6 Alasan Mengapa WhatsApp Business API Ampuh Tingkatkan Brand Loyalty!

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 13 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.

"Telusuri alasan mengapa penggunaan WhatsApp Business API berpengaruh dalam meningkatkan brand loyalty melalui artikel ini.!"

Dalam zaman digital yang kian mendominasi, teknologi memiliki peranan yang penting dalam kelangsungan suatu bisnis. Mulai dari proses transaksi, promosi produk, hingga interaksi antara pelanggan dan merek atau bisnis dapat dibantu juga oleh kemajuan teknologi. Tak hanya itu, penggunaan platform komunikasi seperti WhatsApp Business API juga dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan atau brand loyalty terhadap sebuah produk atau layanan brand.

Apa itu WhatsApp Business API?

Platform WhatsApp merupakan salah satu kanal pesan instan yang mayoritas digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki user interface yang simpel, WhatsApp juga memberikan berbagai macam manfaat yang dapat dirasakan penggunanya. Salah satu perangkat turunan WhatsApp yang berpengaruh kepada berbagai jenis lembaga, bisnis, dan institusi adalah WhatsApp Business. Perangkat tersebut memberikan solusi bagi suatu bisnis untuk meningkatkan efisiensi operasional, berinteraksi langsung dengan pelanggan, dan menyederhanakan proses transaksi. Baik bisnis kecil, menengah, maupun besar, semuanya dapat memanfaatkan platform ini untuk mendapatkan keuntungan.

Terdapat dua jenis platform WhatsApp Business yang tersedia, yaitu WhatsApp Business standar yang cocok untuk bisnis kecil dan WhatsApp Business API yang lebih cocok untuk bisnis dengan skala yang lebih besar. Melalui API ini, platform dapat diintegrasikan dengan sistem lain untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan dalam skala yang lebih luas.

WhatsApp Business API memiliki banyak fitur unik dan menarik yang sangat berguna untuk sebuah perusahaan yang ingin menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan loyalitas atau brand loyalty pelanggan tersebut. Loyalitas merek, atau yang lebih dikenal sebagai brand loyalty, merujuk pada kebiasaan pelanggan untuk terus memilih dan menggunakan produk dari suatu merek tertentu, bahkan ketika dihadapkan dengan persaingan sengit dari merek dan produk lainnya. Istilah ini sering kali juga merujuk pada pelanggan yang tetap setia.

Baca Juga: WhatsApp Business vs Whatsapp Business API, Apa Bedanya? 

WhatsApp Business API Ampuh Tingkatkan Brand Loyalty

Menggunakan WhatsApp Business API sebagai media berkomunikasi merupakan salah satu cara meningkatkan brand loyalty. Apabila dibandingkan dengan kanal digital lainnya, WhatsApp Business API memiliki berbagai jenis fitur yang sangat cocok dipakai pelaku bisnis. Berikut adalah beberapa alasan yang menyebabkan WhatsApp Business API ampuh tingkatkan brand loyalty:

  • Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dengan Akun Verified

Bisnis dalam skala besar yang sudah terdaftar dalam WhatsApp Business API bisa mendapatkan centang hijau atau akun verified sebagai bentuk kredibilitas sebuah bisnis. Dengan centang hijau tersebut, pelanggan dapat berinteraksi dengan rasa aman, serta terciptanya kepercayaan. 

  • Penyebaran Informasi Menyeluruh dengan WhatsApp Blast

Pelaku bisnis dapat menyebarkan informasi dengan menggunakan WhatsApp Blast unlimited. Beberapa informasi yang dapat disebarkan melalui fitur ini adalah informasi mengenai produk terbaru, layanan, diskon, tawaran khusus, atau promosi mengenai acara yang diselenggarakan pelaku bisnis. Pada akhirnya, penyebaran informasi ini akan berpengaruh pada nilai penjualan dan profit perusahaan. 

  • Penghematan Waktu Interaksi dengan Bot

WhatsApp Business API juga dapat dilengkapi dengan bot atau teknologi berbasis artificial intelligence (AI) yang memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dan mendapatkan informasi tanpa perlu berbicara langsung dengan agen. Berinteraksi dengan bot ini secara signifikan akan mengurangi waktu seharusnya ketika berinteraksi dengan manusia. Dikarenakan segala bentuk jawaban yang dikeluarkan bot sudah disusun sedemikian rupa sejak awal.

  • Sistem Contact Center Optimal dengan CRM Omni-Channel

WhatsApp Business API dari Ivosights menyediakan fasilitas integrasi platform dengan software CRM (Customer Relationship Management), yaitu Sociomile Omni-Channel. Platform tersebut merupakan 12 kanal digital dan voice yang diintegrasikan dalam 1 dasbor. Sehingga, pengguna dapat mengoptimalkan interaksi bersama pelanggan dengan mudah dan cepat melalui dashboard tersebut.

  • Contact Center Responsif

Contact center yang responsif merupakan salah satu faktor yang membuat pelanggan betah dan merasa didengarkan oleh brand. WhatsApp Business API menyediakan fasilitas yang memungkinkan pengguna dapat menggunakan platform dalam kondisi yang selalu online. Selain itu, tidak terdapat batasan log in untuk aplikasi tersebut. Sehingga, perusahaan dapat memaksimalkan jumlah customer service untuk memberikan respon yang cepat untuk pelanggannya.

  • Menjalin Kedekatan dengan Personalisasi Pesan

Membuat konten yang ‘dekat’ dengan pelanggan dapat dimulai dengan membuat pesan yang dipersonalisasi. Contohnya seperti membuat pesan dengan nama yang otomatis terganti sesuai dengan profil WhatsApp pelanggan. Selain itu, pelanggan juga dapat mengirim pesan khusus sesuai dengan segmentasi atau kelompok-kelompok pelanggan yang sudah dibuat, bisa berdasarkan usia, gender, pekerjaan, atau wilayah.

Tertarik Meningkatkan Brand Loyalty dengan WhatsApp Business API? Segera Hubungi Ivosights!

WhatsApp Business API menyediakan beragam jenis fitur yang dapat menunjang operasional bisnis Anda, salah satunya adalah optimalisasi komunikasi. Menjalin interaksi dan komunikasi yang baik dengan pelanggan dapat berpengaruh pada customer experience, yang berujung pada meningkatnya brand loyalty atau loyalitas pelanggan. Dengan Ivosights, Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda untuk bergabung pada WhatsApp Business API.

Ivosights merupakan business provider solution di Indonesia yang menyediakan perhitungan yang lebih jelas dan menguntungkan bagi bisnis Anda. Platform ini juga dilengkapi dengan dashboard WhatsApp Business API yang lengkap untuk pengiriman pesan, integrasi dashboard CRM, sistem log in yang unlimited, juga laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami