumpulkan data yang membantu perusahaan mengenali dan berkomunikasi dengan pelanggan dengan cara yang terukur. Semakin baik sebuah bisnis dapat mengelola hubungannya dengan pelanggannya, semakin sukses bisnis itu nantinya. Oleh karena itu, sistem IT yang secara khusus menangani masalah berurusan dengan pelanggan setiap hari semakin populer. Tak hanya penerapan teknologi, CRM juga merupakan strategi untuk mempelajari lebih lanjut tentang kebutuhan dan perilaku pelanggan untuk mengembangkan hubungan yang lebih kuat.

4 Type CRM yang Harus Anda Ketahui!

Setelah mengetahui pengertian serta fungsinya pastinya ada beberapa tipe CRM yang harus Anda ketahui. Untuk info lanjutnya yuk simak bahasan dibawah yang satu ini.

#1 Strategic CRM

Strategic CRM adalah jenis CRM di mana bisnis mengutamakan pelanggan. Ini mengumpulkan, memisahkan, dan menerapkan informasi tentang pelanggan dan tren pasar untuk menghasilkan proposisi nilai yang lebih baik bagi pelanggan.

Bisnis menganggap suara pelanggan penting untuk kelangsungan hidupnya. Berbeda dengan Product-Centric CRM (di mana bisnis mengasumsikan persyaratan pelanggan dan berfokus pada pengembangan produk yang terkadang mengarah pada over-engineering), di sini bisnis terus belajar tentang persyaratan pelanggan dan beradaptasi dengannya.

Bisnis ini mengetahui perilaku pembelian pelanggan bahwa pelanggan yang senang membeli lebih sering daripada pelanggan lainnya. Jika ada bisnis yang tidak mempertimbangkan jenis CRM ini, maka berisiko kehilangan pangsa pasar ke bisnis tersebut, yang unggul dalam CRM strategis.

#2 Operational CRM

Operational CRM berorientasi pada proses bisnis yang berpusat pada pelanggan seperti pemasaran, penjualan, dan layanan. Ini mencakup otomatisasi berikut: Otomatisasi Tenaga Penjualan, Otomatisasi Pemasaran, dan Otomatisasi Layanan.

#3 Analytical CRM

Analytical CRM didasarkan pada menangkap, menafsirkan, memisahkan, menyimpan, memodifikasi, memproses, dan melaporkan data terkait pelanggan. Ini juga berisi data seluruh bisnis internal seperti Data Penjualan (produk, volume, riwayat pembelian), Data Keuangan (riwayat pembelian, skor kredit) dan Data Pemasaran (tanggapan terhadap angka kampanye, data skema loyalitas pelanggan).

Basis CRM adalah contoh dari Analytical CRM. Ini memberikan analisis terperinci dan laporan yang disesuaikan. Organisasi intelijen bisnis yang menyediakan data demografi dan gaya hidup pelanggan di area yang luas memberikan banyak perhatian pada data internal untuk mendapatkan informasi lebih detail seperti, “Siapa pelanggan yang paling berharga?”, “Konsumen mana yang merespons positif kampanye terakhir dan dikonversi?”, dan lainnya.

Analytical CRM dapat mengatur pendekatan penjualan yang berbeda untuk segmen pelanggan yang berbeda. Selain itu, konten dan gaya yang berbeda dapat ditawarkan ke segmen pelanggan yang berbeda. Untuk pelanggan, Analytical CRM memberikan solusi yang disesuaikan dan tepat waktu untuk masalah tersebut. Untuk bisnis, ini memberikan lebih banyak prospek untuk penjualan, dan akuisisi dan retensi pelanggan.

#4 Collaborative CRM

Collaborative CRM adalah penyelarasan sumber daya dan strategi antara bisnis yang terpisah untuk mengidentifikasi, memperoleh, mengembangkan, mempertahankan, dan mempertahankan pelanggan yang berharga. Ini digunakan dalam skenario B2B, di mana banyak bisnis dapat melakukan pengembangan produk, riset pasar, dan pemasaran bersama.

Collaborative CRM memungkinkan komunikasi dan transaksi yang lancar di antara bisnis. Meskipun cara tradisional seperti pos udara, telepon, dan faks digunakan dalam komunikasi, CRM kolaboratif menggunakan sistem komunikasi baru seperti ruang obrolan, forum web, Voice over Internet Protocol (VoIP), dan Electronic Data Interchange (EDI).

Berdasarkan penjelasan di atas, CRM merupakan tools yang harus perusahaan ketahui lebih lanjut. Dengan CRM perusahaan akan terintegrasi serta lebih produktif dibandingkan tidak menggunakan CRM, Hal ini pastinya bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis lebih atau ekspansi. Ivosights menjadi salah satu opsi Anda agar dapat mengekspansi bisnis serta mengenali pelanggan (audiences). Karena hal ini pastinya ini akan menambah daya tarik tersendiri. Untuk lebih lanjutnya klik disini!

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.