Mengenal Lebih Dekat Dengan WhatsApp Business API

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 30 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock

"WhatsApp Business API dapat membantu dan mempermudah bisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan."

WhatsApp Business API membantu bisnis menengah dan besar guna meningkatkan kemampuan pesan WhatsApp mereka dan terhubung dengan pelanggan mereka di seluruh dunia. Dengan bantuan API, bisnis dapat menghubungkan sistem untuk mengirim pesan transaksional otomatis melalui WhatsApp.

Apa Itu WhatsApp Business API?

Whatsapp Business API merupakan salah satu fitur whatsapp untuk membantu dan mempermudah bisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Fitur ini digunakan untuk memenuhi kepentingan bisnis dan bukan personal ataupun perorangan. Application programming interface WhatsAPp inilah yang dimanfaatkan untuk dikembangkan menjadi aplikasi, sistem atau fitur lain yang terhubung dengan WhatsApp untuk memenuhi kebutuhan komunkasi bisnis dan pelanggan.

Perbedaan WhatsApp Business API Dengan Layanan WhatsApp Yang Lain

Jika anda mempunyai bisnis kecil, Anda mungkin sudah menggunakan aplikasi Whatsapp Business untuk menanggapi pertanyaan ini. Tetapi ketika Anda ingin scale up perusahaan Anda atau membawa bisnis Anda lebih besar lagi, Anda akan menemukan bahwa Whatsapp Business sangat terbatas dan tidak mencukupi dan kemudian mencari fitur yang lebih canggih lagi.

Berikut ini perbedaan wa business api dan layanan wa lainnya:

  • WhatsApp personal: Hanya bisa melakukan broadcast maksimal 256.
  • WhatsApp Business: Dapat menggunakan profil bisnis dan template pesan, maksimal broadcast 256 dan jumlah agen dua orang.
  • WhatsApp Business API: dapat menggunakan profil bisnis, centang hijau, template pesan, jumlah broadcast dan agen tidak terhingga, manajemen riwayat pelanggan, laporan kinerja, dan integral sistem CRM.

Kenapa Harus Menggunakan WhatsApp Business API?

  • Kebanyakan orang membuka aplikasi messenger beberapa kali sehari. WhatsApp merupakan cara termudah dan paling nyaman bagi pelanggan untuk menghubungi Anda.
  • Hindari kotak masuk yang ramai dan buat koneksi langsung jangka panjang dengan pelanggan Anda.
  • Pesan memungkinkan Anda untuk bereaksi lebih cepat terhadap permintaan pelanggan dan menyelesaikan pertanyaan sebelum mereka menunda pembelian. Hal ini akan meningkatkan tingkat konversi Anda dan meningkatkan kepuasan pelanggan Anda.
  • Layanan pelanggan tidak pernah lebih nyaman, efisien dan menyenangkan.

Keuntungan Menggunakan WhatsApp Business API

#1 Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Dengan adanyan centang hijau (verified badge) kredibilitas atau kepercayaan pelanggan akan meningkat, sehingga membuka peluang pelanggan untuk membuka pesan dan mempengaruhi pada penjualan Anda.

#2 Layanan pelanggan yang cepat dan responsif

Anda dapat menggunakan fitur lanjutan yang tidak bisa didapatkan pada akun Whatsapp Business biasa, seperti auto responder, chatbot, multi-user/multi-agent, dan lainnya. Dengan fitur-fitur tersebut membantu Anda menjangkau, menjawab, dan melayani pelanggan lebih banyak lagi dengan cepat dan efektif.

#3 Saluran komunikasi yang mudah dan praktis

WhatsApp memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan di saluran yang mereka gunakan. Kebanyakan orang memeriksa pesan mereka beberapa kali sehari yang menjadikan whatsapp cara termudah dan paling nyaman bagi mereka untuk berhubungan dengan bisnis. Anda dan pelanggan Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dari aplikasi ini.

#4 Terintegrasi dengan sistem lain

WhatsApp business API mudah untuk diintegrasikan dengan sistem lain. Jika Anda memiliki website atau sistem sendiri seperti CRM atau sistem lainnya dan ingin diintegrasikan menggunakan whatsapp, itu sangat mudah.

#5 Dapat mengirimkan pesan blast secara massal

Bisnis Anda dapat mengirimkan pesan blast (wa blast) secara massal kepada pelanggan tanpa perlu menyimpan nomor atau kontak, sehingga Anda dapat menjangkau banyak pelanggan secara sekaligus dan cepat.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami