Kelebihan dan Kekurangan Telesurvey dengan WhatsApp Business

Whatsapp Bussiness API

,

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 16 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"WhatsApp Business memiliki banyak keuntungan untuk melakukan telesurvey. Namun, ada juga beberapa kekurangan dalam melakukan telesurvey dengan aplikasi ini"

Siapa yang tidak mengenal aplikasi WhatsApp? Aplikasi yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat, mulai dari usia muda hingga dewasa. WhatsApp memiliki fitur yang sangat mudah untuk digunakan, hal itu menjadi salah satu alasan mengapa aplikasi ini begitu banyak digunakan. WhatsApp juga memiliki banyak versi, salah satunya adalah aplikasi WhatsApp Business yang berfungsi untuk melakukan interaksi antara penjual dan pembeli.

Perbedaan Aplikasi WhatsApp dan WhatsApp Business

WhatsApp adalah aplikasi untuk melakukan interaksi dengan orang lain melalui percakapan pesan, panggilan suara, dan video. Aplikasi ini memiliki tujuan untuk memperluas koneksi dan komunikasi dengan orang lain sehingga lebih mudah untuk menjangkau interaksi dari jarak jauh. Dalam aplikasi WhatsApp, kita tinggal memasukkan nomor pribadi dan akan langsung otomatis tersambung ke dalam kontak yang kita miliki sehingga kita tidak perlu menyimpan ulang nomor orang lain untuk mengirimkan pesan. Aplikasi WhatsApp juga mempermudah interaksi dengan lebih dari 20 orang untuk melakukan panggilan video dan suara.

Berbeda dengan WhatsApp Business, aplikasi yang satu ini memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk kelancaran bisnis. WhatsApp Business adalah sebuah aplikasi yang memiliki tujuan untuk melancarkan usaha suatu bisnis maupun penjual dan memudahkan penjual dalam melakukan interaksi dengan pelanggannya. Sesuai dengan kampanye yang mereka miliki, WhatsApp Business memiliki banyak kemudahan agar para pebisnis dapat melakukan interaksi dengan pelanggan, salah satunya adalah adanya fitur pengirim pesan otomatis kepada pelanggan. Singkatnya, WhatsApp Business memiliki perbedaan yang cukup besar jika dibandingkan dengan aplikasi WhatsApp biasa.

Baca Juga: Begini Cara Membuat WhatsApp Business untuk Bisnis Online-mu

Penjelasan Tentang Telesurvey

Telesurvey merupakan suatu kegiatan dimana perusahaan akan meminta jawaban kepada pelanggan mengenai produk atau layanan jasa perusahaan dan bertujuan untuk menilai tingkatan kepuasan pelanggan dari survei tersebut. Kegiatan ini pada umumnya dilakukan menggunakan panggilan telepon dan para agen telesurvey akan menelpon kandidat untuk dijadikan sebagai responden untuk aktivitas ini.

Telesurvey umumnya dilakukan dengan panggilan telepon dan menggunakan agen khusus untuk melakukan interaksi dengan pelanggan. Kedua hal ini sangatlah penting karena dengan menggunakan telepon, pelanggan akan lebih leluasa dalam menyampaikan masukan serta menjawab pertanyaan survei yang ditanyakan oleh agen perusahaan.

Kelebihan WhatsApp Business untuk Telesurvey 

Saat ini, kegiatan telesurvey memiliki banyak kendala. Hal ini karena kegiatan panggilan telesurvey sudah tidak lagi menjadi hal yang didorong oleh perusahaan untuk mendapatkan jawaban dari para pelanggan. Mengapa begitu? Karena adanya perkembangan teknologi dan internet yang mengubah kegiatan ini menjadi sedikit tersingkir. Ini bisa dilihat dari kemudahan yang didapat oleh perusahaan dengan menggunakan aplikasi dan media sosial untuk menyebarkan survei mengenai produk atau layanan jasa yang mereka telah pasarkan sebelumnya.

Namun, kegiatan telesurvey bisa dilakukan dengan lebih mudah lagi lewat WhatsApp Business, lho! Aplikasi yang satu ini memiliki peranan penting dalam melancarkan kegiatan telesurvey karena memiliki banyak fitur dan fungsi yang sangat berguna jika diaplikasikan untuk kegiatan yang satu ini. Berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa kelebihan dalam melakukan telesurvey.

  • Memiliki Fitur-Fitur yang Mendukung

Seperti yang kita ketahui, berbeda dengan aplikasi WhatsApp biasa, WhatsApp Business memiliki banyak fitur yang berbeda. Fitur-fitur ini umumnya digunakan untuk memperlancar interaksi penjual dengan pelanggan agar lebih leluasa sehingga percakapan untuk penjualan juga lebih tersusun dan rapi. Apa saja fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan telesurvey? Yaitu fitur pengirim otomatis yang isinya bisa disesuaikan dengan pertanyaan survei seputar perusahaan. Selain itu, fitur untuk melakukan automatic greetings juga sangat berguna untuk memberikan salam pembuka sebelum melakukan penyebaran survei.

  • Lebih Mudah dan Cepat

Mengapa lebih mudah dan cepat juga menjadi salah satu kelebihan WhatsApp Business? Hal ini karena aplikasi ini bisa mencakup banyak pelanggan dalam satu waktu serta bisa menanyakan semua pertanyaan survei secara otomatis. Berbeda dengan panggilan telesurvey yang mengandalkan pelanggan untuk menjawab telepon dan agen perusahaan harus menanyakan satu per satu pertanyaan mengenai survei kepada pelanggan yang tentunya.

  • Biaya Lebih Murah

Panggilan telesurvey biasanya mengharuskan perusahaan untuk membayar tagihan yang cukup mahal terutama untuk biaya operasional dan biaya pelatihan untuk agen telesurvey sendiri. Namun, dengan WhatsApp Business, perusahaan dapat mengurangi biaya pengeluaran karena aplikasi ini hanya mengandalkan jaringan internet dan tidak memerlukan agen khusus untuk melakukan interaksi dengan pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Dengan WhatsApp Business API

Kekurangan WhatsApp Business untuk Telesurvey 

  • Memiliki Banyak Kemungkinan Mengganggu WhatsApp Pribadi

Orang yang memiliki aplikasi WhatsApp biasanya menggunakannya untuk melakukan interaksi dan komunikasi dengan orang-orang terdekat. Hal ini yang menjadikan kegiatan telesurvey menggunakan WhatsApp Business menjadi hal yang dianggap mengganggu karena akan masuk ke dalam home line percakapan pribadi.

  • Seringkali Dianggap Spam

Banyak sekali pebisnis atau pengusaha yang melakukan promosi melalui aplikasi WhatsApp Business. Ini bisa menjadi hal yang cukup menyebalkan karena terkadang pelanggan tidak menginginkan nomor mereka untuk mendapatkan promosi atau hal-hal semacam itu. Untuk itu, kegiatan telesurvey seringkali dianggap sebagai bagian dari promosi sehingga sering dianggap spam.

WhatsApp Business memang memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk kegiatan telesurvey. Meskipun begitu, penggunaan aplikasi ini untuk melakukan telesurvey juga memiliki beberapa kekurangan. Itulah penjelasan diatas yang telah kami rangkum tentang telesurvey dan WhatsApp Business. Semoga bermanfaat!

Ingin WhatsApp Business untuk memperlancar bisnis Anda? Ivosights akan memberikan layanan terbaik WhatsApp Business API yang sangat cocok untuk platform perusahaan Anda dalam berinteraksi dan melakukan promosi dengan pelanggan. Yuk, hubungi layanan kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami