Implementasi WhatsApp Blast di Industri Perhotelan dan Pariwisata

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Senin, 25 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.

"WhatsApp Blast merupakan strategi penyebaran informasi efisien untuk bisnis yang bergerak di industri perhotelan dan pariwisata. Simak ulasannya di sini!"

Indonesia memiliki beragam objek wisata mulai dari Sabang hingga Merauke, menjadikannya sebagai salah satu destinasi pariwisata terkemuka. Oleh karena itu, industri pariwisata di Indonesia dianggap sebagai salah satu sektor yang menjanjikan. Para pelaku bisnis di sektor ini, seperti hotel, agen perjalanan, dan pemandu wisata, berusaha untuk memberikan pengalaman positif kepada pelanggan dan menawarkan layanan terbaik sebagai kunci keberhasilan bisnis mereka. Salah satu strategi yang dapat digunakan dalam industri pariwisata adalah dengan memanfaatkan WhatsApp Blast sebagai fasilitas penyebaran informasi.

Apa itu WhatsApp Blast?

WhatsApp Blast merupakan salah satu fitur unggulan dari WhatsApp Business yang memungkinkan para pelaku bisnis untuk menyebarkan informasi atau pesan secara langsung kepada banyak orang. Meskipun konsepnya mirip dengan broadcast message biasa, terdapat perbedaan signifikan yang perlu diperhatikan. Pada akun WhatsApp Business standar, pelaku bisnis hanya dapat mengirim pesan ke maksimal 256 kontak, dengan jumlah agen atau admin yang dibatasi. Karenanya, jenis akun ini lebih cocok digunakan oleh bisnis dengan skala kecil.

Namun, bagi bisnis yang lebih besar dan telah memiliki legalitas resmi, WhatsApp Blast dapat diakses tanpa batas kontak melalui akun WhatsApp Business API (Application Programming Interface). Berbeda dengan akun standar, akun API memungkinkan integrasi dengan platform lain untuk memperluas jangkauan interaksi dengan pelanggan. Dengan menggunakan WhatsApp Business API, pelaku bisnis di sektor perhotelan dan pariwisata dapat menyebarkan informasi dengan cepat dan efisien. Dengan strategi pemasaran yang tepat, konten yang disampaikan melalui WhatsApp Blast memiliki potensi untuk meningkatkan penjualan produk dan profit perusahaan.

Baca Juga: WhatsApp Business vs Whatsapp Business API, Apa Bedanya? 

Implementasi WhatsApp Blast untuk Mengoptimalkan Komunikasi

Dalam industri perhotelan dan pariwisata, para pelaku bisnis memiliki sejumlah opsi strategis yang dapat diimplementasikan melalui fitur WhatsApp Blast. Berikut adalah beberapa inisiatif yang dapat diterapkan untuk memaksimalkan manfaat dari fitur tersebut:

  • Promosi Acara

Industri perhotelan dan pariwisata kerapkali menyelenggarakan acara yang tematik dan disesuaikan dengan musim atau perayaan terkini. Seperti acara perayaan Natal dan tahun baru, spesial edisi Ramadhan, atau hari Valentine. Acara ini diharapkan dapat menarik perhatian pelanggan untuk menggunakan produk dan layanan yang ditawarkan para pebisnis. Apabila hanya mengandalkan media sosial saja, informasi ini seringkali tidak terlalu dihiraukan. Oleh karena itu, pebisnis dapat menggunakan fitur WhatsApp Blast untuk menyebarkan informasi ini.

  • Penawaran Produk dan Layanan

Ketika waktu peak season seperti tahun baru, hari raya, atau libur sekolah, industri pariwisata dan perhotelan akan menerima keuntungan yang tinggi. Sebaliknya, ketika low season, industri ini perlu menyusun strategi terbaru untuk mempertahankan profit. Salah satu caranya adalah dengan memberikan diskon atau tawaran yang menguntungkan kedua pihak, pelanggan dan pebisnis. Penyebaran informasi mengenai hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan WhatsApp Blast.

  • Feedback dan Survei

Industri pariwisata dan perhotelan mengedepankan kepuasan pelanggan sebagai parameter kesuksesan bisnis. Akan tetapi, untuk menghimpun opini pelanggan terhadap apa yang ditawarkan terkadang sulit untuk dilakukan. Perusahaan dapat menggunakan WhatsApp Blast untuk mengetahui hal tersebut. Perusahaan dapat melakukan penyebaran survei atau feedback. Kritik ataupun saran yang bersifat konstruktif dalam membantu perusahaan untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan produk dan layanan yang sudah mereka miliki sekarang.

  • Reminder Pesanan

WhatsApp Blast dapat pula digunakan untuk memberikan pesan pengingat pada pelanggan. Seperti mengingatkan paket perjalanan yang dipilih, mengingatkan janji temu, atau mengingatkan hasil booking kamar di hotel yang telah dipesan. Dengan melakukan hal ini, perusahaan dapat menghindari keterlambatan atau kendala yang kemungkinan muncul di kemudian hari.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa WhatsApp Business API Ampuh Tingkatkan Brand Loyalty! 

Apa Saja Syarat dan Ketentuan Pengoperasian WhatsApp Blast?

Untuk dapat mengoperasikan WhatsApp Blast, pelaku bisnis perlu mendaftarkan bisnisnya ke WhatsApp Business API. Terdapat beberapa persyaratan dan ketentuan yang perlu dilengkapi, yaitu sebagai berikut:

  • Legalitas Bisnis

WhatsApp Business API hanya diperuntukkan untuk bisnis yang memiliki legalitas CV atau PT. CV merupakan Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT singkatan dari perseroan terbatas.

  • Kepemilikan Situs Web dan E-Mail

Perusahaan perlu memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya seperti [email protected].

  • ID Facebook Business Manager

Bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. Apabila Anda memiliki kesulitan untuk mencari nomor unik, cek cara menemukannya di sini: Find your business ID

  • Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy

Persyaratan selanjutnya, jenis bisnis perlu sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy. Untuk penjelasan lengkapnya, dapat dilihat di tautan berikut ini: https://business.whatsapp.com/policy 

  • Menghubungi WhatsApp Business Solution Provider

Anda dapat menghubungi WhatsApp Business Solution Provider. Salah satunya adalah Ivosights, partner resmi layanan WhatsApp Business API di Indonesia.

Tertarik Menggunakan WhatsApp Blast Untuk Optimalisasi Komunikasi? Segera Hubungi Ivosights!

WhatsApp Business API menyediakan beragam jenis fitur yang dapat menunjang operasional bisnis Anda, salah satunya adalah WhatsApp Blast. Dengan Ivosights, Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda untuk bergabung pada WhatsApp Business API. Ivosights merupakan business provider solution di Indonesia yang menyediakan perhitungan yang lebih jelas dan menguntungkan bagi bisnis Anda. Platform ini juga dilengkapi dengan dashboard WhatsApp Business yang lengkap untuk pengiriman pesan, integrasi dashboard CRM, juga laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami