Istilah-istilah dalam Akun Whatsapp Business API

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 04 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Whatsapp Business API. Shuttstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Whatsapp Business API. Shuttstock.

"WhatsApp Business API adalah solusi untuk bisnis yang ingin mengirim dan menerima pesan dari pelanggan di WhatsApp secara efektif dan efisien"

WhatsApp Business API adalah sistem pengiriman pesan yang memudahkan sebuah brand dan pelanggan untuk saling berinteraksi secara efektif dan efisien melalui kanal pesan instan WhatsApp. Dengan menggunakan WhatsApp Business API, perusahaan dapat mengelola pesan masuk dan mengirim pesan otomatis kepada pelanggannya, seperti pesan pengingat untuk pembayaran atau pesan untuk mengirimkan ulang kode verifikasi.

Dalam penggunaan Whatsapp Business API, terdapat beberapa istilah yang digunakan. Agar lebih paham mengenai kinerja dan cara menggunakan Whatsapp Business API, Anda perlu mengetahui maksud dari istilah-istilah yang digunakan di Whatsapp Business API.

Istilah-istilah dalam Akun Whatsapp Business API

WhatsApp Business API adalah solusi untuk bisnis yang ingin mengirim dan menerima pesan dari pelanggan di WhatsApp secara efektif dan efisien. Berikut adalah beberapa istilah yang mungkin Anda temui saat menggunakan WhatsApp Business API.

  • Verified Account: Akun yang terverifikasi oleh WhatsApp. Akun terverifikasi memiliki tanda centang biru di samping nama mereka di aplikasi WhatsApp, yang menunjukkan bahwa akun tersebut asli dan diawasi oleh WhatsApp.
  • Message Template: Template pesan yang telah disetujui oleh WhatsApp yang dapat Anda gunakan untuk mengirim pesan ke pelanggan.
  • Session: Sesi adalah interaksi yang terjadi antara bisnis dan pelanggan di WhatsApp. Setiap pesan yang dikirim oleh pelanggan atau bisnis akan memulai sesi baru, dan setiap pesan yang dikirim oleh salah satu pihak akan menambahkan pesan ke sesi tersebut.
  • Quick Replies: Quick Replies adalah tombol yang dapat ditambahkan ke pesan Anda untuk memudahkan pelanggan menjawab dengan cepat.
  • Labels: Labels adalah cara untuk mengelompokkan pesan dan mengatur sesi di WhatsApp Business API. Anda dapat menambahkan label ke sesi untuk memudahkan pengelolaan pesan.
  • Catalog: Katalog adalah daftar produk atau layanan yang dapat ditampilkan di WhatsApp. Pelanggan dapat melihat katalog dan mengirim pesan untuk membeli produk atau layanan yang tersedia.
  • Message Type: Tipe pesan yang dapat dikirim melalui WhatsApp Business API, seperti pesan teks, gambar, audio, atau video.
  • WhatsApp Business API Client: Perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan melalui WhatsApp Business API.
  • Message Status: Status pesan yang dikirim melalui WhatsApp Business API, seperti terkirim, dibaca, atau terkirim dengan sukses.
  • Endpoint: Alamat URL yang digunakan untuk mengirim atau menerima pesan melalui WhatsApp Business API.
  • Webhook: Mekanisme yang memungkinkan aplikasi menerima notifikasi saat ada pesan yang masuk atau dikirim melalui WhatsApp Business API.
  • Media Messages: Pesan yang berisi file media seperti gambar, audio, atau video.
  • Automated Messages: Pesan yang dikirim secara otomatis oleh sistem, tanpa intervensi manusia.
  • Session Messages: Pesan yang dikirim selama sesi interaksi antara bisnis dan pelanggan.

Mengapa Harus Menggunakan WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API memungkinkan bisnis untuk mengirim dan menerima pesan dari pelanggan di aplikasi WhatsApp. Ini merupakan cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara cepat dan efisien. Berikut adalah beberapa keuntungan dari menggunakan WhatsApp Business API.

  1. Dapat meningkatkan kecepatan respon: Dengan WhatsApp Business API, Anda dapat memantau pesan yang masuk secara real-time dan menanggapi pelanggan dengan cepat, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan.
  2. Efisien: WhatsApp Business API memungkinkan Anda mengelola pesan masuk dan keluar secara terpusat, sehingga memudahkan pengelolaan komunikasi dengan pelanggan.
  3. Dapat digunakan di berbagai perangkat: WhatsApp Business API dapat digunakan di berbagai perangkat, seperti smartphone, tablet, atau komputer, sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan kapan saja dan di mana saja.
  4. Dapat diintegrasikan dengan sistem CRM: WhatsApp Business API dapat diintegrasikan dengan sistem CRM (Customer Relationship Management) untuk membantu Anda mengelola dan menganalisis interaksi dengan pelanggan.
  5. Menyediakan template pesan: WhatsApp Business API menyediakan template pesan yang telah disetujui oleh WhatsApp, sehingga Anda dapat mengirim pesan dengan mudah dan cepat.
  6. Dapat meningkatkan brand awareness: Dengan menggunakan WhatsApp Business API, Anda dapat meningkatkan brand awareness dengan mengirim pesan promosi atau informasi tentang produk atau layanan Anda kepada pelanggan.

Ingin Menggunakan WhatsApp Business API Untuk Bisnis Anda?

Jika Anda ingin menggunakan WhatsApp Business API untuk bisnis, Anda berada di tempat yang tepat. Layanan WhatsApp Business API dari Ivosights siap memudahkan sebuah perusahaan Anda berinteraksi dengan pelanggan secara efektif dan efisien melalui kanal pesan instan WhatsApp.

Dengan WhatsApp Business API dari Ivosights yang telah mendapatkan lisensi langsung dari META, bisnis Anda dapat mengirimkan pesan secara massal ke seluruh database pelanggan yang dimiliki (Business Initiated Message), serta dapat memanfaatkan layanan ini sebagai nomor pusat layanan customer service (User Initiated Message) yang terhubung dengan sistem CRM Sociomile dari Ivosights.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami