WhatsApp Business vs Whatsapp Business API, Apa Bedanya?

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Kamis, 07 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"WhatsApp Business dan WhatsApp Business API memiliki perbedaan dalam segi fitur, tujuan, dan manfaat. Simak ulasannya di sini!"

Era digital memberikan berbagai macam pilihan bagi seseorang untuk dapat berkomunikasi satu sama lain. Dengan banyaknya pilihan dan fasilitas yang dapat dipertimbangkan, seseorang kemudian mengkategorikan suatu platform berdasarkan kebutuhannya. Aplikasi WhatsApp menyediakan dua jenis akun sesuai dengan kebutuhan pengguna, yaitu WhatsApp personal dan WhatsApp Business.

Mengenal WhatsApp Business dan Fungsinya

WhatsApp Business menyediakan platform untuk suatu bisnis sebagai sarana mempermudah operasional, berhubungan langsung dengan pelanggan, dan mempermudah proses transaksi. Baik skala kecil, medium, maupun besar, setiap bisnis dapat mendaftar dan merasakan manfaat platform tersebut.

WhatsApp Business terbagi menjadi dua jenis platform, yang pertama adalah WhatsApp Business biasa yang digunakan bisnis dengan skala kecil. Bisnis dengan skala ini dapat terkoneksi dengan pelanggan secara one-on-one atau satu lawan satu, sembari memasarkan produk melalui katalog yang ada.

Sementara platform WhatsApp yang digunakan dengan skala yang lebih besar dikenal sebagai WhatsApp Business API (Application Programming Interface). API ini memungkinkan suatu platform untuk dapat terintegrasi dengan platform lainnya untuk memaksimalkan interaksi bersama pelanggan dalam cakupan yang lebih luas.

Baca Juga: Strategi Mengelola Bisnis Kecantikan dengan WhatsApp Business API 

Perbedaan Fitur WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

Terdapat beberapa perbedaan signifikan antara fitur WhatsApp Business dan WhatsApp Business API, yaitu sebagai berikut:

  • Skala Bisnis

WhatsApp Business API diperuntukkan untuk bisnis menengah ke atas (UKM), sementara WhatsApp Business biasa dikhususkan untuk bisnis kecil (UMKM). Hal ini dikarenakan WhatsApp Business API memiliki berbagai fitur yang lebih canggih dan lengkap.

  • Jumlah Agen

Jumlah agen atau seseorang yang dapat mengakses WhatsApp Business berbeda antara satu dan lainnya. WhatsApp Business biasa memiliki maksimal agen 2 orang, sementara WhatsApp Business API tidak memiliki batasan agen yang dapat mengakses.

  • Verifikasi Akun

Salah satu keuntungan yang hanya dimiliki oleh WhatsApp Business API adalah memiliki verifikasi green thick atau centang hijau. Verifikasi ini merupakan suatu pembuktian bahwa akun yang dimiliki sudah resmi dan kredibel.

  • Sistem Broadcast Message

Broadcast message merupakan fitur yang memungkinkan bisnis untuk dapat mengirimkan pesan pada beberapa orang sekaligus. Fitur ini tersedia pada akun WhatsApp Business API.

  • Personalisasi Pesan

WhatsApp Business API memudahkan perusahaan untuk dapat memberikan pendekatan secara personal dengan baik melalui sistem personalisasi pesan. Sistem ini dapat diimplementasikan dalam beberapa hal, seperti pembuatan promosi yang disesuaikan dengan segmentasi pelanggan, broadcast message dengan penulisan yang baik, atau penyebaran informasi terbaru.

  • Laporan dan Analisa

Fitur WhatsApp Business API yang tidak dimiliki oleh WhatsApp Business biasa adalah fitur laporan dan analisa akun. Melalui fitur ini, kinerja karyawan dapat dilihat dan proses evaluasi akan dimudahkan.

  • Integrasi CRM

WhatsApp Business API dapat diintegrasikan dengan software CRM (customer relationship management), seperti Sociomile Omni-channel milik Ivosights. Sementara WhatsApp Business biasa tidak dapat diintegrasikan. Software CRM tersebut sangat bermanfaat bagi sebuah bisnis untuk dapat memaksimalkan layanan dan kepuasan pelanggan.

  • Sinkronisasi dan Riwayat Chat

Sinkronisasi dan riwayat chat pada WhatsApp Business API dapat dilakukan secara otomatis, sementara WhatsApp Business biasa hanya didapatkan dengan sinkronisasi secara manual. 

  • Koneksi

WhatsApp Business API memiliki koneksi akun yang dapat selalu aktif dan online. Sementara WhatsApp Business biasa, koneksi yang dimiliki mengikuti perangkat yang diakses oleh agen.

Cara Bergabung dengan WhatsApp Business API

Apabila Anda tertarik untuk mendaftar di WhatsApp Business API, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan. Simak penjelasannya sebagai berikut:

  • Legalitas Bisnis

WhatsApp Business API hanya diperuntukkan untuk bisnis yang memiliki legalitas CV atau PT. CV merupakan Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT singkatan dari perseroan terbatas.

  • Kepemilikan Situs Web dan E-Mail

Perusahaan perlu memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya seperti [email protected].

  • ID Facebook Business Manager

Bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. Apabila Anda memiliki kesulitan untuk mencari nomor unik, cek cara menemukannya di sini: Find your business ID

  • Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy

Persyaratan selanjutnya, jenis bisnis perlu sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy. Untuk penjelasan lengkapnya, dapat dilihat di tautan berikut ini: https://business.whatsapp.com/policy 

  • Menghubungi WhatsApp Business Solution Provider

Setelah persyaratan-persyaratan sebelumnya dilengkapi, Anda dapat menghubungi WhatsApp Business Solution Providor. Salah satunya adalah Ivosights, partner resmi layanan WhatsApp Business API di Indonesia.

Baca Juga: Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan WhatsApp Business

Tertarik Mendaftar WhatsApp Business API? Segera Hubungi Ivosights!

WhatsApp Business API menyediakan beragam jenis fitur yang dapat menunjang operasional bisnis Anda. Ivosights merupakan business solution provider, sekaligus partner resmi WhatsApp Business API di Indonesia. Ivosights menyediakan perhitungan yang lebih jelas dan menguntungkan bagi bisnis Anda, dengan dashboard WhatsApp Business yang lengkap untuk pengiriman pesan, integrasi dashboard CRM, juga laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami