Tips dan Trik Menghadapi Komplen Nasabah di WhatsApp Business

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Kamis, 04 Mei 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock.

"Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat nasabah komplain di WhatsApp Business. Yuk, simak apa saja"

WhatsApp Business merupakan salah satu aplikasi yang sangat memudahkan bisnis. Aplikasi yang satu ini juga membuat komunikasi antara pelanggan dan pemilik bisnis bisa jauh lebih mudah terjalin. Lebih lanjut, WhatsApp Business juga bisa dimanfaatkan oleh bank dalam menangani komplain nasabah. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Beberapa Hal yang Memicu Komplain dari Nasabah

  • Pelayanan yang Kurang Baik 

Nasabah akan merasa tidak puas jika layanan yang diberikan oleh bank atau perusahaan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Contohnya, jika nasabah harus menunggu terlalu lama untuk dilayani, atau jika staf tidak ramah dan tidak membantu.

  • Biaya yang Tidak Transparan

Nasabah akan merasa marah jika biaya yang dikenakan oleh bank atau perusahaan tidak jelas atau tidak dijelaskan secara rinci pada saat transaksi dilakukan.

  • Kesalahan dalam Transaksi

Nasabah akan komplain jika terjadi kesalahan dalam transaksi, seperti transfer yang salah, atau jika uang hilang dari rekening tanpa alasan yang jelas.

Baca Juga: Jenis-jenis Akun Whatsapp Business API

  • Produk atau Layanan yang Tidak Memenuhi Harapan

Jika produk atau layanan yang diberikan tidak sesuai dengan yang diharapkan, nasabah akan merasa kecewa dan cenderung untuk mengajukan komplain.

  • Kebijakan yang Tidak Adil

Nasabah dapat merasa tidak puas jika perusahaan atau bank menerapkan kebijakan yang tidak adil, seperti menaikkan suku bunga secara tiba-tiba atau mengubah syarat dan ketentuan yang sudah disepakati tanpa pemberitahuan sebelumnya.

  • Tidak Terpenuhinya Janji

Nasabah akan merasa kecewa jika janji yang diberikan oleh bank atau perusahaan tidak terpenuhi, seperti tidak disetujui pinjaman meski sudah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

WhatsApp Business sebagai Wadah untuk Menampung Komplain Nasabah

WhatsApp Business bisa menjadi wadah yang efektif untuk menampung komplain dari nasabah. Beberapa keuntungan dari menggunakan WhatsApp Business sebagai wadah untuk menampung komplain adalah:

  • Kemudahan Akses

Sebagian besar nasabah sudah memiliki WhatsApp di ponsel mereka, sehingga mereka dapat dengan mudah menghubungi perusahaan atau bank melalui WhatsApp Business.

  • Respon Cepat

Nasabah dapat langsung mengirimkan pesan melalui WhatsApp Business dan perusahaan atau bank dapat merespons dengan cepat, memastikan bahwa masalah yang dihadapi nasabah segera ditangani.

  • Komunikasi yang Lebih Personal

WhatsApp Business memungkinkan komunikasi yang lebih personal dan interaktif antara nasabah dan perusahaan atau bank. Ini dapat membantu membangun kepercayaan dan meningkatkan loyalitas nasabah.

  • Mudah Diakses Kapan Saja

Dalam banyak kasus, nasabah dapat mengirimkan pesan kapan saja dan menunggu tanggapan di kemudian hari, jika masalah tersebut tidak membutuhkan penanganan yang segera.

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Mendapat Komplain dari Nasabah di WhatsApp Business

Ketika mendapatkan komplain dari nasabah melalui WhatsApp Business, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan atau bank untuk memastikan penanganan yang baik dan memuaskan. Berikut adalah 5 hal yang harus diperhatikan:

  • Tanggapi dengan Cepat dan Sopan

Pastikan untuk merespons pesan komplain dari nasabah dengan cepat dan sopan. Ini dapat membantu menenangkan nasabah dan menunjukkan bahwa perusahaan atau bank memperhatikan masalah yang dihadapi oleh nasabah.

  • Dengarkan dengan Seksama

Dengarkan dengan seksama keluhan nasabah dan berusaha untuk memahami masalah yang dihadapinya. Jangan mengambil kesimpulan atau menuduh nasabah sebelum benar-benar memahami masalahnya dengan baik.

  • Jangan Jadikan Nasabah Sebagai Musuh

Jangan memandang nasabah sebagai musuh, tetapi sebagai mitra bisnis yang perlu dibantu dan dilayani. Berusaha untuk mencari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak.

Baca Juga: Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan WhatsApp Business

  • Berikan Solusi yang Baik

Berikan solusi yang baik dan segera pada nasabah. Berusaha untuk memberikan solusi yang memuaskan bagi nasabah dan menghindari perdebatan yang tidak perlu.

  • Jangan Lupa untuk Follow-Up

Setelah memberikan solusi, pastikan untuk follow-up dengan nasabah untuk memastikan bahwa masalah sudah teratasi dan nasabah puas dengan solusi yang diberikan.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, perusahaan atau bank dapat menangani komplain dari nasabah dengan baik melalui WhatsApp Business dan meningkatkan kualitas pelayanan mereka secara keseluruhan.

Yuk, Mulai Beralih ke WhatsApp Business API!

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami