WhatsApp Centang Hijau Maksimalkan Profit Perusahaan

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 13 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.

"Cari tahu mengapa orang-orang sangat percaya dan suka berbisnis dengan toko yang sudah WhatsApp centang hijau"

Saat ini lebih dari setengah populasi dunia menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi dan sosial media yang simpel, efisien, dan mudah. Dengan fitur bisnis terbarunya memungkinkan pengusaha memanajemen waktunya secara efisien – membagi waktu profesional dan personal –  dan memberikan kenyamanan bagi pemilik usaha untuk mempromosikan usahanya secara online tanpa memiliki lapak secara fisik. Centang hijau pada Whatsapp memberikan efek trust yang kuat karena tidak semua akun perusahaan memilikinya. Jika pelanggan memiliki trust, kecenderungan pelanggan dalam melakukan transaksi meningkat signifikan, maka profit akan melambung juga. 

Apa itu WhatsApp Centang Hijau?

Lambang centang hijau pada akun WhatsApp bisnis menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan nomor resmi yang telah diverifikasi oleh WhatsApp. Untuk mendapatkan WhatsApp centang hijau ini, Anda tidak perlu meminta verifikasi melalui WhatsApp Business API. Ketika Anda melihat centang hijau di sebelah nama akun, itu menandakan bahwa akun tersebut adalah nomor bisnis resmi. Ini berbeda dari akun biasa dan menunjukkan bahwa perusahaan telah bekerja sama dengan WhatsApp. Centang hijau ini hanya muncul di profil perusahaan dan dalam tampilan chat.

Baca Juga: Solusi Jika WhatsApp Gagal Centang Hijau

Cara Mendapatkan WhatsApp Centang Hijau

  1. Unduh dan Instal WhatsApp Business

Dalam mendapatkan WhatsApp centang hijau. Anda harus unduh aplikasi WhatsApp Business dari Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). Lalu, Instal aplikasi WhatsApp Business seperti biasa.

      2. Verifikasi Nomor Telepon Bisnis Anda

Buka aplikasi WhatsApp Business setelah instalasi selesai. Selanjutnya proses verifikasi, ikuti langkah-langkah untuk memverifikasi nomor telepon bisnis Anda. WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS atau panggilan telepon. Lalu input kode dengan masukkan kode verifikasi yang Anda terima untuk memverifikasi nomor telepon bisnis Anda. WhatsApp Centang Hijau memerlukan verifikasi nomor telepon untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik atau wakil dari bisnis yang bersangkutan.

      3. Buat Profil Bisnis

Pada aplikasi WhatsApp Business, buka menu pengaturan dengan mengetuk ikon titik tiga di pojok kanan atas layar. Lalu pilih pengaturan bisnis dan pilih opsi "Pengaturan Bisnis" dari menu pengaturan. Anda dapat atur profil dengan isi informasi bisnis Anda, termasuk nama bisnis, foto profil, deskripsi bisnis, alamat, dan lainnya. Mengisi profil bisnis dengan informasi yang akurat disertai akan membantu pelanggan mengenali dan mempercayai bisnis Anda.

       4. Verifikasi Profil Bisnis

Untuk memperoleh WhatsApp centang hijau. WhatsApp akan meminta Anda untuk memverifikasi profil bisnis Anda. Ini mungkin melibatkan verifikasi melalui panggilan telepon atau email. Proses verifikasi dilakukan untuk memastikan keaslian bisnis Anda dan melindungi pengguna WhatsApp centang hijau dari penipuan atau spam.

       5. Tunggu Verifikasi WhatsApp

Setelah Anda mengirimkan permintaan verifikasi profil bisnis Anda, Anda perlu menunggu verifikasi dari WhatsApp. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa hari.

       6. Dapatkan WhatsApp Centang Hijau

Setelah profil bisnis Anda diverifikasi oleh WhatsApp, WhatsApp centang hijau akan muncul di sebelah profil bisnis Anda. Ini menunjukkan bahwa nomor telepon bisnis Anda telah diverifikasi sebagai bisnis resmi oleh WhatsApp.

Baca Juga: Jenis Pelatihan WhatsApp Business API yang Diberikan ke Staf Rumah Sakit

Manfaat Verifikasi Ke WhatsApp Business API 

Jika Anda memiliki bisnis dengan skala yang cukup besar maka WhatsApp centang hijau Anda disarankan untuk upgrading ke API. Karena dengan memanfaatkan WhatsApp Business API, Anda dapat meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan memperkuat kehadiran bisnis Anda di platform WhatsApp.

  1. Pesan Otomatis yang Lebih Lanjut

Dengan WhatsApp Business API dan WhatsApp centang hijau, Anda dapat membuat pesan otomatis yang lebih kompleks dan personalisasi, memungkinkan Anda untuk merespons pertanyaan pelanggan dan mengirim pemberitahuan secara otomatis.

      2. Integrasi dengan Sistem Bisnis yang Ada

WhatsApp Business API memungkinkan integrasi yang lebih kuat dengan sistem bisnis yang ada, seperti CRM (Customer Relationship Management) atau platform e-commerce. Ditambah WhatsApp centang hijau yang meningkatkan reputasi, penggabungan ini memungkinkan pengelolaan pesan yang lebih efisien dan lebih terorganisir.

      3. Analisis yang Lebih Mendalam

API menyediakan akses ke data analisis yang lebih mendalam, memungkinkan Anda untuk memantau kinerja kampanye dan memahami perilaku pelanggan dengan lebih baik. Anda dapat menganalisis metrik seperti tingkat keterbacaan pesan, waktu tanggapan, dan tingkat konversi.

      4. Pengelolaan Pesan yang Terpusat

Dengan WhatsApp Business API dan WhatsApp centang hijau, Anda dapat mengelola pesan dari berbagai platform secara terpusat, termasuk desktop dan aplikasi khusus, memungkinkan tim Anda untuk merespons pesan dengan lebih efisien.

      5. Skalabilitas dan Fleksibilitas

API dan WhatsApp centang hijau memungkinkan bisnis untuk membangun solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka, dengan kemampuan untuk mengintegrasikan fitur-fitur khusus dan menyesuaikan solusi berdasarkan kebutuhan bisnis Anda saat ini dan di masa depan.

      6. Dukungan Prioritas dan Akses ke Fitur Beta

Pengguna WhatsApp Business API dan WhatsApp centang hijau sering kali mendapatkan dukungan prioritas dari tim teknis WhatsApp, serta akses ke fitur beta dan pembaruan terbaru lebih awal dibandingkan dengan pengguna WhatsApp Business biasa.

Ingin Menggunakan WhatsApp Business API Untuk Bisnis Anda? 

Jika Anda ingin menggunakan WhatsApp Business API dan WhatsApp Centang Hijau untuk bisnis, Anda berada di tempat yang tepat. Layanan WhatsApp Business API dari Ivosights siap memudahkan sebuah perusahaan Anda berinteraksi dengan pelanggan secara efektif dan efisien melalui kanal pesan instan WhatsApp. Ivosights akan mendaftar nomor perusahaan Anda menjadi nomor resmi dan mendapatkan WhatsApp Centang Hijau.

Dengan WhatsApp Business API dari Ivosights yang telah mendapatkan lisensi langsung dari META, bisnis Anda dapat mengirimkan pesan secara massal ke seluruh database pelanggan yang dimiliki (Business Initiated Message), serta dapat memanfaatkan layanan ini sebagai nomor pusat layanan customer service (User Initiated Message) yang terhubung dengan sistem CRM Sociomile dari Ivosights.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami