Opini Publik di Media Sosial Memengaruhi Reputasi Sebuah Brand

Ripple10 | Senin, 22 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Media sosial. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Media sosial. Shutterstock.

Media sosial adalah sebuah sarana untuk berkomunikasi secara online dengan tujuan untuk mendapatkan atau menyebarkan informasi. Melalui media sosial, informasi dapat diterima dengan cepat dalam hitungan detik saja. Informasi tersebut dapat berupa kumpulan opini masyarakat atau yang kita sebut juga dengan opini publik. Lalu, apakah opini publik di media sosial memengaruhi reputasi sebuah brand?

Dua Sisi Media Sosial

Ibarat dua mata pisau, media sosial bisa menjadi dua sisi yang mencolok dan tajam. Di satu sisi, media sosial bisa memberikan ancaman terhadap pihak tertentu yang ada di dalamnya, baik itu instansi pemerintahan, industri, maupun tokoh publik. Melalui media sosial, segala informasi negatif dan positif akan mudah ditemukan dan mudah menyebar.

Apalagi dengan meningkatnya pola konsumsi informasi masyarakat yang gemar membaca informasi negatif menambah peluang risiko informasi tersebut berkembang pesat dan membentuk sebuah opini publik. Apabila sudah terbentuk, kemungkinan untuk mengembalikan efek dari isu tersebut sangat sulit.

Ancaman & Peluang Media Sosial

Kita bisa melihat realitas perusahaan serta pihak lainnya yang terkena imbasnya isu di media sosial. Berawal dari sebuah isu viral dan berakhir pada sentimen negatif publik. Perusahaan pun akan mengalami krisis kepercayaan yang berdampak pada menurunnya reputasi perusahaan.

Melihat kondisi tersebut, sangat disayangkan bila di saat perusahaan tengah tumbuh dan berkembang, lalu dengan mudahnya perusaahaan tersebut runtuh hanya karea isu yang tidak terkontrol. Untuk itu, sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, mengontrol reputasi sangatlah penting.

Sebuah perusahaan tentu ingin reputasi brand-nya tetap terjaga sehingga banyak perusahaan yang membentuk engagement di media sosial untuk memengaruhi opini publik. Semakin bagus engagement yang dibentuk maka semakin bagus pula opini yang terbentuk.

Namun, hal tersebut terkadang sulit untuk diwujudkan mengingat banyaknya platform media sosial saat ini. Tak jarang juga kita temui sebuah kritikian di media sosial terkait kualitas sebuah brand sehingga menimbulkan reputasi buruk. Apabila hal tersebut tidak segera ditangani maka reputasi brand Anda akan semakin buruk. Salah satu cara untuk menangani masalah ini adalah dengan melakukan pemantauan terhadap opini yang beredar di media sosial.

Kini, seiring berkembangnya teknologi, pemantauan opini publik dapat dilakukan secara teknologi melalui platform digital seperti Ripple10. Ripple10 merupakan platform digital yang diciptakan untuk memantau segala macam percakapan di media sosial.

Ripple10 memiliki berbagai macam fitur unik, salah satunya adalah fitur Sentiment & Digital Health Index. Fitur ini memudahkan pelanggannya untuk memantau sentimen percakapan dalam media sosial sehingga dari percakapan tersebut akan terbentuk opini publik yang positif. Jika Anda ingin reputasi brand Anda tetap terjaga maka tidak ada salahnya untuk menggunakan Ripple10 sebagai platform digital pemantau percakapan pelanggan.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.