Ketahui Fitur WhatsApp Business Apa yang Sangat Berguna Saat Ramadan

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Senin, 27 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp business. Shutterstock.

"WhatsApp Business memiliki banyak keuntungan yang sangat berguna untuk pemilik bisnis saat Ramadan. Yuk, intip fitur-fiturnya"

WhatsApp Business merupakan aplikasi yang akan memudahkan pemilik bisnis dalam melancarkan aksi mereka untuk berjualan dan berinteraksi dengan para pelanggan. Saat Ramadan, akan ada peningkatan penjualan yang dihadapi oleh para pemilik bisnis. Yuk, intip fitur-fitur WhatsApp Business apa saja yang sangat berguna saat Ramadan.

Pengertian WhatsApp Business 

WhatsApp Business merupakan salah satu aplikasi yang diluncurkan oleh pihak WhatsApp untuk mempermudah kegiatan berjualan pemilik bisnis atau usaha kecil. Aplikasi yang satu ini juga sangat berfungsi untuk memperlancar interaksi dan komunikasi antara pelanggan dan penjual sehingga lebih mudah untuk melanjutkan pemesanan ataupun melakukan promosi via chat. WhatsApp Business memiliki banyak fitur yang sangat berguna untuk kepentingan berjualan. Beberapa diantaranya adalah fitur membalas chat otomatis, fitur pengirim chat massal, hingga fitur untuk mengirimkan katalog secara otomatis saat ada pembeli yang bertanya. 

Adanya aplikasi ini saat Ramadan membuat banyak kemudahan bagi para penjual. Mengapa begitu? Saat Ramadan, biasanya pemilik bisnis akan kebanjiran pesanan, terutama pemilik bisnis yang memiliki hubungan erat pada Ramadan seperti bisnis kue kering dan baju lebaran. WhatsApp Business akan mempermudah pemilik bisnis dengan berbagai fitur di dalamnya sehingga orderan yang banyak dan menumpuk saat Ramadan bukan lagi masalah yang serius.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh dengan WhatsApp Business Solution Provider

Fitur-Fitur WhatsApp Business yang Berguna saat Ramadan

  • Pengirim Pesan Otomatis

Saat Ramadan, akan ada lonjakan pesanan yang hadir untuk bisnis Anda, disinilah peran pengirim pesan otomatis berfungsi. Balasan cepat memungkinkan Anda menyimpan dan menggunakan kembali pesan yang sering Anda kirim sehingga Anda dapat dengan mudah menjawab pertanyaan umum dalam waktu singkat. 

Buatlah beberapa pertanyaan dan jawaban yang sekiranya sering ditanyakan oleh pelanggan sehingga Anda tidak perlu lagi untuk mengetikkan pesan kembali pada pertanyaan-pertanyaan yang sama. Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal menekan “/” pada keyboard Anda untuk memilih balasan cepat dan kirim. Untuk itu, manfaatkanlah fitur yang satu ini dalam berinteraksi dengan para pelanggan agar mempermudah bisnis dan penjualan Anda di Bulan Ramadan.

  • Pengirim Katalog Otomatis

Katalog memungkinkan perusahaan Anda memamerkan barang-barang Anda sehingga orang dapat dengan mudah menelusuri dan memeriksa produk yang mereka minati dan ingin beli, terutama saat datangnya Ramadan. Dengan katalog, Anda tidak perlu mengirimkan setiap item, harga, dan deskripsi satu per satu seperti yang biasa Anda lakukan sebelumnya. Sekarang semuanya dikelompokkan dengan mudah di halaman WhatsApp Anda, dan Anda tidak perlu mengarahkan pelanggan Anda ke situs web atau tempat lain.

Untuk setiap item di katalog, Anda dapat menambahkan informasi, termasuk harga, deskripsi, dan kode produk. Ini jauh lebih mudah bagi pelanggan Anda daripada harus bertanya tentang setiap item secara terpisah atau beralih dari WhatsApp ke situs web. Pada Oktober 2021, WhatsApp menambahkan Koleksi untuk membuat belanja semakin mudah. Mereka akan bertindak sebagai folder untuk mengelompokkan item di dalam akun bisnis. Pengguna dapat langsung menavigasi ke kategori yang mereka cari tanpa menelusuri seluruh daftar produk. Setelah ditambahkan, Anda bebas memodifikasi Koleksi seperti halnya item agar informasi tetap terbaru.

Baca Juga: Istilah-istilah dalam Akun Whatsapp Business API

  • Akses Melihat Statistik Pesan

WhatsApp Business memungkinkan Anda mengakses metrik vital seperti berapa banyak pesan Anda yang terkirim, terkirim, dan dibaca. Saat Ramadan, akan ada banyak orderan yang masuk tetapi akan sulit untuk memeriksa berapa banyak pesan yang belum Anda sempat jawab dan lihat. Untuk itu, manfaatkanlah fitur yang bisa membuat Anda mengakses statistik pesan sehingga akan mempermudah kegiatan berinteraksi dengan pelanggan. Bagaimana caranya? Ini langkah-langkah untuk mengakses statistik: Ketuk tombol Menu > Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Statistik. Mudah, bukan?

Yuk, Beralih ke WhatsApp Business API untuk Mempermudah Penjualan Saat Ramadan!

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani. 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami