Optimalisasi Bisnis dengan WhatsApp Business Solution Provider

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Senin, 25 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.

"Suatu bisnis dapat bekerja sama dengan WhatsApp Business Solution Provider untuk tingkatkan komunikasi dengan pelanggan. Simak ulasannya di sini!"

Bekerja sama dengan WhatsApp Business Solution Provider untuk mendaftarkan bisnis Anda dapat mempengaruhi intensitas komunikasi bersama pelanggan. WhatsApp Business Solution Provider biasanya menyediakan berbagai macam fasilitas penunjang customer experience yang positif. Hubungan yang secara positif terus terjaga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan yang ditawarkan.

Apa itu WhatsApp Business API?

WhatsApp Business merupakan solusi untuk suatu bisnis yang ingin meningkatkan efisiensi operasional, berkomunikasi langsung dengan pelanggan, dan menyederhanakan proses transaksi. Baik bisnis kecil, menengah, maupun besar dapat menggunakan platform ini untuk meningkatkan kinerja mereka. WhatsApp Business menawarkan dua jenis platform: WhatsApp Business standar yang cocok digunakan untuk bisnis kecil dan WhatsApp Business API yang lebih cocok untuk bisnis skala menengah menuju besar. API di sini mengacu pada Application Programming Interface, teknologi yang memungkinkan suatu platform untuk dapat terintegrasi dengan platform lainnya untuk memaksimalkan interaksi bersama pelanggan dalam cakupan yang lebih luas. Terdapat keunikan dan keberagaman WhatsApp Business API yang akan diulas lebih lanjut pada artikel ini.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa WhatsApp Business API Ampuh Tingkatkan Brand Loyalty! 

Manfaat WhatsApp Business API

  • Akun Bisnis yang Kredibel

WhatsApp Business API memberikan fitur verifikasi centang hijau dan penyesuaian nama akun bisnis, meningkatkan kredibilitas perusahaan di era digital yang rawan penipuan.

  • Didukung oleh Bot

WhatsApp Business API menggunakan ChatBot untuk menjawab pesan secara otomatis. ChatBot adalah teknologi AI yang memungkinkan pelanggan berkomunikasi dan mendapatkan informasi tanpa perlu berhubungan langsung dengan agen manusia, sehingga dapat membantu pelanggan menghemat waktu.

  • Informasi Tersebar Secara Menyeluruh melalui WhatsApp Blast

WhatsApp Business API memiliki fitur WhatsApp Blast yang memungkinkan perusahaan menyebarkan informasi secara massal tanpa batasan jumlah orang, membantu mereka menjangkau audiens lebih luas dengan mudah.

  • Personalisasi Pesan

Membuat konten yang dekat dengan pelanggan dimulai dengan personalisasi pesan, seperti menyertakan nama pelanggan secara otomatis. Pelanggan juga dapat mengirim pesan khusus sesuai dengan segmentasi, seperti usia, gender, pekerjaan, atau wilayah. Kedekatan ini meningkatkan loyalitas pelanggan, yang berujung pada peningkatan penjualan.

  • Keberagaman Media dan Format Konten

Perusahaan bisa mengirim beragam konten melalui WhatsApp Business API, termasuk pesan instan, gambar, video, dokumen, pesan suara, dan template. Template ini dapat digunakan untuk pesan konfirmasi pesanan, pengiriman barang, pengingat, dll.

Bagaimana Cara Mendaftar WhatsApp Business API? WhatsApp Business Solution Provider Solusinya!

Apabila Anda ingin mendaftarkan bisnis pada WhatsApp Business API, Anda dapat mendaftar langsung melalui Meta, perusahaan yang sudah mengakuisisi WhatsApp. Akan tetapi, mengoperasikan WhatsApp Business API bagi pemula tidaklah mudah. Platform tersebut mengharuskan pengguna untuk mengatur beberapa jenis fitur yang membutuhkan keahlian teknis atau keinginan untuk belajar mengoperasikannya.

WhatsApp mempermudah hambatan tersebut melalui ekosistem platform WhatsApp Business. Ketika menggunakan WhatsApp Business melalui WhatsApp Business Solution Provider, perusahaan dapat menggunakan fasilitas penyediaan sistem integrasi dengan teknologi lainnya. Seperti kotak masuk omnichannel, bot, atau software dukungan pelanggan lainnya. Pada ekosistem ini, terdapat dua jenis mitra yang dapat membantu Anda. 

Mitra pertama dinamakan tech partner atau mitra teknologi yang merupakan developer pihak ketiga yang akan membantu membangun solusi tambahan untuk platform WhatsApp Business yang ada. Dalam kata lain, mitra teknologi ini fokus pada alat dan dukungan teknis yang berfokus pada pengembangan dan pemeliharaan infrastruktur teknis yang diperlukan. Terdapat mitra teknologi yang ditawarkan secara mandiri atau satuan dan terdapat mitra teknologi yang sudah terintegrasi dengan mitra kedua.

Jenis mitra yang kedua dinamakan WhatsApp Business Solution Provider atau penyedia solusi bisnis WhatsApp. Berbeda dengan mitra teknologi, mitra ini menyediakan solusi menyeluruh yang tidak hanya berkutat pada integrasi teknis, akan tetapi juga panduan, penyesuaian, dan dukungan berkelanjutan. Fokus dari WhatsApp Business Solution Provider ini adalah untuk memberikan solusi menyeluruh dengan memenuhi kebutuhan teknis dan bisnis klien.

Baca Juga: WhatsApp Business vs Whatsapp Business API, Apa Bedanya? 

Syarat dan Ketentuan Mendaftar WhatsApp Business API melalui WhatsApp Business Solution Provider

Untuk dapat mendaftarkan ke WhatsApp Business API melalui WhatsApp Business Solution Provider, terdapat beberapa persyaratan dan ketentuan yang perlu dilengkapi bagi perusahaan, yaitu sebagai berikut:

  • Legalitas Bisnis

WhatsApp Business API hanya diperuntukkan untuk bisnis yang memiliki legalitas CV atau PT. CV merupakan Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT singkatan dari perseroan terbatas.

  • Kepemilikan Situs Web dan E-Mail

Perusahaan perlu memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya seperti [email protected].

  • ID Facebook Business Manager

Bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. Apabila Anda memiliki kesulitan untuk mencari nomor unik, cek cara menemukannya di sini: Find your business ID

  • Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy

Persyaratan selanjutnya, jenis bisnis perlu sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy. Untuk penjelasan lengkapnya, dapat dilihat di tautan berikut ini: https://business.whatsapp.com/policy 

  • Menghubungi WhatsApp Business Solution Provider

Setelah persyaratan-persyaratan sebelumnya dilengkapi, Anda dapat menghubungi WhatsApp Business Solution Providor. Salah satunya adalah Ivosights, partner resmi layanan WhatsApp Business API di Indonesia.

Tertarik? Segera Hubungi Ivosights selaku WhatsApp Business Soution Provider Terbaik di Indonesia!

WhatsApp Business API menyediakan beragam jenis fitur yang dapat menunjang operasional bisnis Anda, salah satunya adalah WhatsApp Blast, bantuan bot, dan integrasi dengan software CRM. Dengan Ivosights, Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda untuk bergabung pada WhatsApp Business API. Ivosights merupakan WhatsApp Business Solution Provider di Indonesia yang menyediakan perhitungan yang lebih jelas dan menguntungkan bagi bisnis Anda. Platform ini juga dilengkapi dengan dashboard WhatsApp Business yang lengkap untuk pengiriman pesan, integrasi dashboard CRM, juga laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami