Meningkatkan Layanan Pelanggan Dengan Bot Chat WhatsApp

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 30 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.

"Bot chat WhatsApp merupakan program kecerdasan buatan AI (artificial intelligence) yang dimiliki oleh WhatsApp Business API."

Ingin memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan Anda? Chatbot merupakan salah satu teknologi terbaik yang bisa digunakan bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan. Salah satunya Bot Chat WhatsApp yang memungkinkan bisnis untuk memberikan pengalaman pelanggan yang tak terlupakan, sehingga mampu meningkatkan layanan pelanggan.

Apa Itu Bot Chat WhatsApp?

Bot chat WhatsApp merupakan program kecerdasan buatan AI (artificial intelligence) yang dimiliki oleh WhatsApp Business API. Dengan sistem ini, Anda dapat meningkatkan interaksi pelanggan dengan komunikasi dua arah secara real-time. Anda pun dapat menggunakan WhatsApp bisnis chatbot untuk menyelesaikan dan menjawab pertanyaan dari pelanggan Anda.

Manfaat Bot Chat WhatsApp

#1 Menghemat waktu dan biaya operasional

Sebagai asisten virtual, bot chat mampu menyelesaikan masalah sederhana pelanggan secara otomatis, bahkan dapat merespon banyak pelanggan dalam satu waktu. Anda pun dapat mengurangi pengeluaran biaya operasional, seperti biaya telepon dan gaji karyawan.

#2 Melayani pelanggan 24/7

Sistem ini akan bekerja non-stop. Hal ini tentu dapat membantu bisnis untuk menyediakan layanan pelanggan yang maksimal tanpa ada batasan waktu, bahkan ketika agen sedang tidak tersedia sekalipun.

#3 Keamanan terjamin

Semua informasi atau data yang terjadi dalam percakapan hanya dapat diakses oleh kedua pihak yang terlibat. Bahkan, pihak WhatsApp ataupun Facebook tidak bisa mengakses percakapan tersebut.

#4 Menjalin kedekatan dengan pelanggan

Memungkinkan Anda dan pelanggan untuk melakukan komunikasi dua arah secara real-time. Meskipun sistem chatbot dijalankan oleh mesin, tetapi isi percakapan bisa dibuat senatural mungkin, layaknya berinteraksi dengan manusia.

#5 Meningkatkan penjualan

Dengan membantu menyelesaikan permintaan pelanggan dalam waktu cepat akan menciptakan customer experience lebih baik. Sistem ini juga membuka kesempatan pelanggan untuk melakukan transaksi yang lebih besar. Dimana chatbot akan secara otomatis meneruskan permintaan sulit untuk segera ditangani oleh tim support.  

#6 Meminta feedback dari pelanggan

Bot chat WhatsApp dapat dimanfaatkan untuk meminta feedback berupa masukan dari pelanggan. masukan tersebut dapat digunakan untuk memahami pelanggan serta menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun strategi bisnis.

Cara Membuat Bot Chat WhatsApp

#1 Pastikan akun WhatsApp API Anda sudah terdaftar

Langkah pertama adalah Anda harus memastikan bahwa akun WhatsApp Anda telah terdaftar sebagai akun WhatsApp API. Pasalnya, fitur chatbot WA hanya dapat diperoleh dan digunakan dengan WhatsApp API resmi. Apabila Anda belum memiliki akun WhatsApp API, bisa mendaftarkan bisnis Anda ke Ivosights, official business partner of WhatsApp API.

#2 Desain alur percakapan Bot Chat WhatsApp

Setelah memiliki akun WhatsApp Business API, Anda dapat melanjutkan dengan mendesain alur percakapan yang akan digunakan pada bot chat WA Anda. Buatlah jawaban bot dari pertanyaan yang kerap diajukan pelanggan. Setelah itu, submit template tersebut pada sistem Ivosights.

#3 Lakukan uji coba Bot Chat WhatsApp

Langkah terakhir adalah lakukan uji coba chatbot WhatsApp yang Anda buat sebelum dioperasikan untuk pelanggan. Apabila chatbot memberikan jawaban seperti yang Anda inginkan, artinya chatbot WahtsApp siap digunakan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami