8 Fungsi Customer Relationship Management Bagi Bisnis

Sociomation | Kamis, 25 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relation. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relation. Shutterstock.

Sistem CRM (Customer Relationship Management) dirancang untuk mengumpulkan berbagai informasi tentang pelanggan di mana informasi-informasi tersebut akan diolah dan dianalisis untuk keperluan bisnis dalam memperbaiki hubungan dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas serta mendorong pertumbuhan penjualan.

Sebelum menggunakan CRM ada baiknya Anda mengetahui fungsi-fungsi dari CRM terlebih dahulu agar komunikasi yang terjalin semakin maksimal. Dilansir dari sarjanaekonomi.co.id, berikut ini delapan fungsi CRM yang dapat memaksimalkan bisnis Anda.

1. Mengidentifikasi faktor-faktor yang sangat penting bagi pelanggan. Dengan menggunakan CRM Anda dapat mengidentifikasi faktor-faktor penting apa saja yang pelanggan Anda butuhkan. Misalnya, perusahaan Anda bergerak di bidang kecantikan maka Anda harus melihat target pelanggan Anda sedang membutuhkan make-up yang seperti apa. Anda harus bisa menyesuaikan produk Anda dengan kebutuhan pelanggan.

2. Mengusung suatu falsafah yang berorientasi pada pelanggan (customer centric). Salah satu fungsi dari CRM adalah berorientasi pada pelanggan dengan menggunakan customer centric. Menurut Custora University, customer centric marketing adalah menempatkan konsumen sebagai pusat dari strategi pemasaran yang dijalankan dan pesan pemasaran yang dikirimkan. Dengan kata lain, customer centric marketing mengharuskan Anda untuk:

  • Mengetahui: Memahami bahwa sebenarnya tidak ada konsumen “rata-rata”.
  • Menarik: Mengubah orang asing dan audiens menjadi leads.
  • Menghasilkan: Memberikan pesan yang tepat, kepada pelanggan yang tepat, dan di waktu yang tepat dengan tujuan untuk mengonversi leads menjadi penjualan.

3. Berkembang: Menciptakan jenis engagement jangka panjang yang dapat menghasilkan retensi pelanggan.Mengadopsi pengukuran yang berdasarkan sudut pandang pelanggan. Dengan menggunakan data-data pelanggan, CRM mampu mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan sehingga Anda dapat memperoleh informasi baru tentang pelanggan Anda yang kemudian akan diolah untuk menciptakan produk sesuai kebutuhan pelanggan.

4. Membangun berbagai proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan. CRM mampu membangun berbagai proses dengan pelanggan karena memiliki tiga komponen dasar, yaitu pelanggan, hubungan, dan manajemen.

5. Menyediakan suatu dukungan pelanggan yang sempurna. Apabila Anda menggunakan CRM maka Anda tidak akan kesulitan dalam memberikan dukungan kepada pelanggan karena fungsi dari CRM yang dapat menyediakan suatu dukungan pelanggan dengan sempurna.

6. Menangani keluhan atau komplain pelanggan. Anda akan lebih mudah, cepat, dan tepat dalam menangani keluhan setiap pelanggan karena CRM mampu membantu untuk mewujudkan hal tersebut.

7. Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam suatu penjualan. Semua aspek penjualan Anda akan tercatat secara terstruktur tanpa ada laporan yang terlewat.

8. Membuat suatu informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan. Sesuai dengan artinya, yaitu holistik berarti menggali maka Anda dapat menggali informasi pelanggan Anda yang terkait dengan penjualan sebanyak-banyaknya untuk diolah menjadi data-data yang dapat membantu bisnis Anda semakin berkembang.

Setelah mengetahui fungsi-fungsi CRM langkah selanjutnya adalah menerapkan CRM itu sendiri pada bisnis Anda. Anda dapat memaksimalkan bisnis Anda dengan menggunakan bantuan platform digital seperti Sociomation yang mendukung adanya CRM.

Sociomation adalah Automation Social CRM yang dapat membantu Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui channel digital CRM. Selain itu, Sociomation mampu mengelola, memanfaatkan ulang data pelanggan, hingga evaluasi brand campaign yang selama ini telah dilakukan.  Dalam pelaksanannya, Sociomation ditunjang dengan berbagai fitur, seperti fitur Leads Management, fitur Data Enrichment, fitur Segmentation, fitur Retargeting Scenario dan fitur Scenario Performance Report agar pelanggannya selalu puas. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan Sociomation, klink link ini.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.