Yuk, Lakukan Telesurvey yang Mudah dengan WhatsApp Business

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 12 Mei 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"WhatsApp business memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mempermudah kegiatan telesurvey"

WhatsApp Business adalah salah satu platform komunikasi digital yang semakin populer di kalangan perusahaan. Selain dapat digunakan untuk mengirim pesan instan, platform ini juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan telesurvey. Telesurvey adalah salah satu metode yang efektif untuk mengumpulkan data dari responden. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melakukan telesurvey dengan mudah menggunakan WhatsApp Business, sehingga perusahaan dapat memperoleh data yang dibutuhkan dengan lebih efisien dan efektif.

Apa Itu Telesurvey

Telesurvey adalah sebuah metode pengumpulan data atau informasi dengan cara melakukan survei melalui telepon. Metode ini dapat dilakukan dengan cara menelepon responden secara langsung dan mengajukan serangkaian pertanyaan terkait topik yang diteliti. Telesurvey sering digunakan oleh perusahaan atau lembaga penelitian untuk mengumpulkan data dari responden dengan cara yang cepat dan efisien. Teknologi telepon modern yang semakin canggih juga memungkinkan telesurvey dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan aplikasi messaging atau voice call melalui jaringan internet.

Baca Juga: Pentingnya WhatsApp Business Verified untuk Institusi Pendidikan

Manfaat Telesurvey untuk Perusahaan

  • Mendapatkan Data yang Akurat dan Valid

Dalam melakukan telesurvey, perusahaan dapat memastikan bahwa data yang diperoleh adalah akurat dan valid karena responden memberikan jawaban secara langsung dan jelas.

  • Menghemat Waktu dan Biaya

Dibandingkan dengan metode survei lain seperti face-to-face interview atau kuesioner yang harus dicetak dan didistribusikan, telesurvey dapat menghemat waktu dan biaya karena hanya memerlukan akses telepon atau aplikasi messaging yang sudah tersedia.

  • Dapat Menjangkau Responden yang Lebih Luas

Telesurvey dapat dilakukan ke berbagai daerah atau wilayah dengan mengakses nomor telepon atau aplikasi messaging responden dari jarak jauh.

  • Dapat Menyesuaikan Waktu dan Tempat yang Tepat

Dalam melakukan telesurvey, perusahaan dapat menyesuaikan waktu dan tempat yang tepat dengan responden sehingga tidak mengganggu aktivitas mereka.

  • Dapat Digunakan untuk Berbagai Keperluan

Telesurvey dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti penelitian pasar, evaluasi pelanggan, pengukuran kepuasan, dan lain sebagainya.

Cara Melakukan Telesurvey di WhatsApp Business

Berikut ini adalah cara melakukan telesurvey di WhatsApp Business:

  • Siapkan daftar nomor telepon responden yang akan dihubungi.
  • Unduh dan instal aplikasi WhatsApp Business.
  • Buat pesan singkat yang akan dikirimkan kepada responden, seperti salam pembuka, penjelasan tentang tujuan telesurvey, dan instruksi mengenai cara menjawab pertanyaan.
  • Buatlah daftar pertanyaan yang ingin ditanyakan, sesuaikan dengan tujuan dan jenis survei yang ingin dilakukan.
  • Buatlah catatan atau rekam percakapan selama melakukan telesurvey untuk menghindari kesalahan dalam mencatat jawaban responden.
  • Pastikan untuk menyimpan data responden dengan baik dan menjaga privasi mereka.
  • Setelah selesai melakukan telesurvey, buatlah laporan hasil survei dan analisis data yang diperoleh.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh dengan WhatsApp Business Solution Provider

Melakukan telesurvey melalui WhatsApp Business dapat membantu perusahaan menghemat biaya dan waktu yang diperlukan dalam melakukan survei. Selain itu, penggunaan WhatsApp Business juga memudahkan dalam melakukan follow-up dengan responden dan memperoleh feedback dari mereka. Namun, perlu diingat untuk selalu menjaga etika dalam melakukan telesurvey dan tidak mengganggu privasi responden.

Yuk, Mulai Beralih ke WhatsApp Business API!

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani. 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami