Mengapa Bisnis Harus Beralih ke WhatsApp Business?

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Kamis, 09 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"WhatsApp Business memiliki manfaat dan kegunaan yang besar bagi pebisnis dan perusahaan. Simak alasan mengapa bisnis harus beralih ke WhatsApp Business"

WhatsApp Business merupakan aplikasi yang biasa dimanfaatkan oleh pebisnis dan pengusaha kecil untuk melakukan transaksi dan jual beli dengan pelanggan. Aplikasi ini juga membuat kemudahan penjual dalam melakukan interaksi dengan pelanggan sehingga berpotensi untuk membuat kemajuan dan kemudahan dalam menjual produk. Tanpa WhatsApp Business, pebisnis tentu akan sedikit kesulitan dalam menjawab pertanyaan pelanggan yang banyak dalam satu profil online store. Untuk itu, dibutuhkan aplikasi yang menunjang kebutuhan penjualan ini untuk meningkatkan kepuasan pelanggan saat mereka bertanya bahkan bertransaksi kepada penjual.

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Biasa

WhatsApp adalah aplikasi komunikasi yang dikembangkan untuk percakapan pribadi antara teman dan keluarga. Selain mengirim pesan teks, Anda dapat berbagi gambar dan dokumen, memulai panggilan video, atau mengirim pesan audio melalui WhatsApp. Anda juga dapat menggunakan stiker untuk membumbui percakapan Anda atau mengirim GIF lucu.

Sedangkan WhatsApp Business adalah aplikasi yang dikembangkan untuk pemilik usaha kecil hingga menengah. Di aplikasi, mereka dapat menawarkan layanan pelanggan, menjual produk mereka, dan membangun hubungan pelanggan. WhatsApp Business menawarkan fitur yang sama dengan WhatsApp, ditambah beberapa fitur tambahan yang lebih fokus pada bisnis. Singkatnya, aplikasi WhatsApp adalah untuk kebutuhan personal sedangkan WhatsApp Business untuk melakukan usaha dan bisnis.

Baca Juga: Simak 7 Kelebihan WhatsApp Business

Alasan Mengapa Harus Beralih ke WhatsApp Business

  • Memiliki Fitur Menjawab Pesan Otomatis

Berbeda dengan aplikasi lainnya, dalam melakukan bisnis menggunakan WhatsApp Business, Anda dapat menjawab pesan otomatis kepada pelanggan yang menanyakan hal yang serupa dengan pelanggan lainnya. Jika biasanya penjual kewalahan dalam menjawab pertanyaan yang diajukan berkali-kali oleh pelanggan yang berbeda, WhatsApp Business mengerti dan akan mempermudah Anda dalam hal ini.

Anda tinggal mengatur beberapa pertanyaan yang kemungkinan besar akan ditanyakan oleh pelanggan dan memberikan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan tersebut. Pengaturan ini akan berjalan secara otomatis saat ada pelanggan yang bertanya dan jawaban akan langsung dikirimkan jika pertanyaan tersebut sesuai dengan pertanyaan yang sudah Anda atur.

  • Memiliki Fitur untuk Melihat Pesan yang Sudah Dibaca atau Belum

Penjual pasti merasa frustasi jika tidak mengetahui apakah pelanggan sudah membaca pesan yang mereka kirimkan atau tidak. Hal ini bisa diatasi oleh WhatsApp Business karena dalam aplikasi ini, Anda dapat mengatur apakah pembeli sudah membaca pesan dari penjual atau belum. Tanda jika pembeli sudah membaca pesan tersebut adalah berwarna biru sehingga dapat dilihat secara langsung apakah pesan sudah terbaca atau belum.

Selain itu, fitur ini juga tidak sampai disini saja. Penjual dapat dengan mudah melihat pelanggan mana saja yang sudah melakukan pembayaran dan yang belum. Ini tentu membuat penjual lebih mudah mendeteksi jika ingin melakukan follow-up kepada pelanggan yang sudah melakukan pembayaran maupun yang belum.

  • Memiliki Fitur untuk Memberikan Katalog Secara Otomatis

Tidak perlu khawatir jika pelanggan malas untuk mengecek sosial media tentang barang yang Anda jual, karena dengan WhatsApp Business, Anda dapat melakukan pemberian katalog secara otomatis jika pelanggan menanyakan katalog bisnis Anda.

Caranya mudah, Anda hanya tinggal menyertakan katalog bisnis dan mengaturnya saat ada pelanggan yang menanyakan katalog atau saat pelanggan memberikan pesan pertama kali. Mudah, bukan?

Baca Juga: Kenali 5 Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Biasa

  • Lebih Efektif dalam Menjawab Pertanyaan Pelanggan

Pebisnis tentu tidak akan fokus jika memiliki banyak platform untuk berinteraksi dengan pelanggan. Untuk itu, salah satu cara mereka untuk fokus dalam menjawab pelanggan adalah dengan menggunakan WhatsApp Business. Aplikasi ini akan membuat interaksi Anda dengan pelanggan lebih baik dan menjadi efektif dalam menjawab pertanyaan pelanggan.

Dengan menggunakan WhatsApp Business, Anda akan lebih fokus dalam menjawab pelanggan karena aplikasi ini hanya fokus ke dalam percakapan tentang penjualan sehingga tidak termasuk ke dalam percakapan pribadi seperti yang ada pada aplikasi WhatsApp biasa.

Yuk, Pakai WhatsApp Business API!

Apakah Anda merasa ribet dan kesulitan dalam mendaftarkan diri untuk WhatsApp Business API? Ivosights akan membantu Anda untuk mendapatkannya! Dapatkan layanan terbaik kami untuk WhatsApp Business dan segera hubungi kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami