Tingkatkan Interaksi dengan Mahasiswa Lewat WhatsApp Business!

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 28 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi -  WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"Dengan WhatsApp Business, kampus bisa meningkatkan interaksi dengan para mahasiswa"

Dalam dunia kampus, ada banyak hal yang harus dilakukan untuk mengantarkan informasi yang akurat kepada para mahasiswa. Pada zaman dahulu, kegiatan ini kurang terkoordinir dan hanya mengandalkan telepon konvensional maupun surat edaran. Banyaknya hoax dan berita simpang siur membuat interaksi dan penyebaran informasi kurang akurat sehingga dibutuhkan platform yang lebih baik untuk ini. Dengan menggunakan WhatsApp Business, pihak kampus dapat meningkatkan interaksi dengan para mahasiswa dan menyebarkan informasi yang akurat. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya disini!

Alasan Interaksi Kampus dengan Mahasiswa Harus Ditingkatkan 

  • Memperbaiki Kualitas Pendidikan

Interaksi kampus dengan mahasiswa dapat membantu kampus memahami kebutuhan mahasiswa dan menyesuaikan kurikulum serta metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan tersebut. Dengan demikian, kualitas pendidikan dapat ditingkatkan dan mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman belajar yang lebih baik.

Baca Juga: Jenis-jenis Akun Whatsapp Business API

  • Meningkatkan Retensi Mahasiswa

Mahasiswa yang merasa diperhatikan dan dihargai oleh kampus cenderung lebih loyal dan berkomitmen untuk menyelesaikan studi di kampus tersebut. Interaksi yang positif dan produktif antara kampus dan mahasiswa dapat meningkatkan retensi mahasiswa dan mengurangi angka putus sekolah.

  • Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa

Mahasiswa yang merasa dihargai dan didukung oleh kampus cenderung lebih puas dengan pengalaman belajar mereka. Hal ini dapat membantu kampus untuk mempertahankan citra positif dan meningkatkan daya tariknya di mata calon mahasiswa.

  • Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa

Interaksi yang aktif antara kampus dan mahasiswa dapat memotivasi mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan kampus dan mengambil inisiatif dalam berbagai proyek dan kegiatan. Hal ini dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan akademik maupun non-akademik di kampus.

  • Membangun Hubungan Jangka Panjang

Interaksi yang baik antara kampus dan mahasiswa dapat membuka jalan untuk membangun hubungan jangka panjang antara kampus dan alumni. Alumni yang merasa diperhatikan dan dihargai oleh kampus cenderung lebih loyal dan dapat menjadi penghubung antara kampus dan industri atau masyarakat.

Manfaat WhatsApp Business untuk Mahasiswa

  • Mengorganisir Tugas dan Jadwal

Mahasiswa dapat menggunakan WhatsApp Business untuk mengatur jadwal kuliah, tugas, dan jadwal ujian. Ini dapat membantu mereka tetap terorganisir dan menghindari kelebihan jadwal.

  • Berkomunikasi dengan Teman Sekelas

WhatsApp Business memungkinkan pengguna untuk membuat grup chat dengan teman sekelas mereka. Ini dapat membantu mahasiswa berkomunikasi dengan mudah, berbagi informasi, dan bertukar ide.

  • Memperluas Jaringan

Mahasiswa dapat menggunakan WhatsApp Business untuk menghubungi orang-orang di dalam maupun luar kampus, seperti dosen, pemberi beasiswa, dan perusahaan. Ini dapat membantu mereka memperluas jaringan mereka dan meningkatkan peluang karir di masa depan.

Baca Juga: Begini Cara Membuat WhatsApp Business untuk Bisnis Online-mu

  • Menerima Informasi Terbaru

Mahasiswa dapat berlangganan pesan dari organisasi kampus dan dosen melalui WhatsApp Business. Ini dapat membantu mereka tetap up-to-date dengan informasi terbaru tentang acara, tugas, dan perubahan penting lainnya.

Tingkatkan Interaksi dengan Mahasiswa Menggunakan WhatsApp Business

  • Membuat Grup Chat

Buatlah grup chat dengan mahasiswa dan gunakan grup tersebut untuk mengirimkan informasi penting, seperti jadwal kuliah, tugas, dan ujian. Kampus juga dapat menggunakan grup ini untuk memfasilitasi diskusi dan tukar informasi.

  • Menyediakan Opsi Pesan Otomatis

Kampus dapat menyediakan pesan otomatis yang mengarahkan mahasiswa ke informasi penting, seperti jadwal kuliah, lokasi kampus, dan informasi akademik lainnya. Pesan otomatis juga dapat digunakan untuk memberikan informasi terbaru tentang acara dan aktivitas kampus.

  • Menjawab Pertanyaan Mahasiswa dengan Cepat

Pastikan untuk menanggapi pertanyaan mahasiswa dengan cepat. Jika kampus tidak dapat menjawab pertanyaan dengan segera, beritahu mahasiswa bahwa kampus akan menjawab pertanyaan mereka sesegera mungkin.

  • Menyediakan Layanan Konseling

Kampus dapat menggunakan WhatsApp Business untuk menyediakan layanan konseling bagi mahasiswa yang membutuhkan bantuan dalam menyelesaikan masalah akademik atau personal.

  • Mengirimkan Informasi Berguna 

Kampus dapat mengirimkan informasi berguna seperti tips belajar, informasi tentang beasiswa dan kesempatan magang, serta informasi terbaru tentang riset atau proyek yang sedang kerjakan. Ini dapat membantu memperkuat hubungan kampus dengan mahasiswa dan meningkatkan minat mereka terhadap program kampus.

  • Membuat Survei dan Polling

Kampus dapat menggunakan fitur survei dan polling di WhatsApp Business untuk meminta umpan balik dari mahasiswa. Hal ini dapat membantu kampus dalam memahami kebutuhan dan keinginan mahasiswa, sehingga kampus dapat menyesuaikan program sesuai dengan kebutuhan mereka.

Yuk, Permudah Interaksi dengan Mahasiswa Menggunakan WhatsApp Business API!

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani. 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami