Beberapa Cara Optimalkan SEM Google Ads dengan Digital Listening

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 09 Oktober 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Listening. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Listening. Shutterstock

"Dengan mengoptimalkan SEM Google Ads dengan digital listening, kampanye bisnis Anda dapat dioptimalkan dengan memerhatikan preferensi para pelanggan"

Maraknya pemasaran secara digital atau digital marketing banyak digunakan untuk memperkenalkan brand, produk, maupun jasa bisnis itu sendiri. Sebagai salah satu alat pemasaran, penggunaan search engine marketing (SEM) dinilai cukup efektif dan salah satunya berupa Google Ads. Supaya kinerja SEM Google Ads optimal, penting untuk menggunakan digital listening. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait peran digital listening dalam SEM Google Ads, simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Pengenalan dari SEM Google Ads

SEM Google Ads adalah sebuah bentuk pemasaran secara digital yang memungkinkan bisnis untuk menampilkan iklan yang dibuatnya di halaman hasil pencarian Google. Umumnya, iklan ini akan muncul di atas atau di bawah hasil pencarian organik dan muncul berdasarkan keyword tertentu yang relevan dengan bisnis tersebut. Bisnis akan dikenakan biaya sesuai dengan jumlah klik pengguna menuju iklan yang dipublikasikan tersebut. Hal ini dikenal juga dengan istilah Pay-Per-Click (PPC) advertising.

Kenali Apa Itu Digital Listening?

Di sisi lainnya, digital listening adalah sebuah proses memantau, menganalisis, dan merespons percakapan dan interaksi digital yang terkait dengan bisnis atau brand tertentu. Dengan digital listening, bisnis dapat memahami apa saja yang orang katakan tentang bisnis Anda di media sosial, ulasan online, blog, dan berbagai platform online lainnya. Tujuan melakukan digital listening adalah untuk mendapatkan wawasan berharga tentang persepsi dan sentimen pelanggan terhadap bisnis Anda.

Baca juga: Menggunakan Digital Listening Tools dalam Membuat Strategi Marketing

Cara Optimalkan SEM Google Ads dengan Digital Listening

Berikut adalah cara untuk mengoptimalkan SEM Google Ads dengan digital listening:

  • Monitor Kata Kunci Berdasarkan Percakapan Pelanggan

Gunakan digital listening tools untuk melacak kata kunci yang sering digunakan dalam percakapan digital yang relevan dengan bisnis Anda. Hal ini akan membantu Anda memahami bahasa yang digunakan oleh pelanggan potensial dan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan kata kunci dalam kampanye Google Ads Anda.

  • Analisis Sentimen

Tinjau sentimen yang terkait dengan brand bisnis atau produk bisnis Anda dalam percakapan digital. Jika ditemukan sebuah sentimen negatif, Anda dapat meresponsnya secara proaktif melalui kampanye Google Ads yang relevan, seperti iklan pemulihan brand.

  • Lacak Kinerja Pesaing

Gunakan digital listening tools untuk memantau aktivitas bisnis pesaing Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan wawasan tentang mana saja kampanye bisnis mereka yang berhasil atau gagal. Dengan begitu, Anda dapat menerapkan strategi kampanye mereka untuk mengoptimalkan kampanye bisnis Anda sendiri.

  • Pantau Trend Industri

Adanya digital listening tools dapat membantu memberitahu bisnis apabila ditemukan adanya tren terbaru. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk menciptakan kampanye Google Ads yang responsif terhadap perubahan tren pelanggan.

  • Temukan Peluang Pemasaran Real-Time

Dengan mengikuti berita dan acara terbaru melalui digital listening, Anda dapat menemukan peluang pemasaran secara real-time. Misalnya, jika ada peristiwa besar yang relevan dengan bisnis Anda, Anda dapat menciptakan kampanye Google Ads yang responsif secara cepat.

  • Optimalkan Kata Kunci Negatif

Melalui digital listening tools, Anda dapat mengidentifikasi kata kunci yang tidak relevan bahkan bersifat negatif yang terkait dengan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk mengoptimalkan daftar kata kunci negatif dalam kampanye Google Ads Anda sehingga hanya menargetkan audiens yang relevan.

  • Menggunakan Ulasan Pelanggan

Ulasan dan umpan balik pelanggan adalah sumber informasi berharga. Gunakan digital listening untuk menemukan ulasan yang relevan dan sertakanlah kutipan-kutipan positif ini dalam iklan Google Ads bisnis Anda.

  • Optimalkan Landing Page

Digital listening dapat membantu Anda memahami apa yang dicari pelanggan ketika mereka mencapai halaman tujuan Anda. Anda dapat mengoptimalkan halaman tujuan Anda dengan memenuhi kebutuhan mereka sehingga konversi dalam bisnis akan meningkat.

  • Personalisasi Pesan

Melakukan analisis terhadap data yang Anda kumpulkan melalui digital listening membuat bisnis dapat mempersonalisasi pesan dalam kampanye Google Ads. Pembuatan pesan yang relevan dan personal dalam bisnis dapat mengakibatkan meningkatnya tingkat konversi.

  • Pantau Hasil dan Respons

Terakhir, lakukan pemantauan hasil kampanye Google Ads bisnis Anda dan tinjau apa saja respons yang diutarakan oleh pelanggan. Dengan digital listening tools, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi apabila adanya perubahan perilaku pelanggan dan menyesuaikan kampanye bisnis Anda sesuai kebutuhan.

Manfaat Optimalkan SEM Google Ads dengan Digital Listening

Mengoptimalkan kampanye SEM Google Ads dengan menggunakan digital listening dapat memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi bisnis Anda. Inilah enam manfaat utama dari penerapan digital listening dalam strategi iklan Google Ads:

  • Reputasi Brand yang Ditingkatkan

Pertama, adanya digital listening membuat Anda dapat memantau ulasan dan komentar pelanggan tentang bisnis Anda. Memberikan tanggapan secara cepat dan tepat terhadap kedua hal tersebut dapat membantu meningkatkan reputasi bisnis Anda.

  • Optimasi Anggaran

Memantau percakapan digital terhadap kampanye Google Ads membuat Anda dapat mengidentifikasikan kata kunci yang paling relevan dan efektif. Dengan ini, dipastikan bahwa anggaran iklan bisnis gunakan sudah efisien.

  • Personalisasi Pesan

Lalu, digital listening membantu Anda mengumpulkan data tentang preferensi, minat, dan kebutuhan pelanggan Anda. Informasi ini memungkinkan Anda untuk membuat pesan iklan dalam Google Ads yang lebih personal dan relevan.

  • Pemahaman yang Lebih Baik tentang Audiens

Adanya digital listening tools memungkinkan bisnis untuk memahami para audiensnya dengan lebih baik. Dengan ini, Anda dapat melihat langsung apa saja topik terkait bisnis yang dibicarakan, sentimen mereka terhadap produk atau layanan Anda, dan masalah apa saja yang sedang mereka hadapi. Memiliki informasi ini secara mendalam membuat Anda dapat membuat iklan yang lebih relevan dan efektif.

  • Penyesuaian Real-Time

Dengan digital listening, bisnis dapat merespons perubahan dalam perilaku pelanggan secara real-time. Jika ditemukan adanya tren baru atau perubahan dalam preferensi pelanggan, Anda dapat segera menyesuaikan kampanye bisnis Anda untuk mengikuti perubahan ini. Dengan begitu, bisnis Anda akan tetap kompetitif dan relevan dengan tren yang ada dalam pasar.

  • Pengukuran Kinerja yang Lebih Baik

Terakhir, digital listening memungkinkan Anda untuk melacak kinerja iklan Anda melalui Google Ads dengan lebih baik. Dengan ini, Anda dapat melihat seberapa banyak audiens yang membahas kampanye Anda melalui percakapan digital dan bagaimana percakapan tersebut berkontribusi terhadap tujuan bisnis Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengukur ROI dengan lebih akurat.

Baca juga: 7 Alasan Pentingnya Lakukan Demo Sistem Digital Listening Tools

Gunakan Digital Listening Tools Ripple10 Sebagai Satu Pilihan Andalan Anda!

Dalam dunia pemasaran digital yang sangat kompetitif, mengoptimalkan SEM Google Ads dengan digital listening adalah sebuah langkah yang cerdas dilakukan bagi bisnis. Dengan memahami peran digital listening, menganalisis data dengan cermat, dan mengoptimalkan pesan iklan Anda, Anda dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam kampanye SEM Google Ads bisnis Anda.

Sebagai salah satu pilihan, Anda dapat memercayakan digital listening tools milik Ivosights yang bernama Ripple10. Tools satu ini mampu membantu Anda untuk memantau percakapan pelanggan dalam platform digital berdasarkan keyword tertentu yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, Ripple10 mampu menjaga reputasi brand Anda dari opini pelanggan yang bersifat negatif hingga memantau perusahaan kompetitor juga. 

Untuk mengetahui sejumlah fitur bermanfaat yang diberikan oleh digital listening tools ini, segera hubungi tim kami untuk melakukan demo sistem secara langsung. Dengan begitu, Anda jadi tidak perlu ragu-ragu lagi dengan canggihnya teknologi yang satu ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami