5 Alasan Mengapa IP Telephony Lebih Baik Dibandingkan Telepon Konvensional

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 09 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Telepon konvensional pada zaman sekarang sudah tidak lagi relevan. Inilah beberapa alasan IP Telephony lebih baik dari telepon konvensional"

Telepon konvensional sudah menjadi sahabat manusia dari lama untuk melakukan komunikasi sehari-hari. Pada zaman dahulu, telepon jenis ini membuat kemajuan besar dalam bidang komunikasi yang memudahkan segala jenis percakapan lewat panggilan suara. Telepon konvensional juga memberikan sedikit ruang pada keterbatasan untuk menghubungi kerabat dari jauh. Bahkan hingga saat ini, telepon konvensional masih digunakan dalam beberapa rumah dan perkantoran.  Fungsi yang digunakan juga sama; untuk melakukan panggilan kepada orang lain. Meskipun biaya operasional telepon ini sedikit mahal, telepon konvensional berfungsi juga untuk menelepon dalam keadaan darurat seperti mati lampu karena saluran telepon ini berbeda dengan saluran listrik dan internet di dalam rumah. Saat ini model telepon konvensional juga dikembangkan menjadi lebih modern dibandingkan dengan zaman dahulu. Ada banyak fitur yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mengatur panggilan yang masuk dan keluar sesuai dengan fungsinya. Intinya, telepon konvensional masih memiliki peran dalam pergantian zaman saat ini.

IP Telephony dan Perannya

IP Telephony adalah istilah untuk teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan suara dan video dengan orang lain menggunakan internet. IP Telephony menjadi suatu terobosan baru dalam perkembangan teknologi dan komunikasi karena membuat kemudahan dalam melakukan panggilan dari jarak jauh kepada orang lain.

Dilansir dari The Next Bridge, evolusi telepon IP sangat bergantung pada dua teknologi mendasar, yang pertama dan paling dikenal adalah telepon dan yang kedua adalah internet. Protokol Internet (IP) ditemukan pada tahun 1972 oleh Dr. Vint Cerf. Evolusi telepon IP diketahui jatuh di beberapa tahap. Pada tahun 1995 sebuah perusahaan kecil yang berbasis di Israel memperkenalkan VOIP. Perusahaan yang dikenal sebagai Vocaltec, Inc. mengembangkan produk bernama InternetPhone. Produk revolusioner ini memungkinkan pengguna melakukan panggilan dengan menggunakan komputer, satu set speaker, dan mikrofon. Perangkat lunak dan peralatan akan dibutuhkan oleh penelepon dan penerima agar layanan ini berhasil.

Baca Juga: Pentingnya IP Telephony untuk Perusahaan Asuransi

Tahun 1998 merupakan tahun yang besar bagi pengembangan dan pengenalan telepon IP. Sekelompok pengusaha mulai memasarkan layanan IP telephony dalam jangka waktu ini, solusi/produk yang mereka tawarkan adalah PC-to-phone dan phone-to-phone, tidak seperti pengaturan PC ke PC sebelumnya. Telepon IP sekarang diintegrasikan ke dalam jaringan telepon umum (PSTN).

Keberadaan IP Telephony juga diminati oleh banyak orang karena mereka bisa membuat panggilan dengan banyak orang dalam satu waktu. Berbeda dengan telepon konvensional, IP Telephony memiliki banyak kemudahan untuk penggunanya seperti bisa digunakan di mana saja dan kapanpun.

Alasan Mengapa IP Telephony Lebih Baik Dibandingkan Telepon Konvensional

Melihat perbedaannya, mari simak lebih lanjut alasan-alasan lain yang menunjukkan bahwa IP Telephony lebih baik dibandingkan telepon konvensional:

  • Harga yang Ditawarkan Lebih Murah

Telepon konvensional memiliki saluran dan aliran kabel yang berbeda dengan listrik dan internet yang Anda miliki. Hal ini membuat telepon konvensional memakan cukup banyak biaya dalam biaya operasionalnya. Dalam bisnis, penggunaan telepon konvensional bisa menjadi sangat mahal, terutama jika digunakan dalam kebutuhan harian kerja untuk menghubungi pelanggan.

Untuk itu, beralihlah menggunakan IP Telephony! Jaringan yang satu ini memiliki banyak provider yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan yang Anda perlukan. Harga yang ditawarkan untuk IP Telephony tentu saja beragam tetapi bisa dipastikan jauh lebih murah karena setiap ponsel maupun alat elektronik yang tersambung tidak perlu dikenakan biaya tambahan seperti yang ada pada satu telepon konvensional. Singkatnya, IP Telephony memiliki jangkauan yang lebih luas sehingga harga yang ditawarkan lebih murah. 

  • Lebih Aman

Telepon konvensional umumnya tidak memiliki tingkat keamanan seperti IP Telephony. Orang asing dapat menelepon Anda sehingga menjadi sedikit tidak aman untuk perlindungan privasi Anda. Namun, IP Telephony memiliki tingkatan yang aman untuk melakukan komunikasi karena jaringan dan aplikasi yang didukung oleh IP Telephony kebanyakan memiliki enkripsi yang aman untuk Anda gunakan sehingga tidak perlu takut untuk melakukan transaksi atau meeting dengan jaringan yang satu ini.

Baca Juga: Kenali Konsep Dasar dan Komponen IP Telephony Disini!

  • Dapat Digunakan Dimana Saja

Berbeda dengan telepon konvensional, IP Telephony dapat digunakan di mana saja sehingga mendukung kegiatan belajar maupun bekerja dari rumah. Jika telepon konvensional hanya bisa digunakan dalam satu tempat, IP Telephony bisa digunakan dimana saja asal ponsel dan laptop yang digunakan memiliki internet.

  • Potensi Berkomunikasi Tidak Terbatas 

Telepon konvensional memiliki keterbatasan dalam menghubungi orang lain. Berbeda dengan IP Telephony yang memiliki potensi berkomunikasi yang tidak terbatas dan bisa menghubungi banyak orang dalam satu waktu.

  • Mudah Digunakan

Kabel dan saluran yang digunakan oleh telepon konvensional cukup ribet karena harus dipasang terpisah. IP Telephony memiliki saluran yang cukup mudah untuk dipasang dan digunakan yang tentunya jauh lebih mudah diatur jika dibandingkan dengan telepon konvensional.

Meskipun telepon konvensional memiliki peran penting bagi dunia telekomunikasi, IP Telephony menggesernya dan memiliki beragam fungsi dan kegunaan yang lebih memudahkan manusia dalam melakukan komunikasi. Itulah beberapa alasan mengapa IP Telephony lebih baik dibandingkan telepon konvensional. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami