Seberapa Penting WhatsApp Business API Bagi Pemilik Usaha? 

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 23 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp business. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp business. Shutterstock.

"Penggunaan WhatsApp Business API sangat penting bagi perusahaan, ketahui selengkapnya disini!"

Dalam era digital yang terus berkembang, berkomunikasi dengan pelanggan dan menjaga hubungan baik dengan mereka merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam mencapai kesuksesan bisnis. Salah satu alat yang telah mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan adalah WhatsApp Business API. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi seberapa penting WhatsApp Business API bagi perusahaan dan bagaimana penggunaannya dapat membantu meningkatkan kinerja bisnis.

Apa Itu WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API adalah aplikasi yang digunakan pelaku bisnis untuk mendukung komunikasi bisnis yang efisien dan efektif dengan pelanggan. Fungsi WhatsApp Business API ini dikhususkan untuk kepentingan komersial melayani pelanggan dan bukan untuk kepentingan pribadi atau pribadi. WhatsApp Business API ini juga merupakan platform yang memungkinkan perusahaan untuk mengirim pesan, menerima pesan, dan menjalankan kampanye pemasaran melalui WhatsApp.

WhatsApp API menggunakan API atau Application Programming Interface, yaitu rangkaian kode yang dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi, sistem, atau fitur lain yang terintegrasi ke dalam WhatsApp. Biasanya, perusahaan dengan skala menengah dan besar menggunakan WhatsApp Business API sebagai solusi untuk menjangkau lebih banyak pelanggan bahkan di seluruh dunia.

Baca Juga: Simak Pengertian WhatsApp Blast, Fungsi dan Manfaatnya!

Cara Menggunakan WhatsApp Business API

  • Daftarkan dan Verifikasi Bisnis Anda 

Langkah pertama adalah mendaftarkan bisnis Anda ke WhatsApp Business API. Anda perlu memverifikasi bisnis Anda untuk memastikan keamanan dan kepercayaan pelanggan Anda.

  • Hubungkan ke API

Setelah bisnis Anda diverifikasi, Anda dapat terhubung ke WhatsApp Business API. Pada bagian ini, Anda akan memerlukan kode API yang disediakan oleh WhatsApp.

  • Personalisasikan Pesan Anda

Setelah dua langkah di atas sudah selesai, sekarang saatnya mempersonalisasi pesan Anda. Buatlah pesan sambutan atau selamat datang yang ramah dan informatif. 

Apakah WhatsApp Business API Gratis? 

WhatsApp Business API tidak gratis. WhatsApp membebankan biaya untuk penggunaan API ini, yang dapat bervariasi tergantung pada volume penggunaan dan negara Anda. Meskipun bukan layanan gratis, banyak perusahaan menganggap biaya yang dikeluarkan sebanding dengan manfaat yang diberikan oleh WhatsApp Business API ini dalam meningkatkan hubungan pelanggan dan memperluas jangkauan bisnis mereka.

Perbedaan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Business API

Perbedaan utama antara WhatsApp biasa dan WhatsApp Business API terletak pada fungsionalitas tambahan yang ditawarkan. WhatsApp Business API dirancang khusus untuk bisnis besar dan/atau berkembang. Layanan ini dirancang untuk perusahaan besar yang menerima pesan dalam jumlah besar yang tidak dapat lagi ditangani oleh WhatsApp Business. Penggunaan layanan ini sebenarnya membutuhkan kesepakatan teknis lainnya, tidak seperti WhatsApp Business biasa yang hanya membutuhkan pendaftaran secara umum.

Versi ini menawarkan fitur yang sangat istimewa, canggih, dan unik, yang dioptimalkan untuk lingkungan profesional. Anda tidak akan menemukan fitur ini di WhatsApp Business. Salah satu fitur menonjol yang dimiliki oleh WhatsApp Business API ini adalah kemampuan untuk menambahkan tanda centang hijau ke profil WhatsApp untuk memverifikasi bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan yang sah dan terpercaya. 

WhatsApp Business dapat diunduh dengan gratis dan memungkinkan Anda untuk membuat akun sendiri, menggunakan nomor ponsel atau telepon rumah. Sedangkan pada WhatsApp Business API dapat diperoleh dengan cara yang berbeda. Setiap bisnis atau perusahaan yang ingin menerima layanan yang disediakan oleh WhatsApp Business API harus meminta atau mengontrak layanan dari penyedia solusi bisnis dan mitra WhatsApp.  

Keamanan saat menggunakan WhatsApp Business API, terutama keamanan data yang dimiliki oleh pengguna menjadi prioritas utama.  WhatsApp Business API memiliki berbagai lapisan keamanan, termasuk enkripsi end-to-end untuk melindungi pesan yang dikirim. Namun, perusahaan juga perlu mengambil langkah-langkah tambahan untuk memastikan bahwa akses ke API ini terbatas hanya kepada orang-orang yang berwenang.

Baca Juga: Meningkatkan Layanan Pelanggan Dengan Bot Chat WhatsApp

Alasan Pentingnya Penggunaan WhatsApp Business API Bagi Perusahaan 

Alasan perusahaan memerlukan WhatsApp Business API adalah karena ada berbagai manfaat menggunakan aplikasi yang dirancang khusus untuk bisnis ini. 

  • Kemudahan dalam Berkomunikasi

WhatsApp Business API memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung dan cepat melalui platform. Hal ini tentu memudahkan pelanggan untuk mengajukan pertanyaan, memesan produk atau layanan, dan mendapatkan tanggapan yang instan dari perusahaan. 

  • Personalisasi Pesan 

Perusahaan dapat menggunakan fitur WhatsApp Business API untuk mengirim pesan yang disesuaikan dengan setiap pelanggan. Hal ini membantu dalam membangun hubungan yang lebih dekat dan personal dengan pelanggan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan loyalitas mereka. 

  • Pengiriman Pesan Otomatis 

Dengan WhatsApp Business API, perusahaan dapat mengatur pesan-pesan otomatis untuk menjawab pertanyaan umum atau memberikan informasi penting. Hal ini tentu menghemat waktu dan tenaga yang dapat digunakan perusahaan untuk fokus pada aspek-aspek lain dari bisnis mereka. 

  • Analisis yang Mendalam 

Fitur WhatsApp Business API menyediakan analisis yang mendalam tentang bagaimana pesan-pesan diterima dan dibaca oleh pelanggan. Ini membantu perusahaan untuk memahami perilaku pelanggan dan membuat strategi komunikasi yang lebih efektif. 

  • Dukungan Multibahasa

WhatsApp Business API mendukung banyak bahasa, sehingga perusahaan dapat berkomunikasi dengan pelanggan di berbagai wilayah atau negara tanpa hambatan bahasa. Tentu ini memperluas jangkauan perusahaan secara global. 

  • Keamanan Data

Keamanan data pelanggan adalah prioritas utama WhatsApp Business API. Semua pesan dan informasi pelanggan disimpan dengan aman dan terenkripsi, menjaga privasi pelanggan. 

  • Integrasi Mudah

WhatsApp Business API dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem perusahaan yang sudah ada, seperti sistem manajemen pelanggan (CRM) atau sistem e-commerce. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola semua interaksi pelanggan mereka dari satu tempat.

Baca Juga: Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan WhatsApp Business

  • Notifikasi Penting

Perusahaan dapat menggunakan WhatsApp Business API untuk mengirim notifikasi penting, seperti konfirmasi pesanan atau pembaruan status pengiriman. Hal ini membantu pelanggan tetap terinformasi secara real-time.

  • Pertumbuhan Bisnis

Dengan memanfaatkan semua manfaat WhatsApp Business API, perusahaan dapat mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam bisnis mereka. Ini membuka peluang baru dan meningkatkan kehadiran online mereka.

  • Responsif terhadap Pelanggan

Fitur-fitur WhatsApp Business API memungkinkan perusahaan untuk menjadi lebih responsif terhadap pelanggan, yang dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

  • Kepercayaan Pelanggan

Ketika pelanggan merasa bahwa mereka dapat dengan mudah menghubungi perusahaan melalui WhatsApp Business API, ini dapat meningkatkan tingkat kepercayaan mereka terhadap merek tersebut.

Dapatkan WhatsApp Business API untuk Bisnis Anda Melalui Ivosights!

Sebagai salah satu penyedia solusi bisnis terpercaya sejak tahun 2021, Ivosights dapat menjadi partner Anda dalam mendapatkan platform WhatsApp Business API. Berbeda dari WhatsApp Business konvensional, WhatsApp Business API menawarkan sejumlah keunggulan. Misalnya, Anda dapat menggunakan satu nomor Whatsapp saja untuk dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam jumlah unlimited.

Anda juga dibebaskan dalam menyesuaikan profil bisnis Anda. Tak hanya itu, bisnis akan lebih dipercayai oleh pelanggan karena memiliki verifikasi centang hijau dari META. WhatsApp Business API juga mendukung integrasi dengan sistem CRM, menyediakan manajemen database, dan memberi Anda kebebasan untuk mempersonalisasi pesan serta melakukan sinkronisasi riwayat percakapan secara otomatis. Jangan ragu untuk menghubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut mengenai platform ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami