Pengaruh Health Digital Index untuk Bisnis melalui Media Monitoring

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 25 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital health index. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital health index. Shutterstock.

"Health digital index pada proses media monitoring berperan penting dalam mengelola citra perusahaan di mata publik. Simak ulasannya di sini!"

Dalam era perkembangan teknologi dan ekonomi yang dinamis ini, penting bagi perusahaan untuk memperhatikan persepsi masyarakat terhadap mereka dalam ranah digital. Salah satu strategi yang dapat diimplementasikan adalah dengan mengamati health digital index pada media monitoring

Apa itu Media Monitoring? 

Media monitoring merupakan strategi dan proses yang biasa dilakukan perusahaan atau pebisnis untuk mengawasi percakapan digital yang diambil dari berbagai jenis platform, seperti media sosial, blog, dan forum online. Tujuan dilakukan media monitoring ini adalah supaya perusahaan tetap mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang perkembangan terbaru, juga memahami topik-topik yang sedang dibicarakan oleh masyarakat, baik terkait dengan industri di mana perusahaan beroperasi maupun informasi spesifik tentang perusahaan, layanan, atau produknya. Terdapat berbagai jenis perangkat yang dapat digunakan perusahaan untuk melakukan media monitoring, contohnya adalah perangkat Ripple10 yang dikembangkan oleh Ivosights.

Mengenal Health Digital Index pada Media Monitoring 

Health digital index merupakan fitur di Ripple10 yang mengacu pada penghitungan skor yang menunjukan seberapa sehat suatu brand di dunia digital. Sehat atau tidaknya suatu brand dilihat dari aspek sentimen masyarakat yang juga dapat terdeteksi melalui platform Ripple10 ini. Semakin tinggi sentimen positif suatu perusahaan, semakin sehat pula suatu brand. Sebaliknya, apabila sentimen negatif lebih dominan dibicarakan, itu pertanda bahwa sebuah brand perlu mencari cara untuk meningkatkan citra positif. 

Dalam meningkatkan citra positif tersebut, perusahaan biasanya melakukan manajemen krisis, bekerja sama dengan pihak KOL atau kelompok eksternal lainnya, atau menyusun strategi pemasaran terbaru. Aspek-aspek tersebut dapat terdeteksi melalui fitur-fitur lain di Ripple10.

Baca Juga: Mengenal Ripple10, Social Media Listening Tools dengan Fitur Variatif! 

Peran Health Digital Index dan Media Monitoring dalam Berbisnis

Strategi media monitoring, khususnya penggunaan fitur health digital index memberikan pengaruh yang cukup besar dalam operasional bisnis. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Menjaga Reputasi Brand

Opini negatif yang mendominasi analisis sentimen dapat membahayakan bisnis dalam jangka panjang. Dengan menggunakan fitur health digital index pada media monitoring, perusahaan dapat memantau dan menilai reputasi brand di berbagai kanal digital. Persepsi publik yang terus terpantau dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi aspek dari bisnis yang perlu ditingkatkan supaya perusahaan dapat memiliki citra yang positif.

  • Mengetahui Tren Terkini

Dalam lingkungan perekonomian dan digital yang terus berkembang, perusahaan perlu selalu up-to-date dengan tren dan isu-isu terbaru di dunia digital. Dengan memahami hal ini, perusahaan dapat mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Health digital index dan media monitoring membantu perusahaan untuk mengidentifikasi peluang-peluang yang muncul dan menyesuaikan strategi mereka sesuai kebutuhan.

  • Mengatasi Manajemen Krisis

Tidak jarang perusahaan menghadapi apa yang sering disebut sebagai krisis digital, yaitu situasi di mana mereka mengalami tantangan dan konflik yang merugikan reputasi mereka secara online. Krisis semacam ini bisa bermacam-macam bentuknya, mulai dari penyebaran isu negatif, respons yang kurang memuaskan terhadap keluhan pelanggan, serangan daring, konten kontroversial, hingga kesulitan dalam mengelola situasi krisis secara keseluruhan. 

Dengan menggunakan health digital index sebagai salah satu ukuran dalam media monitoring, perusahaan dapat mengidentifikasi dan mengurangi risiko yang terkait dengan sentimen negatif tersebut. Dengan demikian, perusahaan bisa mengambil langkah-langkah proaktif untuk mengatasi krisis sebelum situasinya memburuk.

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Reputasi Brand Menggunakan Social Media Listening Tools 

  • Menyusun dan Memantau Efektifitas Strategi Pemasaran dan Komunikasi

Strategi pemasaran yang sukses adalah strategi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan banyak orang. Pada umumnya, perusahaan besar menggunakan kolaborasi dengan pihak eksternal sebagai salah satu strategi pemasaran. Melalui media monitoring, perusahaan dapat memantau apakah kolaborasi atau strategi tersebut berhasil tercapai sesuai target. Selain itu, perusahaan dapat menggali preferensi masyarakat dan tanggapan mereka terhadap strategi pemasaran yang telah disusun. Respon positif maupun negatif yang terhimpun pada sentimen analisis nantinya dapat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan strategi mereka dan mengoptimalkan hasil strategi yang akan datang supaya dapat lebih menjangkau masyarakat.

  • Mendorong Pertumbuhan Bisnis

Apabila diakumulasikan dari keseluruhan poin, health digital index berperan sangat signifikan dalam memacu pertumbuhan bisnis. Pertumbuhan ini dapat dicapai dengan memfasilitasi pengambilan keputusan yang berdasar pada data dan perencanaan strategis yang relevan. Dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari strategi media monitoring, perusahaan bisa mengenali peluang-peluang untuk berinovasi, mengantisipasi ekonomi yang dinamis, dan menempatkan perusahaan secara kompetitif di era digital saat ini.

Ingin Mengetahui Health Digital Index pada Media Monitoring Tools? Segera Hubungi Ivosights!

Dapatkan manfaat dan keunggulan Ripple10 dari Ivosights! Ripple10 merupakan social media listening tools yang sangat cocok untuk dipakai pelaku bisnis yang ingin menjaga reputasi brand-nya melalui proses media monitoring. Perangkat ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang saling mendukung, sehingga sangat efektif untuk digunakan dalam memperoleh pemahaman tentang pelanggan, menganalisis pesaing dan tren pasar, serta memantau bagaimana masyarakat merespons produk atau layanan yang ditawarkan. Ripple10 juga menawarkan fasilitas integrasi dengan software CRM (Customer Relationship Management), Sociomile. Dengan kedua perangkat ini, perusahaan dapat memaksimalkan penjagaan reputasi brand dengan baik. Tertarik? Segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami