Jakarta, 14 Oktober 2024 – Di era digital saat ini, data telah menjadi aset paling berharga bagi individu maupun perusahaan. Kekuatan data tidak hanya terletak pada volume atau kecepatan informasi yang tersedia, tetapi juga pada kemampuan untuk menganalisis dan menginterpretasinya guna menciptakan nilai tambah dan dampak positif dalam dunia bisnis.

CEO Ivosights, Elga Yulwardian, menegaskan bahwa penggunaan data dalam komunikasi bertujuan untuk membantu brand memahami karakteristik audiens atau pelanggan secara lebih mendalam. Hal ini mencakup berbagai elemen persona seperti preferensi, kebiasaan, hingga perilaku di berbagai touch-points. “Data dapat membantu brand dalam menyiapkan dan mendefinisikan pesan yang lebih relevan dan efektif sesuai dengan masing-masing target market atau persona yang telah didefinisikan, untuk memastikan bahwa pesan yang disampaikan relevan dengan tujuan bisnis,” ujar Elga.

Data-Driven Personalization: Menargetkan Audiens dengan Lebih Tepat

Elga menjelaskan bahwa analisis data memungkinkan perusahaan untuk mempersonalisasi pesan dan menargetkan audiens dengan lebih presisi. Tidak hanya itu, perusahaan juga dapat menentukan waktu yang optimal serta memilih saluran komunikasi yang paling efektif. Dengan demikian, pesan yang disampaikan menjadi lebih personal, relevan, dan tepat sasaran. “Dengan pendekatan yang berbasis pada data, brand akan mampu mengoptimalkan setiap langkah komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih baik,” tambahnya.

Tantangan dalam Pengelolaan Data: Menghadapi Kompleksitas dan Volume yang Besar

Meskipun potensi data sangat besar, Elga mengakui bahwa pengelolaannya tidak selalu mudah. Salah satu tantangan terbesar adalah tingginya kompleksitas dan kesulitan dalam mengelola data berjumlah besar. Namun, dengan pemahaman dan alat yang tepat, tantangan ini dapat diatasi untuk menghasilkan strategi komunikasi yang lebih efektif.

Segmentasi Audiens Berdasarkan Data: Memahami Perbedaan Generasi

Pemanfaatan data juga memungkinkan perusahaan untuk membagi audiens menjadi segmen-segmen berdasarkan demografi, perilaku, hingga psikografis yang dapat diidentifikasi sebagai customer persona. Elga juga menekankan pentingnya memahami adanya "generation gap" di antara audiens yang terdiri dari berbagai generasi, seperti Gen Z, milenial, Gen X, hingga baby boomers. “Setiap generasi memiliki cara konsumsi informasi yang berbeda. Sebagai contoh, Gen Z lebih aktif di media sosial dengan preferensi visual cepat dan informasi singkat, sementara generasi yang lebih tua mungkin lebih suka email atau media tradisional,” jelasnya.

Dengan memahami karakteristik dan preferensi setiap generasi, brand dapat menciptakan pesan yang lebih relevan bagi masing-masing segmen, memastikan bahwa komunikasi yang dilakukan dapat diterima dengan baik oleh audiens lintas generasi.

Personalisasi Konten Melalui Ripple10 dan Sociomile

Selain itu, Elga menyoroti bagaimana data dapat digunakan untuk mendefinisikan dan mempersonalisasi konten sesuai dengan audiens yang ditargetkan. Salah satu alat yang dapat membantu dalam hal ini adalah Social Listening atau Digital Monitoring, seperti Ripple10, yang memberikan insight dari percakapan dan opini audiens di media sosial. Platform omni-channel seperti Sociomile juga berperan penting dalam memantau dan mengelola touch-points yang berbeda, serta mempersonalisasi konten sesuai dengan saluran dan preferensi audiens.

Pada akhirnya, komunikasi berbasis data memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi strategi pemasaran. Sebagai contoh, menggunakan data analitik dari Ripple10 bisa menunjukkan topik-topik yang dibicarakan oleh audiences, sehingga konten yang dikembangkan dapat disesuaikan dengan tren terkini. Dengan data yang akurat dan relevan, perusahaan dapat mencapai tingkat personalisasi yang lebih tinggi, membuat keputusan yang lebih tepat, serta mengoptimalkan penggunaan anggaran.

Tentang Ivosights

Ivosights adalah perusahaan berbasis teknologi informasi yang hadir memberikan layanan end to end solutions dalam pengelolaan dan peningkatan kepuasan pelanggan, serta memenangkan persaingan melalui teknologi digital. Ivosights merupakan satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform yang dimiliki & layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan di berbagai titik sentuh pelanggan. Saat ini Ivosights memiliki beberapa layanan teknologi: Ripple10 (Digital Listening Tool), Ivosights Command Center, Contact Center Technology Enabler: Sociomile, Premium Number, SIP Trunk, Sociobot, Robocall, Ivosights Comprehensive Analytics, WhatsApp Business API Provider yang dapat digunakan terpisah maupun komprehensif. Layanan teknologi Ivosights dapat diperoleh dengan menghubungi team Ivosights melalui email: hello@ivosights.com atau melalui call center (021) 229 022 18 atau datang langsung ke kantor Ivosights di Jl. Tebet Barat I No. 2, Tebet – Jakarta Selatan, 12810.