Ukur Persepsi Pelanggan terhadap Produk Bisnis dengan Sentiment Analysis

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 24 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Sentiment analysis. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Sentiment analysis. Shutterstock

"Dengan fitur sentiment analysis yang tersedia, Anda bisa mengukur bagaimana persepsi pelanggan terhadap produk bisnis Anda!"

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, mengetahui bagaimana pelanggan merasa tentang produk Anda adalah sebuah faktor utama untuk membangun hubungan yang kuat dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara  yang efektif untuk mengukur persepsi pelanggan. Sebagai salah satu pilihan, Anda bisa menggunakan sentiment analysis yang ada dalam digital listening tools.

Mengapa Bisnis Perlu untuk Mengukur Persepsi Pelanggan terhadap Produk Bisnis?

Sebuah bisnis perlu untuk mengukur persepsi pelanggan terhadap produk bisnis. Dengan ini, bisnis Anda dapat mengidentifikasi kekuatan produk yang perlu ditingkatkan serta menemukan area yang perlu perbaikan.

Selain itu, mengukur persepsi pelanggan juga membantu bisnis Anda untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang preferensi dan harapan pelanggan, yang dapat membantu Anda mengembangkan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: 7 Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Pelanggan terhadap Suatu Brand

Beberapa Tools untuk Ukur Persepsi Pelanggan terhadap Produk Bisnis

Berikut adalah beberapa tools yang berguna untuk mengukur persepsi pelanggan terhadap produk bisnis:

  • Survei Kepuasan Pelanggan

Tools survei online atau survei setelah pembelian dapat memberikan informasi langsung tentang bagaimana pelanggan merasa tentang produk atau layanan. Anda juga dapat mengajukan beberapa pertanyaan terstruktur dapat membantu dalam memahami kepuasan pelanggan, masalah yang dihadapi, dan area yang perlu ditingkatkan.

  • Media Social Listening Tools

Platform media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram sering menjadi tempat di mana pelanggan berbagi pendapat mereka tentang produk. Adanya media social listening tools memungkinkan bisnis Anda untuk memantau percakapan audiens atau pelanggan di media sosial dan mengidentifikasi sentimen positif, negatif, atau netral yang terkait dengan produk.

  • Review dan Rating Websites

Ada juga website yang didedikasikan untuk ulasan dan penilaian produk, seperti Google Reviews atau Yelp. Website ini memberikan pandangan langsung dari pelanggan tentang pengalaman mereka. Anda juga dapat mengumpulkan dan menganalisis ulasan ini untuk mengukur sentimen umum pelanggan terhadap produk.

  • Survei NPS

Survei NPS bertujuan untuk mengukur sejauh mana pelanggan akan merekomendasikan produk kepada orang lain. Skor NPS ini dapat memberikan indikasi tentang seberapa loyal pelanggan terhadap produk bisnis.

  • Sentiment Analysis

Terakhir ada juga sentiment analysis yang merupakan teknik penggunaan artificial intelligence untuk menganalisis teks atau komentar pelanggan dan menentukan apakah sentimen yang terkandung dalam teks tersebut positif, negatif, atau netral. Sentiment analysis tools menggunakan algoritma untuk mengidentifikasi kata-kata dan frasa yang mengungkapkan perasaan tertentu.

Pengertian tentang Sentiment Analysis

Sentiment analysis merupakan sebuah proses yang menggunakan teknologi komputer untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan sentimen dalam teks. Dengan menganalisis kata-kata dan frasa yang digunakan dalam teks, algoritma sentiment analysis dapat menentukan apakah teks tersebut bersifat positif, negatif, atau netral. Hal ini memungkinkan bisnis untuk memahami pandangan pelanggan secara lebih mendalam.

Apa Saja Kegunaan Fitur Sentiment Analysis?

Berikut ini adalah sejumlah kegunaan yang diberikan fitur sentiment analysis:

  • Mengukur Respons Pelanggan

Dengan fitur sentiment analysis, bisnis Anda dapat dengan cepat mengetahui bagaimana pelanggan merespons produk berdasarkan ulasan dan komentar yang mereka berikan.

  • Mendeteksi Isu Pelanggan

Fitur sentiment analysis dapat membantu Anda mengidentifikasi isu pelanggan dengan cepat, sehingga Anda dapat mengambil tindakan perbaikan secara efisien.

  • Mengukur Efektivitas Kampanye

Lalu, Anda dapat mengukur efektivitas kampanye pemasaran atau peluncuran produk berdasarkan sentimen yang diungkapkan oleh pelanggan.

  • Mengukur Perkembangan Produk

Anda juga bisa melihat bagaimana persepsi pelanggan terhadap produk berubah seiring waktu dan melakukan perbaikan berdasarkan feedback yang diberikan tersebut.

  • Mengidentifikasi Peluang

Adanya fitur sentiment analysis membantu Anda untuk mengidentifikasi peluang bisnis baru berdasarkan kebutuhan dan harapan pelanggan.

Baca juga: Apa Saja yang Dinilai dari Analisis Sentimen? Cek Disini!

Cara Mengukur Persepsi Pelanggan terhadap Produk Bisnis dengan Sentiment Analysis

Berikut ini adalah empat cara mengukur persepsi pelanggan terhadap produk bisnis dengan menggunakan sentiment analysis:

  • Kumpulkan Data

Pertama, lakukan pengumpulan data dari berbagai sumber. Data-data ini dapat berbentuk ulasan pelanggan, komentar media sosial, dan jawaban dari survei yang disebarkan.

  • Pilih Tools Sentiment Analysis

Gunakan tools sentiment analysis yang tepat untuk membantu menganalisis data teks tersebut.

  • Analisis dan Interpretasi

Analisis data-data yang dihasilkan oleh sentiment analysis dan interpretasikan untuk memahami pandangan pelanggan.

  • Ambil Tindakan

Berdasarkan hasil analisis, ambil tindakan yang sesuai untuk meningkatkan produk dan layanan.

Dapatkan Fitur Sentiment Analysis dari Tools Digital Listening!

Itulah beberapa cara mengukur persepsi pelanggan terhadap produk bisnis dengan bantuan tools sentiment analysis. Dengan tools ini, Anda dapat mendapatkan informasi dari berbagai komentar yang dipublikasikan pelanggan. Bisnis juga dapat mengambil tindakan yang relevan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Untuk mendapatkan fitur sentimen analysis, Anda bisa gunakan digital listening tools yang mumpuni.

Sebagai salah satu pilihan, Ivosights menyediakan sebuah digital listening tools bernama Ripple10 yang dipercaya oleh banyak perusahaan. Tools ini menyediakan banyak fitur yang membantu penggunanya, salah satunya adalah sentiment analysis. Dengan begitu, Anda dapat melacak apa saja sentimen pelanggan yang bersifat positif, negatif, dan netral tentang produk bisnis. Segera konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan kami untuk mendapatkan solusi teknologi yang komprehensif!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami