Cara Tingkatkan Brand Awareness dengan WhatsApp Business, Dijamin Mudah!

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Senin, 07 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"Brand awareness adalah pengetahuan konsumen tentang produk bisnis Anda. Brand awareness dapat ditingkatkan dari WhatsApp"

Dalam bisnis, produk haruslah diketahui oleh konsumen, tanpa diketahui produk tidak akan bisa terjual, dengan kata lain brand awareness menjadi faktor kunci dalam kesuksesan penjualan bisnis. Brand awareness adalah tingkat pengenalan dan pengetahuan konsumen terhadap merek atau brand suatu perusahaan. Semakin dikenal dan diingat konsumen, semakin besar peluang bisnis untuk berkembang. Dalam upaya meningkatkan brand awareness, WhatsApp Business telah menjadi alat yang efektif dan mudah digunakan oleh banyak perusahaan. WhatsApp Business menjadi pilihan karena aplikasi ini dapat memudahkan para pelaku bisnis dalam menjajakan produknya. Tak hanya itu, WhatsApp juga menjadi aplikasi mainstream yang banyak digunakan oleh orang, terhitung sudah ada dua miliar lebih orang yang menggunakan WhatsApp. Alhasil alasan-alasan tersebut menjadikan WhatsApp sebagai media yang efektif untuk meningkatkan brand awareness konsumen.

Apa itu Brand Awareness?

Brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk mengenali dan mengingat suatu merek atau brand. Ini berarti konsumen mampu mengidentifikasi produk atau layanan dari merek tertentu ketika mereka melihat logo, slogan, atau karakteristik khas lainnya yang terkait dengan merek tersebut. Meningkatkan brand awareness sangat penting karena semakin dikenal merek, semakin besar kemungkinan konsumen akan memilih produk atau layanan dari merek tersebut.

Fungsi WhatsApp Business untuk Brand Awareness

1. Komunikasi Langsung dengan Konsumen

WhatsApp Business memungkinkan perusahaan berkomunikasi langsung dengan konsumen melalui pesan teks, gambar, video, dan suara. Ini memberikan peluang yang unik untuk mengirim pesan langsung kepada konsumen dan membuat mereka lebih dekat dengan merek.

2. Penggunaan Fitur Profil dan Status

WhatsApp Business memungkinkan perusahaan untuk mengisi profil dengan informasi lengkap tentang bisnis, termasuk alamat, jam operasional, dan deskripsi singkat. Status juga dapat digunakan untuk menginformasikan promosi, berita terbaru, atau kegiatan khusus yang sedang berlangsung.

3. Pengiriman Pesan Massal

Fitur pesan massal WhatsApp Business memungkinkan perusahaan mengirim pesan ke sejumlah kontak sekaligus. Ini sangat berguna untuk menginformasikan produk baru, promosi, atau pengumuman penting kepada pelanggan sekaligus.

Baca juga: Memanfaatkan WhatsApp Business API untuk Middle of The Funnel (MOFU)

Cara Tingkatkan Brand Awareness dengan WhatsApp Business

1. Sajikan Konten Menarik

Pertama-tama, pastikan konten yang disajikan melalui WhatsApp Business menarik perhatian. Gunakan gambar, video, dan teks yang informatif dan kreatif. Misalnya, jika Anda memiliki promo khusus, tampilkan gambar menarik yang menunjukkan nilai promosi tersebut.

2. Kirim Informasi Berkala

Gunakan status WhatsApp Business untuk mengirimkan informasi berkala kepada kontak Anda. Misalnya, jika Anda memiliki produk baru atau sedang mengadakan acara spesial, informasikan melalui status. Hal ini akan membantu pengguna WhatsApp tetap terinformasi tentang perkembangan terbaru dari bisnis Anda.

3. Gunakan Fitur Pesan Massal dengan Bijak

Pengiriman pesan massal dapat sangat efektif jika digunakan dengan bijak. Jangan mengirim pesan terlalu sering dan pastikan pesan yang dikirim relevan bagi penerima. Jika Anda memiliki promosi eksklusif, berikan tawaran tersebut kepada mereka yang benar-benar tertarik.

4. Aktif Berinteraksi dengan Konsumen

Jangan hanya mengirim pesan tanpa berinteraksi dengan konsumen. Balaslah pesan dari konsumen dengan cepat dan ramah. Berinteraksi dengan konsumen akan memberikan kesan positif dan membuat mereka merasa dihargai.

5. Gunakan Fitur Layanan Pelanggan

WhatsApp Business juga memiliki fitur layanan pelanggan yang memungkinkan konsumen menghubungi Anda untuk pertanyaan atau bantuan. Gunakan fitur ini dengan baik untuk memberikan layanan yang baik kepada konsumen. Hal ini akan meningkatkan citra merek Anda sebagai bisnis yang peduli terhadap kebutuhan konsumen.

6. Promosikan QR Code WhatsApp

Promosikan QR code WhatsApp bisnis Anda di berbagai media, seperti situs web, media sosial, atau brosur. QR code ini memudahkan konsumen untuk menghubungi Anda langsung melalui WhatsApp.

7. Ajak Konsumen Berpartisipasi

Ajak konsumen untuk berpartisipasi dalam konten atau kampanye khusus melalui WhatsApp. Misalnya, Anda dapat mengadakan kontes atau giveaway yang melibatkan konsumen untuk mengirimkan pesan atau berbagi konten. Hal ini akan meningkatkan interaksi dan memperluas jangkauan merek Anda.

Baca juga: Inilah Cara Membuat Auto Reply WhatsApp Business

Gunakan WhatsApp Business API dari Ivosights untuk Tingkatkan Brand Awareness Anda!

WhatsApp Business adalah alat yang efektif untuk meningkatkan brand awareness secara mudah. Dengan fitur-fitur yang memungkinkan komunikasi langsung, perusahaan dapat dengan mudah membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen dan menginformasikan produk atau layanan mereka. Dengan menerapkan langkah-langkah yang tepat, brand awareness dapat ditingkatkan dengan efisien melalui WhatsApp Business.

Tetapi penting juga untuk memilih provider WhatsApp Business yang tepat. Karena provider WhatsApp Business juga menentukan keandalan aplikasi WhatsApp Business Anda. Seperti halnya Ivosights yang sudah bermitra dengan Meta sejak tahun 2021, hingga kini Ivosights sudah menjadi penyedia WhatsApp Business API terpercaya. Menggunakan WhatsApp Business API dari Ivosights sudah tentu Anda akan mendapatkan dukungan pelanggan. Jika Anda tertarik, atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi tim Ivosights segera!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami