Pentingnya Integrasi WhatsApp Centang Hijau dengan CRM

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Kamis, 16 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Centang Hijau. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Centang Hijau. Shutterstock.

"Temukan pentingnya integrasi WhatsApp Centang Hijau dengan CRM: efisiensi, keterlibatan pelanggan, dan strategi pelayanan yang diperkuat."

WhatsApp centang hijau sudah menjadi tren masa kini untuk bisnis yang ingin cepat mendapatkan kepercayaan pelanggan. Dengan centang disebelah kanan nama akun akan menambah nilai dan value dari brand. Bisnis juga dapat memberikan promosi secara reguler dengan nyaman karena pelanggan sudah menyerahkan kepercayaan penuhnya. Namun, banyak bisnis merasa kuwalahan dengan banyaknya pesan masuk untuk diatasi. Oleh karena penggunaan customer relationship management (CRM) menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi pesan dengan volume yang besar. Pengintegrasian WhatsApp Centang Hijau dengan CRM menjadi salah satu solusi yang ideal dalam meningkatkan pelayanan pelanggan bisnis Anda menjadi satu tingkat lebih efektif.

Apa itu WhatsApp Centang Hijau?

Lambang centang hijau pada akun WhatsApp bisnis menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan nomor resmi yang telah diverifikasi oleh WhatsApp. Untuk mendapatkan centang hijau ini, Anda perlu meminta verifikasi melalui WhatsApp Business API. Ketika Anda melihat centang hijau di sebelah nama akun, itu menandakan bahwa akun tersebut adalah nomor bisnis resmi. Ini berbeda dari akun biasa dan menunjukkan bahwa perusahaan telah bekerja sama dengan WhatsApp. Centang hijau ini hanya muncul di profil perusahaan dan dalam tampilan chat.

Manfaat Integrasi WhatsApp Centang Hijau dengan CRM

Integrasi WhatsApp Centang Hijau dengan CRM menghadirkan sejumlah manfaat yang signifikan:

  • Pemantauan Interaksi Pelanggan

Dengan integrasi WhatsApp Centang Hijau, semua percakapan dan interaksi dengan pelanggan dapat tercatat secara otomatis di dalam sistem CRM. Ini memungkinkan agen untuk melacak histori percakapan, memahami kebutuhan pelanggan, dan memberikan layanan yang lebih personal.

  • Pemrosesan Otomatis

Integrasi memungkinkan untuk memperkenalkan proses otomatis dalam penanganan pesan WhatsApp Centang Hijau, seperti memicu respons otomatis untuk pertanyaan umum atau mengarahkan pesan ke departemen yang tepat berdasarkan konten.

  • Personalisasi Pesan

Dengan data dari CRM, agen dapat mengakses informasi pelanggan secara real-time, seperti preferensi produk atau riwayat pembelian. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyampaikan pesan yang lebih personal dan relevan, meningkatkan keterlibatan pelanggan.

  • Analisis Data yang Mendalam

Integrasi ini memungkinkan untuk menganalisis data percakapan WhatsApp Centang Hijau secara lebih mendalam. Dengan memanfaatkan data ini, perusahaan dapat memahami tren, kebutuhan pelanggan, dan kesempatan untuk perbaikan lebih lanjut.

  • Meningkatkan Efisiensi

Dengan semua data terpusat di dalam CRM, proses kerja menjadi lebih terstruktur dan efisien. Ini memungkinkan agen untuk menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mencari informasi dan fokus pada memberikan solusi yang lebih cepat kepada pelanggan.

  • Memperkuat Hubungan Pelanggan

Dengan memberikan layanan yang lebih responsif, personal, dan efisien, integrasi ini membantu memperkuat hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan membantu membangun citra merek yang positif lewat WhatsApp Centang Hijau.

Baca Juga: Peran WhatsApp Centang Hijau dalam Pembangunan Brand Identity

Cara Mengintegrasikan WhatsApp Centang Hijau dengan CRM

Berikut adalah cara yang dapat Anda tempuh untuk pengintegrasian WhatsApp Centang Hijau dengan CRM lebih cepat: 

  • Pilih Platform CRM yang Mendukung Integrasi WhatsApp

Langkah pertama adalah memilih platform CRM yang mendukung integrasi dengan WhatsApp Centang Hijau. Pastikan platform tersebut memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

  • Lakukan Konfigurasi dan Pengaturan Awal

Setelah memilih platform CRM, langkah berikutnya adalah melakukan konfigurasi dan pengaturan awal untuk integrasi dengan WhatsApp Centang Hijau. Ikuti petunjuk yang disediakan oleh platform CRM tersebut untuk menghubungkan akun WhatsApp bisnis Anda. Tergantung pada platform CRM, integrasi dapat berjalan dengan mudah. 

  • Tes dan Uji Coba Integrasi

Setelah integrasi selesai di konfigurasi, lakukan tes dan uji coba untuk memastikan bahwa semua fitur berfungsi dengan baik. Pastikan pesan dari WhatsApp Centang Hijau terintegrasi dengan benar ke dalam sistem CRM dan dapat diakses dengan mudah oleh tim Anda.

  • Lakukan Pelatihan dan Penyesuaian

Terakhir, lakukan pelatihan kepada tim customer service Anda tentang penggunaan integrasi WhatsApp Centang Hijau dengan CRM. Sesuaikan juga pengaturan dan konfigurasi sesuai dengan feedback dan kebutuhan yang muncul selama penggunaan.

Baca Juga: WhatsApp Centang Hijau Maksimalkan Profit Perusahaan

Ingin Menggunakan WhatsApp Business API Untuk Bisnis Anda? 

Jika Anda ingin menggunakan WhatsApp Business API untuk bisnis, Anda berada di tempat yang tepat. Layanan WhatsApp Business API dari Ivosights siap memudahkan sebuah perusahaan Anda berinteraksi dengan pelanggan secara efektif dan efisien melalui kanal pesan instan WhatsApp. Dengan WhatsApp Business API dari Ivosights yang telah mendapatkan lisensi langsung dari META, bisnis Anda dapat mengirimkan pesan secara massal ke seluruh database pelanggan yang dimiliki (Business Initiated Message), serta dapat memanfaatkan layanan ini sebagai nomor pusat layanan customer service (User Initiated Message) yang terhubung dengan sistem CRM Sociomile dari Ivosights.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami