Begini Cara Membuat WhatsApp Business untuk Bisnis Online-mu

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 14 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - WhastApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhastApp Business. Shutterstock.

"WhatsApp Business dibutuhkan banyak pebisnis karena fitur-fiturnya yang bermanfaat dan memberi kemudahan komunikasi dengan pelangga"

Kini sudah banyak bisnis yang berjalan secara online. Kemudahan bertransaksi dan berkomunikasi antarpelanggan dan penjual juga dipermudah dengan jaringan internet dan juga platform yang memungkinkan kamu untuk berjualan dengan fleksibilitas tinggi. Akan tetapi, meskipun hal ini bisa menjadi suatu kelebihan berbisnis, masih banyak juga pebisnis yang kesulitan menanggapi ribuan konsumen yang bertanya dan mengeluh lewat pesan instan. Rasanya kemudahan teknologi masih harus terus ditingkatkan dan tidak pernah terasa cukup!

Pada artikel ini kamu akan mempelajari salah satu cara yang bisa sangat membantu kamu mengembangkan bisnis online-mu. Caranya adalah dengan memanfaatkan WhatsApp Business! WhatsApp Business menjadi salah satu solusi terdepan yang bisa diandalkan banyak pebisnis. Sebagaimana manfaat dan keuntungan yang diperoleh memang banyak, kamu juga bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mudah. Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara membuatnya, kamu harus mengerti kenapa WhatsApp Business memudahkan perjalanan bisnis online-mu!

Fitur Unggul dari WhatsApp Business

WhatsApp Business dibutuhkan banyak pebisnis karena fitur-fiturnya yang bermanfaat dan memberi kemudahan komunikasi dengan pelangga. Beberapa fitur ini juga umumnya tidak ada pada WhatsApp biasa ataupun kanal pesan lainnya. Berikut ini adalah fitur penting dari WhatsApp Business yang perlu kamu ketahui:

  • Pesan otomatis

Salah satu fitur yang diungguli WhatsApp Business adalah fitur yang satu ini. Fitur pesan otomatis memungkinkan kamu untuk membuat pesan yang akan dikirim secara otomatis ke pelanggan yang menghubungi perusahaan atau bisnismu melalui WhatsApp. Ini dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan pelanggan atau untuk memberikan informasi penting lainnya.

  • Label pesan

Selain pesan otomatis, fitur lain yang perlu kamu ketahui adalah label pesan. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengelompokkan pesan dari pelanggan berdasarkan kategori, seperti pertanyaan, permintaan, atau keluhan. Ini membantu kamu untuk lebih leluasa mengelola pesan masuk dari pelanggan dan mengelola prioritas pesan yang harus direspon lebih dulu.

  • Statistik pesan

Bukan cuma dua fitur di atas, dengan WhatsApp Business kamu juga bisa menerima statistik pesan. Fitur ini memberikan informasi tentang jumlah pesan yang dikirim dan diterima oleh perusahaan Anda, serta jumlah pelanggan yang menghubungi perusahaan atau bisnis kamu melalui WhatsApp. Ini dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan atau bisnis kamu dalam berkomunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp.

Cukup simpel tetapi sarat akan manfaat, bukan? Tentunya fitur-fitur ini bukan cuma memberikan kemudahan komunikasi tapi juga memberi efektivitas penjualan untuk ke depannya. Nah, saat ini mungkin kamu sudah tertarik untuk membuat WhatsApp Business untuk bisnis online-mu. Namun demikian, kamu juga harus memperhatikan beberapa tips penunjang kesuksesan bisnis online-mu dengan memperhatikan tips-tips bisnis online di bawah ini!

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat WhatsApp Business

Setelah mengetahui fitur-fitur penting dari WhatsApp Business, kini saatnya mempersiapkan hal-hal di antaranya. Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam membuat dan mengelola akun WhatsApp Business:

  • Gunakan foto profil yang jelas dan mudah dikenali, seperti logo perusahaan kamu. Ini akan membantu pelanggan Anda untuk dengan mudah mengenali perusahaan Anda dari daftar kontak mereka.
  • Siapkan informasi kontak yang lengkap untuk profil perusahaan kamu, seperti alamat, nomor telepon, dan email. Ini akan memudahkan pelanggan untuk menghubungi Anda melalui saluran yang mereka sukai.
  • Siapkan pesan otomatis untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan pelanggan. Ini akan membantu kamu untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan secara cepat dan efisien, sekaligus membuat pelanggan merasa dihargai.
  • Gunakan label untuk mengatur dan mengelola pesan masuk dari pelanggan. Ini akan membantu kamu untuk mengatur pesan masuk dari pelanggan dan mengelola prioritas pesan yang harus direspon lebih dulu.
  • Persiapkan update informasi kontak dan profil perusahaanmu sesuai dengan perubahan yang terjadi. Ini akan memastikan bahwa pelanggan kamu selalu memiliki informasi terbaru tentang perusahaan Anda.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu persiapkan sebelum memiliki WhatsApp Business. Jika sudah siap, maka kamu sudah bisa membuat WhatsApp Business untuk bisnis online-mu!

Cara Membuat WhatsApp Business

Untuk membuat akun WhatsApp Business sebenarnya caranya cukup sederhana. Berikut ini adalah tahapan yang harus kamu perhatikan untuk membuat WhatsApp Business, jangan sampai ada yang terlewat karena setiap tahapannya sangatlah penting!

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah men-download aplikasi WhatsApp Business dari Google Play Store atau App Store bergantung dari perangkat yang kamu gunakan untuk berbisnis. Setelah aplikasi terinstalasi pada perangkatmu, buka aplikasi tersebut dan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan nomor telepon yang akan kamu gunakan untuk akun WhatsApp Business-mu. Pastikan nomor tersebut belum terdaftar di WhatsApp sebelumnya.
  2. Setelah memasukkan nomor telepon, WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor tersebut. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan untuk memverifikasi akun kamu.
  3. Setelah memverifikasi akun, kamu akan diminta untuk memasukkan nama perusahaan kamu dan mengatur informasi kontak yang akan ditampilkan di profil perusahaanmu.
  4. Setelah mengatur informasi kontak, kamu dapat mulai menggunakan fitur-fitur WhatsApp Business seperti pesan otomatis, label pesan, dan lain-lain.

WhatsApp Business Membantu Banyak Bisnis Berkembang

Nah, itu dia tips dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola bisnismu dengan WhatsApp Business. Cara yang cukup sederhana tetapi dapat memberikan manfaat untuk jangka panjang. Kini, WhatsApp Business telah banyak membantu bisnis berkembang. Jika kamu tertarik menggunakannya, Ivosights adalah tempat yang dapat memberimu fasilitas terdepan. Sebagai perusahaan digital yang menjadi penyedia solusi pihak ketiga berpengalaman di Platform WhatsApp Business, kami siap membantu bisnismu lewat WhatsApp! Segera hubungi Ivosights dan dapatkan pengalaman terbaik untuk pelayanan berbasis teknologi!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami