Semua Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mendaftar WhatsApp Business API

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 07 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstrock

"Kenali beberapa fakta dan informasi berikut ini sebelum memutuskan mendaftarkan bisnis Anda pada WhatsApp Business API."

Apabila Anda bekerja di ranah bisnis, Anda pasti mengetahui betapa pentingnya pengelolaan contact center yang baik untuk keberlangsungan operasional bisnis. Dengan memiliki sistem contact center yang komprehensif, perusahaan dapat memberikan pelayanan terbaik pada pelanggannya. Salah satu platform yang dapat digunakan brand untuk mengelola contact center adalah WhatsApp Business API

Apa yang Dimaksud dengan WhatsApp Business API?

Selain menyediakan aplikasi pesan instan untuk komunikasi personal, Meta juga menyediakan WhatsApp Business, platform pengelolaan operasional bisnis. Platform WhatsApp Business menyediakan berbagai fitur yang dapat memfasilitasi interaksi dengan pelanggan dan efektifkan proses transaksi. Terdapat dua jenis WhatsApp Business, yaitu WhatsApp Business standar dan WhatsApp Business API. Di antara kedua platform ini, terdapat beberapa perbedaan signifikan. WhatsApp Business API diperuntukkan untuk bisnis berskala menengah dan besar, juga memiliki legalitas bisnis. Dikarenakan fitur yang tersedia pada WhatsApp Business API lebih cocok dimanfaatkan bisnis besar untuk berkembang. Sementara bagi pebisnis yang masih merintis, Anda dapat menggunakan WhatsApp Business biasa. 

Manfaat Penggunaan WhatsApp Business API

Terdapat berbagai manfaat yang dapat dirasakan pengguna WhatsApp Business API, yaitu sebagai berikut:

  • Verifikasi Akun WhatsApp Business

WhatsApp Business API menyediakan fasilitas verifikasi akun dengan green thick atau centang hijau. Sehingga, pengguna platform ini dapat meminimalisir kasus penipuan yang mengatasnamakan bisnis. Pelanggan pun dapat berinteraksi dengan akun yang kredibilitasnya sudah terjamin,

  • Integrasi CRM

API (Application Programming Interface) pada WhatsApp Business API mengacu pada sistem integrasi akun dengan perangkat lainnya, salah satunya dengan software CRM (customer relationship management). Integrasi kedua platform ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan hubungan dan interaksi positif secara lebih maksimal lagi.

  • Didukung oleh Bot

WhatsApp Business API juga didukung oleh bot, atau teknologi berbasis  artificial intelligence (AI). Dengan dukungan bot, pelanggan dapat berkomunikasi dan mendapatkan informasi tanpa perlu berinteraksi dengan agen manusia.

  • Informasi Tersebar dengan Efektif

WhatsApp Business API didukung juga dengan fitur WhatsApp Blast, fitur penyebaran pesan secara masif atau biasa dikenal sebagai broadcast message. Berbeda dengan WhatsApp Business standar, WhatsApp Business API tidak memiliki batasan kontak untuk mengirim pesan. Sehingga, perusahaan dapat menyebarkan informasi mengenai produk, tawaran diskon, kampanye, atau promosi acara kepada jangkauan yang luas.

  • Sistem Laporan yang Mudah Diakses

WhatsApp Business API menyediakan fitur real-time dashboard & reporting, yaitu status pengiriman pesan (sent, delivered, read, failed). Sehingga, perusahaan dapat menganalisis performa platform dan alur pengiriman pesan yang jelas dan terkontrol.

Baca Juga: Ciri Perusahaan yang Membutuhkan Akun Whatsapp Business API!

Syarat dan Ketentuan untuk Bergabung dengan WhatsApp Business API

Terdapat beberapa syarat yang dipenuhi untuk dapat bergabung dengan WhatsApp Business API, yaitu sebagai berikut:

  • Legalitas Bisnis

WhatsApp Business API hanya diperuntukkan untuk bisnis yang memiliki legalitas CV atau PT. CV merupakan Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT singkatan dari perseroan terbatas.

  • Kepemilikan Situs Web dan E-Mail

Perusahaan perlu memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya seperti [email protected].

  • ID Facebook Business Manager

Bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. Apabila Anda memiliki kesulitan untuk mencari nomor unik, cek cara menemukannya di sini

  • Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy

Persyaratan selanjutnya, jenis bisnis perlu sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy. Untuk penjelasan lengkapnya, dapat dilihat di sini

  • Menghubungi WhatsApp Business Solution Provider

Setelah persyaratan-persyaratan sebelumnya dilengkapi, Anda dapat menghubungi WhatsApp Business Solution Provider atau pihak ketiga WhatsApp yang dapat membantu Anda melakukan proses pendaftaran. Tak hanya itu, Anda juga dapat menerima asistensi dan dukungan teknis, juga operasional bisnis lainnya.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa WhatsApp Business API Ampuh Tingkatkan Brand Loyalty! 

Berminat Optimalisasi Komunikasi Bisnis? WhatsApp Business API dari Ivosights Solusinya!

Ivosights, partner resmi WhatsApp Business API di Indonesia menyediakan WhatsApp Business API yang komprehensif untuk digunakan pebisnis. Pada platform tersebut, terdapat dashbor pengiriman pesan yang lengkap, integrasi dasbor CRM tools, juga sistem laporan yang dapat diakses secara mudah. Ivosights menyediakan sistem perhitungan yang jelas dan dapat menguntungkan bisnis Anda. Tertarik? Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami