4 Strategi Customer Relationship Management

Ripple10 | Selasa, 30 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relationship. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relationship. Shutterstock.

Customer Relationship Management atau CRM merupakan istilah yang merujuk kepada usaha perusahaan untuk menjaga pelanggan agar tidak lari menggunakan produk atau layanan kompetitor. Usaha yang dilakukan sebagai bentuk CRM tersebut seperti mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan baik itu lewat telepon, e-mail, media sosial, dan lainnya.

Pada dasarnya, untuk memaksimalkan program CRM tersebut, kita pun dapat menggunakan customer care patform seperti Sociomile. Dengan menggunakan satu platform Sociomile, segala interaksi atau feedback dari pelanggan dari beragam sumber, dapat teridentifikasi secara lebih mudah.

Namun, selain menggunakan beberapa cara tersebut (mengumpulkan interaksi pelanggan dan juga menggnakan customer care platform), kita pun harus menciptakan program-program CRM agar pelanggan lebih loyal dan aplikasi dari program tersebut dapat lebih maksimal. Mengingat, seperti yang kita tahu, kepuasan pelanggan adalah segalanya. Berikut adalah beberapa hal yang telah dirangkum oleh Ivosights terkait strategi memaksimalkan program CRM.

#1 Gamification

Gamification merupakan istilah yang digunakan saat kita melakukan pengaplikasian mekanisme yang terdapat dalam permainan atau game, untuk kemudian diterapkan pada segala aktivitas non game. Dalam hal pemasaran, gamification dapat diterapkan untuk tujuan seperti meningkatkan engagement dan kompetisi di antara pelanggan. Sebagai contoh, menerapkan leaderboard tentang pelanggan yang paling memiliki poin terbanyak dalam hal penggunaan layanan produk A.

#2 E-mail Marketing

E-mail marketing menjadi salah satu saluran yang tepat untuk tetap menjalin hubungan dengan pelanggan. Mengingat, salah satu keunggulan dari e-mail marketing adalah karakteristiknya yang personal. Namun, kita pun perlu strategi yang tepat dalam penerapan saluran pemasaran satu ini; yang terpenting, jangan pernah mengirimkan e-mail marketing sesering mungkin sebab akan mengganggu atau bahkan dianggap sebagai spam.

#3 Penawaran Ekslusif

Pelanggan menyukai segala bentuk penawaran ataupun promosi, telebih dengan penawaran yang bersifat ekslusif. Biasanya, penawaran ini diberikan sebagai tujuan program loyalitas pelanggan.

#4 Sistem Poin

Sistem poin ini menjadi salah satu sistem reward yang patut untuk diterapkan. Semakin banyak pelanggan yang menggunakan produk/layanan kita, semakin banyak pula poin yang mereka kumpulkan. Nantinya, reward dari poin tersebut dapat ditukarkan dengan vocer, diskon, ataupun penawaran khusus lainnya yang nantinya dapat mendorong pembelian berulang.

Keempat hal di atas menjadi strategi yang dapat kita terapkan untuk memaksimalkan program CRM. Selain keempat hal di atas, seperti yang telah disebutkan di atas, menggunakan platform customer care seperti Sociomile, akan lebih membantu dalam memaksimalkan program CRM atau bahkan meningkatkan kepuasan dari para pelanggan kita. Jadi, sudahkah Anda menerapkan beberapa startegi di atas?

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.