Penerapan Sistem IP Telephony untuk Layanan Kesehatan Mental

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 07 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Penerapan sistem IP Telephony dalam layanan kesehatan mental dapat membuka akses yang lebih baik dan efisiensi dalam memberikan dukungan yang dibutuhkan"

Seiring dengan perkembangan mindset publik terkait pentingnya kestabilan mental, kini layanan kesehatan mental menjadi sebuah aspek kritis yang menjadi sorotan demi kesejahteraan individu dan masyarakat. Akan tetapi, akses publik menuju layanan kesehatan mental masih menjadi sebuah tantangan di berbagai belahan dunia. Mulai dari aspek keterbatasan fisik, stigma sosial, hingga kurangnya sumber daya sampai saat ini masih  menjadi beberapa faktor utama yang bisa menghambat publik untuk mengakses layanan kesehatan mental yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan teknologi baru untuk menghadapi tantangan semacam ini. Di antara inovasi teknologi yang kini berkembang, penerapan sistem IP Telephony menjadi salah satu alat yang efektif untuk mengatasi hambatan-hambatan yang telah disebutkan sebelumnya. Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk memahami pentingnya penerapan sistem IP Telephony untuk layanan kesehatan mental, mulai dari pengertian sistem IP Telephony, kegunaannya, hingga langkah demi langkah penerapan teknologi ini pada layanan kesehatan mental.

Apa Itu Sistem IP Telephony?

Sistem Telephony merupakan teknologi yang digunakan untuk melakukan komunikasi suara jarak jauh yang mencakup berbagai komponen yang memungkinkan pengiriman suara melalui jaringan telekomunikasi. Awalnya, sistem telephony tradisional menggunakan jaringan telepon kabel tembaga untuk mengirim sinyal suara antar pengguna telepon. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, teknologi ini juga terus berinovasi hingga menjadi satu hal yang terbarukan pula bernamakan sistem IP Telephony. Perbedaannya dengan sistem telephony tradisional adalah sistem IP Telephony dapat memungkinkan Anda untuk melakukan percakapan suara dengan menggunakan jaringan IP (Internet Protocol).

Dengan adanya sistem IP Telephony, kini muncul sebuah metode alternatif baru untuk melakukan percakapan suara tanpa perlu menggunakan telepon konvensional yang menggunakan kabel tembaga. Dengan kata lain, sistem IP Telephony merupakan sebuah teknologi yang dapat mengubah suara menjadi data digital yang dapat dikirim melalui jaringan IP (Internet Protocol) seperti panggilan suara yang menggunakan perangkat seperti komputer, smartphone, tablet, atau perangkat telepon IP khusus.

Kegunaan Sistem IP Telephony dalam Layanan Kesehatan Mental melalui Telemedicine

Terdapat sebuah fitur yang ditawarkan oleh sistem IP Telephony untuk menggunakan penggunaan teknologi telekomunikasi, seperti panggilan telepon atau video call, untuk memberikan layanan medis berjarak jauh. Fitur tersebut dinamakan dengan telemedicine. Telemedicine dalam penerapannya memanfaatkan infrastruktur sistem IP Telephony itu sendiri untuk menghubungkan pasien dengan penyedia layanan kesehatan tanpa harus bertemu secara fisik. Oleh karena itu, penggunaan telemedicine dalam sistem IP Telephony dapat sangat berguna bagi penyediaan layanan kesehatan mental.

  • Konsultasi Jarak Jauh

Dengan memanfaatkan fitur telemedicine dalam sistem IP Telephony, pasien dapat mengakses sesi konsultasi dengan profesional kesehatan mental dari mana saja, tanpa perlu mendatangi klinik atau rumah sakit. Hal ini sangat bermanfaat bagi pasien yang tinggal di daerah terpencil atau memiliki keterbatasan fisik yang membuatnya sulit bepergian.

  • Mengatasi Stigma

Sering kali stigma sosial menjadi hambatan bagi orang yang membutuhkan bantuan dari layanan kesehatan mental. Dengan melakukan konsultasi melalui sistem IP Telephony, maka pasien dapat menjaga anonimitasnya untuk mengatasi stigma tersebut. Nyatanya, hal ini juga bisa membuat lebih banyak orang merasa nyaman untuk mencari bantuan karena dapat menghindari stigma tersebut.

  • Konsultasi Darurat

Sistem IP Telephony juga memungkinkan penyedia layanan kesehatan mental untuk merespon kasus darurat dengan lebih cepat. Dalam situasi krisis, seorang pasien dapat segera menghubungi layanan darurat kesehatan mental melalui panggilan suara atau video.

Baca Juga: Inilah Kegunaan Premium Number untuk Layanan Kesehatan Mental

Langkah-Langkah Penerapan Sistem IP Telephony untuk Kesehatan Mental

  • Evaluasi Kebutuhan

Sebelum pihak layanan kesehatan mental ingin menerapkan sistem IP Telephony, terdapat beberapa evaluasi terkait kebutuhan yang diperlukan agar penerapannya dapat berjalan secara maksimal. Beberapa aspek yang perlu dievaluasi diantaranya adalah jenis layanan, kebutuhan teknologi, konektivitas internet, serta keamanan data.

  • Pilih Solusi IP Telephony yang Sesuai

Setelah mengevaluasi kebutuhan yang diperlukan, pihak layanan kesehatan mental dapat memilih solusi IP Telephony yang sesuai. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih IP Telephony yang sesuai dapat ditinjau dari tiga aspek, yaitu IP Telephony provider, perangkat keras, serta perangkat lunaknya.

  • Instalasi dan Konfigurasi

Setelah pihak layanan kesehatan mental memiliki perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi dan konfigurasi pada sistem IP Telephony layanan kesehatan mental, diantaranya melibatkan pemasangan perangkat, konfigurasi jaringan, serta pengaturan keamanan.

  • Pelatihan Staf

Pelatihan staf yang akan menggunakan sistem IP Telephony merupakan langkah yang penting. Pastikan staf layanan kesehatan mental memahami cara penggunaan sistem IP Telephony tersebut. Pelatihan ini melibatkan dua tahap, yakni pelatihan teknis dan pelatihan pengguna akhir.

  • Uji Coba dan Evaluasi

Sebelum memulai penerapan sistem IP Telephony untuk layanan kesehatan mental, sebaiknya pihak penyedia layanan melakukan uji coba menyeluruh untuk memastikan bahwa sistem IP Telephony dapat berfungsi dengan baik. Lalu, pastikan bahwa pihak penyedia layanan melakukan evaluasi berkelanjutan untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Ivosights sebagai Provider Terpercaya untuk Solusi Sistem IP Telephony Anda

Penerapan sistem IP Telephony dalam layanan kesehatan mental dapat membuka pintu bagi akses yang lebih baik dan efisiensi dalam memberikan dukungan yang dibutuhkan. Semakin banyak individu yang dapat mengakses layanan kesehatan mental melalui teknologi ini, maka semakin besar dampak positif penerapan sistem IP Telephony untuk layanan kesehatan mental pada masyarakat. Jika Anda juga ingin menjadi salah satu dari sekian orang yang ingin memberikan dampak positif serupa, maka Anda bisa mempercayakan teknologi IP Telephony Anda pada Ivosights. Sebagai provider terpercaya, Ivosights dapat memastikan Anda memiliki sistem IP Telephony yang berkualitas melalui layanan Sociomile, sebuah layanan contact center terlengkap yang menawarkan berbagai fitur yang tidak akan Anda dapatkan di layanan lainnya. Jika Anda tertarik, Anda dapat menghubungi tim Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami