WhatsApp Business Standar dan API: Bagaimana Cara Mendaftarkannya?

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 30 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstrock

"WhatsApp Business standar dan API memiliki perbedaan dalam segi manfaat, tujuan, serta fitur penunjang. Telusuri cara mendaftar akun bisnis melalui artikel ini."

WhatsApp tak hanya menyediakan aplikasi pesan instan untuk berkomunikasi secara personal, tetapi juga WhatsApp khusus yang diperuntukkan untuk bisnis. Aplikasi tersebut dinamakan WhatsApp Business.

Apa itu WhatsApp Business?

WhatsApp Business ialah sebuah aplikasi yang dibuat secara khusus untuk keperluan berbisnis. Aplikasi ini memiliki tujuan, yaitu untuk mengefisiensikan operasional, menjalin komunikasi langsung dengan pelanggan, serta menyederhanakan proses transaksi. Terdapat dua jenis WhatsApp Business, yakni WhatsApp Business standar dan WhatsApp Business APl. 

WhatsApp Business standar diperuntukkan untuk bisnis dengan skala kecil. Bisnis dengan skala kecil seperti ini memerlukan platform untuk berinteraksi secara personal dengan pelanggan, juga melakukan pemasaran produk melalui fitur katalog yang telah disediakan. Sementara itu, API (Application Programming Interface) pada WhatsApp Business API mengacu pada suatu platform untuk dapat terintegrasi dengan platform lainnya untuk memaksimalkan interaksi bersama pelanggan dalam cakupan yang lebih luas. Sehingga, WhatsApp Business API diperuntukkan untuk bisnis yang sudah berskala menengah atau besar dan memiliki legalitas bisnis.

Perbedaan WhatsApp Business Standar dan WhatsApp Business API

Terdapat beberapa perbedaan signifikan antara fitur WhatsApp Business standar dan API, yaitu sebagai berikut:

  • Jumlah Pengakses Aplikasi

Batasan jumlah pengguna atau agen yang dapat menggunakan WhatsApp Business bervariasi tergantung pada jenisnya. WhatsApp Business standar membatasi jumlah agen hingga dua orang, sementara WhatsApp Business API tidak memiliki pembatasan jumlah agen yang dapat mengaksesnya.

  • Akun Centang Hijau

Keunggulan dari WhatsApp Business API lainnya terletak pada keberadaan tanda verifikasi green thick atau centang hijau. Tanda tersebut menegaskan keaslian dan kredibilitas akun.

  • Sistem Broadcast Message

Broadcast message merupakan fitur yang memungkinkan bisnis untuk dapat mengirimkan pesan pada beberapa orang sekaligus tanpa batasan kontak. Fitur ini hanya tersedia pada akun WhatsApp Business API. Sementara WhatsApp Business standar perlu membatasi kontak untuk mengirim broadcast message.

  • Laporan dan Analisa

Fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp Business API dan tidak tersedia dalam versi standarnya adalah kemampuan untuk mangakses laporan dan analisa akun. Dengan menggunakan fitur ini, perusahaan dapat dengan mudah melacak kinerja karyawan dan melakukan evaluasi. Selain itu, pengguna dapat melihat status pesan pada WhatsApp Business, seperti sent, delivered, atau failed.

  • Integrasi CRM

WhatsApp Business API dapat diintegrasikan dengan software CRM (customer relationship management). Sementara WhatsApp Business standar tidak dapat diintegrasikan. Software CRM tersebut sangat bermanfaat bagi sebuah bisnis untuk dapat memaksimalkan layanan dan kepuasan pelanggan.

  • Sinkronisasi dan Riwayat Chat

Pada WhatsApp Business API, sinkronisasi chat dan riwayat terjadi otomatis, sedangkan pada WhatsApp Business standar, pengguna harus melakukan sinkronisasi secara manual untuk mendapatkan riwayat chat.

  • Koneksi

WhatsApp Business API memiliki koneksi akun yang dapat selalu aktif dan online. Sementara WhatsApp Business standar, koneksi yang dimiliki mengikuti perangkat yang diakses oleh agen.

Baca Juga: Strategi Mengelola Bisnis Kecantikan dengan WhatsApp Business API 

Cara Mendaftar pada WhatsApp Business Standar

Apabila Anda tertarik mendaftarkan bisnis pada WhatsApp Business standar, Anda dapat melakukan beberapa tahap berikut ini:

  • Mengunduh Aplikasi WhatsApp Business

Pada tahap pertama, Anda dapat mengunduh aplikasi WhatsApp Business pada Play Store ataupun AppStore. 

  • Mendaftar Melalui Nomor Lama atau Nomor Baru

Setelah berhasil mengunduh aplikasi, Anda dapat mendaftarkan akun melalui nomor pribadi lama atau membuat nomor yang baru. Nomor baru akan memudahkan Anda untuk memisahkan urusan pribadi dan bisnis. Akan tetapi, mendaftar dengan nomor lama juga tidak akan menjadi masalah.

  • Membuat Profil Bisnis

Selanjutnya, setelah akun bisnis berhasil terdaftar, Anda dapat melengkapi profil bisnis. Seperti nama bisnis, kategori bisnis, melengkapi profile picture, membuat deskripsi, hingga menyantumkan alamat untuk memudahkan pelanggan menemukan tempat bisnis Anda. 

  • Membuat Katalog

Ketika akun sudah siap dan lengkap, Anda dapat mulai memasarkan produk dan layanan melalui katalog. Dengan katalog, pelanggan dapat dengan mudah melihat produk dan layanan apa saja yang tersedia tanpa perlu berkomunikasi secara langsung dengan admin. Beberapa aspek yang perlu diisi dalam katalog adalah nama produk, harga produk, deskripsi, dan gambar produk.

  • Melengkapi Aspek Bisnis Lainnya

Selanjutnya, untuk menyempurnakan akun, Anda dapat membuka pengaturan dan melengkapi greeting message atau pesan pembuka. Pesan ini merupakan pesan yang dikustomisasi untuk menyapa pelanggan ketika pelanggan pertama kali mengirim pesan pada akun bisnis. Selain itu, Anda juga dapat mengatur away message atau pesan yang otomatis terkirim ketika bisnis di luar jam operasional. Terakhir, terdapat pengaturan quick replies untuk mengatur shortcut yang memungkinkan perusahaan mengirim pesan tertentu hanya dengan kata singkat. Contohnya seperti shortcut “1” untuk pesan “Terima kasih sudah menghubungi kontak kami!”. Shortcut ini memudahkan perusahaan untuk menghemat waktu.

Cara Mendaftar pada WhatsApp Business API

Pembuatan WhatsApp Business API membutuhkan beberapa tahapan lain yang berbeda jika dibandingkan WhatsApp Business standar. Berikut merupakan tahapan yang perlu dilakukan:

  • Cari Business Solution Provider yang Tepat

WhatsApp Business API dapat didapatkan melalui pihak ketiga WhatsApp atau business solution provider. Indonesia memiliki berbagai macam penyedia yang dapat digunakan. Beberapa di antaranya dapat dicek di sini.

  • Masuk ke Akun Facebook Anda dari Situs Web Business Solution Provider

Setelah menemukan business solution provider yang cocok, Anda dapat melakukan log in akun Facebook melalui situs web business solution provider. 

  • Siapkan Akun

Setelah selesai log in, Anda dapat membuat akun Facebook dan WhatsApp Business sesuai dengan nama bisnis yang dimiliki. Anda juga akan diminta untuk memasukkan informasi bisnis seperti kategori dan deskripsi bisnis.

  • Lakukan Verifikasi Nomor WhatsApp

Tahapan terakhir, Anda dapat melakukan verifikasi akun dengan nomor telepon. Setelah itu, akun dapat digunakan. Untuk sistem integrasi, kendala teknis, atau informasi lainnya dapat didapatkan melalui business solution provider.

Baca Juga: Ciri Perusahaan yang Membutuhkan Akun Whatsapp Business API!

Tertarik Mendaftar WhatsApp Business API? Segera Hubungi Ivosights, Business Solution Provider Terbaik di Indonesia!

WhatsApp Business API menawarkan berbagai fitur yang mendukung kegiatan operasional perusahaan Anda. Ivosights merupakan business solution provider, sekaligus partner resmi WhatsApp Business API di Indonesia. Ivosights menyajikan analisis yang lebih terperinci dan menguntungkan bagi perusahaan Anda, melalui platform WhatsApp Business yang komprehensif untuk pengiriman pesan, integrasi dengan dashboard CRM, serta pelaporan yang komprehensif. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami