5 Alasan Mengapa WhatsApp Business Sangat Cocok untuk Telesurvey

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 14 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"Telesurvey memiliki peranan besar dalam membantu meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan WhatsApp Business, Anda dapat mengatur pesan otomatis"

Dalam praktiknya, perusahaan memiliki beberapa waktu tertentu untuk mengevaluasi tingkat kepuasaan pelanggan mereka. Hal ini diperuntukkan agar perusahaan dapat meningkatkan kinerja karyawan dan kualitas produk atau layanan jasa yang ditawarkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan kegiatan telesurvey. Kegiatan yang satu ini sangat berfungsi untuk menilai kepuasan pelanggan. WhatsApp Business adalah aplikasi yang bisa membantu perusahaan atau bahkan pebisnis dengan usaha kecil-kecilan untuk lebih mudah berinteraksi dengan pelanggan. Penjualan juga bisa lebih terkoordinir dengan baik menggunakan aplikasi ini karena penjual bisa fokus dengan pelanggan karena aplikasi ini berbeda dengan aplikasi WhatsApp biasa. Namun, apakah kegiatan telesurvey bisa dilakukan menggunakan WhatsApp Business? Yuk, simak penjelasannya disini!

Apa Itu Telesurvey

Telesurvey merupakan suatu kegiatan dimana agen perusahaan akan mencari atau melakukan survei kepada pelanggan untuk mendapatkan tingkat kepuasan mereka terhadap suatu produk atau layanan jasa perusahaan dengan menggunakan panggilan telepon. Kegiatan yang satu ini biasanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu sebagai bahan evaluasi perusahaan.

Telesurvey akan dilakukan hanya dalam beberapa menit karena kegiatan ini memiliki batasan waktu yang cukup ketat. Responden akan ditanyakan beberapa pertanyaan yang menyangkut produk atau layanan jasa perusahaan yang nantinya akan dinilai apakah jawaban tersebut bisa menjadi penilaian yang harus mengubah beberapa hal di dalam perusahaan atau tidak.

Baca Juga: Begini Cara Membuat WhatsApp Business untuk Bisnis Online-mu

WhatsApp Business

Siapa yang tidak mengenal aplikasi WhatsApp? Aplikasi yang satu ini memiliki banyak pengguna yang menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi utama untuk berkomunikasi baik melalui pesan teks, suara, maupun panggilan video. Di Indonesia sendiri aplikasi ini memiliki banyak sekali pengguna dan menjadi salah satu aplikasi terbanyak yang digunakan baik dalam kalangan muda maupun tua.

WhatsApp memiliki banyak varian aplikasi lain, salah satunya adalah WhatsApp Business. Aplikasi WhatsApp Business juga menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh pebisnis atau pengusaha dalam menjalani usaha mereka. WhatsApp Business juga dijadikan andalan dalam melakukan penjualan secara daring tanpa mengandalkan e-commerce.

Singkatnya, WhatsApp Business memiliki banyak fungsi yang bisa memudahkan penjual dan pebisnis dalam menjalankan usahanya. Aplikasi ini juga membuat kemudahan untuk pelanggan karena dengan WhatsApp Business, pelanggan juga lebih percaya dengan penjualan daring tanpa takut tertipu karena WhatsApp Business memiliki detail lengkap yang harus diisi oleh penjual seperti nama bisnis, jenis usaha, alamat email, dan lain-lain.

Telesurvey dengan WhatsApp Business

Beberapa dari Anda mungkin bingung bagaimana cara kegiatan telesurvey bisa dilakukan dengan menggunakan WhatsApp Business karena kegiatan ini tentunya akan sangat berbeda jika dilakukan dengan panggilan telepon dan menggunakan aplikasi. WhatsApp Business memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan telesurvey. Apa saja? Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan adalah fitur pengatur pesan otomatis. Fitur ini sangat berguna untuk melakukan telesurvey sehingga jika pelanggan membalas pertanyaan survei, mereka akan langsung mendapatkan pertanyaan lainnya sehingga waktu yang dihabiskan menjadi lebih singkat.

Mari kita bahas lebih lanjut tentang beberapa alasan lainnya mengapa WhatsApp Business sangat cocok untuk kegiatan telesurvey:

  • Biaya yang Dikeluarkan Lebih Murah

Seperti yang kita ketahui, kegiatan telesurvey memiliki pengeluaran yang tidak sedikit. Biaya telepon konvensional yang digunakan untuk kegiatan ini mengharuskan perusahaan untuk membatasi waktu interaksi agen telesurvey dengan pelanggan untuk menghindari naiknya biaya jika dilakukan terlalu lama. Selain itu, agen telesurvey juga harus melakukan beberapa pelatihan sebelum menjadi agen telesurvey dan biaya yang dikeluarkan untuk pelatihan tersebut juga tidak murah.

Sedangkan, jika perusahaan memanfaatkan aplikasi WhatsApp Business, biaya yang dikeluarkan akan lebih murah. Hal ini karena aplikasi WhatsApp Business merupakan aplikasi yang memiliki banyak fitur dan langsung akan didapatkan begitu membayar aplikasi ini. Selain itu, melakukan telesurvey dengan WhatsApp Business juga tidak diperlukan banyak agen khusus untuk melakukannya karena bisa dilakukan oleh siapa saja.

  • Menghemat Waktu

Kegiatan telesurvey akan menghabiskan banyak waktu untuk melakukan panggilan kepada responden. Hal ini dikarenakan setiap agen telesurvey harus menghubungi responden satu per satu dalam sehari dan waktu yang dihabiskan akan lebih panjang jika pelanggan yang mereka telepon tidak memberikan jawaban. Ini bisa menjadi masalah dan sangat membuang-buang waktu.

Namun, jika perusahaan mengganti kegiatan telesurvey dengan WhatsApp Business, akan sangat menghemat waktu. Hal ini karena WhatsApp Business memiliki fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan pesan secara langsung kepada banyak orang dalam satu waktu. Sehingga kegiatan telesurvey ini bisa berjalan lancar dan sangat menghemat waktu.

  • Lebih Dipercaya oleh Pelanggan

Panggilan telesurvey sebenarnya pada zaman sekarang sudah terlalu ketinggalan zaman. Selain itu, banyaknya penipuan secara daring membuat banyak orang menjadi lebih berhati-hati dan was-was dalam mengangkat telepon dari nomor yang tidak mereka kenal. Hal ini menjadi sedikit masalah karena perusahaan sangat bergantung pada kegiatan telesurvey yang melakukan panggilan langsung kepada pelanggan.

Tidak perlu khawatir karena WhatsApp Business bisa menjadi andalan baru untuk telesurvey. Aplikasi ini memiliki pengaturan dimana perusahaan atau pengusaha yang ingin mendaftarkan nomor untuk WhatsApp Business harus memiliki nama bisnis, detail tentang usaha yang dijalani, nomor telepon, hingga alamat bisnis tersebut. Dengan begini, pelanggan tentu akan lebih mempercayai kegiatan telesurvey hanya dengan melihat detail dari nomor WhatsApp Business perusahaan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh dengan WhatsApp Business Solution Provider

  • Memberikan Pengalaman Baru Kepada Pelanggan

Pelanggan biasanya sudah bosan dengan kegiatan telesurvey yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan menggunakan WhatsApp Business, perusahaan dapat memberikan pengalaman baru kepada pelanggan dengan memberikan survei secara online yang bisa mereka isi sesuai dengan waktu luang yang dimiliki.

  • Memiliki Banyak Fitur

Seperti yang sudah kita bahas secara singkat di atas, kegiatan telesurvey menggunakan WhatsApp Business bisa berjalan lancar karena aplikasi yang satu ini memiliki banyak fitur yang bisa perusahaan manfaatkan seperti pemberian katalog, salam pembuka otomatis, dan lain-lain.


Apakah perusahaan atau bisnis Anda memerlukan WhatsApp Business untuk melancarkan usaha tapi Anda malas untuk ribet-ribet? Serahkan saja pada Ivosights! Perusahaan kami menawarkan layanan jasa untuk pembuatan WhatsApp Business API yang tentunya sangat bermanfaat untuk kelancaran usaha Anda. Tunggu apalagi? Yuk, hubungi call center kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami