7 Cara Menggunakan Teknik Marketing FOMO dengan WhatsApp Blast

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Kamis, 14 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Blast. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Blast. Shutterstock.

"Teknik marketing FOMO adalah teknik bisnis dengan cara memanfaatkan rasa takut ketinggalan, teknik ini dapat menggunakan WhatsApp Blast"

Dalam era pemasaran digital, teknik-teknik kreatif dan efektif sangat diperlukan untuk menarik perhatian pelanggan potensial. Salah satu teknik yang ada dan efektif adalah teknik marketing FOMO (Fear of Missing Out). Teknik ini memanfaatkan rasa takut pelanggan untuk melewatkan kesempatan unik dan menawarkan potensi yang besar. Teknik ini dapat Anda gunakan di media manapun. Seperti salah satu contohnya adalah di media WhatsApp. WhatsApp adalah aplikasi dengan jumlah pengguna yang sangat banyak, tercatat hingga kini pengguna WhatsApp di seluruh dunia sudah berjumlah 2 miliar lebih. WhatsApp juga menyediakan aplikasi versi untuk berbisnis, yaitu WhatsApp Business API. Dengan WhatsApp Business API Anda akan dimudahkan dalam berbisnis, terutama dengan fitur WhatsApp Blast. Dengan WhatsApp Blast Anda dapat menyebarkan kampanye-kampanye dagang yang efektif, salah satunya teknik marketing FOMO. Dengan begitu kampanye dagang Anda akan tersebar merata.

Apa itu Teknik Marketing FOMO?

Teknik marketing FOMO, singkatan dari "Fear of Missing Out" (Rasa Takut Ketinggalan), adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk memanfaatkan perasaan kehilangan atau ketertinggalan yang dialami oleh individu saat mereka merasa bahwa mereka melewatkan kesempatan atau pengalaman yang menarik. Teknik ini didasarkan pada psikologi manusia yang ingin merasa termasuk dan tidak ingin melewatkan sesuatu yang dianggap penting atau populer. Dalam konteks pemasaran, FOMO digunakan untuk menciptakan dorongan untuk segera mengambil tindakan, seperti membeli produk atau mengikuti penawaran, agar tidak melewatkan kesempatan tersebut.

Salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda menerapkan teknik marketing FOMO adalah WhatsApp Business API, fitur yang dapat mendukung teknik marketing ini adalah WhatsApp Blast. Fitur WhatsApp Blast memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan promosi atau penawaran langsung ke pelanggan melalui WhatsApp secara massal. Dengan mengirim pesan yang berisi penawaran terbatas atau promo eksklusif pada daftar kontak, bisnis Anda dapat menciptakan perasaan FOMO di antara pelanggan. Misalnya, Anda dapat mengirimkan pesan yang mengumumkan penawaran diskon yang berlaku hanya dalam waktu terbatas atau memberikan akses awal kepada produk baru yang belum dirilis secara luas. Pelanggan yang menerima pesan semacam ini mungkin merasa tertarik dan terdorong untuk segera bertindak agar tidak melewatkan kesempatan tersebut, sehingga meningkatkan peluang konversi dan penjualan. Dengan demikian, WhatsApp Blast menjadi alat yang efektif dalam menerapkan teknik marketing FOMO dalam strategi pemasaran bisnis.

Fungsi Teknik Marketing FOMO dengan WhatsApp Blast

  • Meningkatkan Konversi

Teknik marketing FOMO dapat meningkatkan tingkat konversi dalam WhatsApp Blast dengan mendorong pelanggan untuk segera mengambil tindakan. Mereka merasa bahwa mereka akan melewatkan sesuatu yang istimewa jika tidak bertindak sekarang.

  • Membangun Keterlibatan

Dengan menciptakan rasa urgensi, teknik marketing FOMO dapat membantu membangun keterlibatan yang lebih baik dengan pelanggan. Mereka merasa terlibat dengan merek Anda dan produk atau layanan Anda.

  • Meningkatkan Kesadaran Merek

Menggunakan teknik FOMO dalam WhatsApp Blast juga dapat membantu meningkatkan kesadaran merek Anda. Pelanggan akan mengingat merek Anda sebagai penyedia peluang eksklusif dan menarik.

  • Mendorong Interaksi

Teknik ini juga dapat mendorong pelanggan untuk berinteraksi lebih banyak dengan merek Anda melalui WhatsApp. Mereka mungkin ingin mengetahui lebih banyak detail atau meminta klarifikasi tentang penawaran.

  • Menciptakan Komunitas

Dengan mengundang pelanggan untuk bergabung dalam suatu acara atau promo yang terbatas, Anda dapat menciptakan komunitas pelanggan yang merasa khusus dan terhubung satu sama lain.

Baca juga: Arti API (Application Programming Interface) pada WhatsApp Business API

Kelebihan Lakukan Teknik Marketing FOMO dengan WhatsApp Blast

  • Taktik yang Terbukti

Teknik marketing FOMO telah terbukti berhasil dalam berbagai industri. Orang-orang cenderung merespons baik terhadap rasa urgensi dan kesempatan eksklusif. Maka dari itu banyak pelaku bisnis yang menerapkan strategi tawaran-tawaran terbatas.

  • Tidak Memerlukan Biaya Besar

Dibandingkan dengan beberapa metode pemasaran lainnya, WhatsApp Blast relatif murah dan tidak memerlukan biaya besar, hanya dengan berlangganan WhatsApp Business API terpercaya, Anda sudah dapat melakukan banyak hal dan dapat digunakan banyak agen. Anda dapat mencapai banyak pelanggan dengan anggaran yang terjangkau.

  • Targeted Messaging

Anda dapat dengan mudah mengirim pesan yang ditargetkan kepada pelanggan yang telah menunjukkan minat atau keterlibatan sebelumnya dengan merek Anda. Caranya, dengan menandai kontak-kontak Anda dan membuat pesan khusus tertentu, ini akan meningkatkan personalisasi pelanggan juga, mengingat WhatsApp adalah hal yang termasuk privasi bagi setiap orang.

  • Fleksibilitas

Anda memiliki fleksibilitas dalam merancang pesan FOMO sesuai dengan bisnis Anda. Anda dapat menyesuaikan penawaran, tanggal kadaluarsa, dan pesan untuk mencocokkan tujuan Anda. Dengan begitu Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih dibandingkan menggunakan papan iklan dan sebagainya.

  • Dukungan Visual

WhatsApp juga mendukung pengiriman media visual seperti gambar dan video. Ini dapat digunakan untuk memperkuat pesan FOMO Anda dan membuatnya lebih menarik. Pesan visual dalam WhatsApp pun juga tidak dikenakan biaya lebih, ini dapat menghemat biaya marketing Anda.

Tantangan dan Cara Mengatasi Teknik Marketing FOMO dengan WhatsApp Blast

  • Tantangan Menjaga Kepuasan Pelanggan

Cara Mengatasinya adalah dengan memastikan bahwa penawaran atau promo yang Anda berikan sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Hindari mengecewakan mereka dengan menawarkan sesuatu yang tidak dapat dipenuhi.

  • Tantangan Tidak Terlalu Memaksa

Cara Mengatasinya adalah dengan menggunakan bahasa yang mendorong tindakan, tetapi hindari menjadi terlalu memaksa atau agresif. Biarkan pelanggan merasa bahwa mereka memiliki kendali dalam pengambilan keputusan, gunakan beberapa teknik psikologi dalam bahasa yang persuasif dan tidak memaksa.

  • Tantangan Pelanggan yang Melewatkan Pesan

Menggunakan teknik marketing FOMO memerlukan pelanggan untuk membaca pesan Anda. Cara mengatasinya adalah dengan membuat pesan yang menarik dan relevan sehingga lebih mungkin dibaca, kirim pesan di waktu yang tepat juga, sehingga pesan Anda dibaca.

  • Tantangan Kepatuhan Aturan Privasi

Selalu patuhi aturan privasi dan regulasi yang berlaku dalam penggunaan WhatsApp Blast. Pastikan pelanggan memberikan izin untuk menerima pesan Anda, jangan lakukan spam atau mengirim di jam-jam istirahat yang dapat menyebabkan gangguan pada pelanggan.

  • Tantangan Kompetisi yang Ketat

Dalam lingkungan pemasaran yang kompetitif, cobalah untuk membuat pesan FOMO Anda lebih kreatif dan unik. Tawarkan sesuatu yang benar-benar berbeda dan buat pelanggan merasa hal itu harus dimiliki oleh mereka, karena sangat eksklusif.

Baca juga: 5 Cara Mudah Efektifkan Penggunaan Whatsapp Blasting

Cara Terapkan Teknik Marketing FOMO dengan WhatsApp Blast

  • Buat Pesan yang Mendesak

Dalam pesan WhatsApp Blast Anda, gunakan kata-kata dan frasa yang menciptakan rasa urgensi. Kata-kata seperti "sekarang" atau "terbatas" dapat membantu mengomunikasikan bahwa pelanggan harus bertindak segera agar tidak melewatkan kesempatan.

  • Berikan Penawaran Terbatas

Tawarkan penawaran atau promo yang memiliki batas waktu tertentu. Misalnya, Anda dapat mengatakan, "Dapatkan diskon 20% hanya untuk pembelian hari ini!" Ini akan memicu perasaan FOMO karena pelanggan tahu bahwa mereka memiliki waktu terbatas untuk mengambil tindakan.

  • Gunakan Elemen Visual

Tambahkan elemen visual seperti gambar atau video yang menarik untuk memperkuat pesan FOMO Anda. Gambar produk yang menarik atau ilustrasi mengenai penawaran Anda dapat membantu pelanggan memvisualisasikan manfaatnya.

  • Gunakan Statistik Sosial

Jika Anda memiliki testimonial pelanggan yang positif atau jumlah orang yang telah mengambil tindakan, gunakan ini sebagai bukti sosial bahwa orang lain telah merasa nyaman mengambil tindakan yang sama. Menyampaikan bahwa banyak orang telah melakukan hal yang sama dapat memperkuat rasa percaya diri pelanggan.

  • Tindakan Tindak Lanjut Cepat

Pastikan Anda memiliki tim yang siap untuk menangani pertanyaan atau pesanan pelanggan yang datang sebagai respons terhadap pesan FOMO Anda. Layanan pelanggan yang responsif adalah kunci untuk memenuhi harapan pelanggan yang merespons pesan Anda.

  • Ukur dan Analisis

Setelah kampanye WhatsApp Blast Anda berakhir, lakukan analisis untuk melihat seberapa efektifnya teknik FOMO dalam meningkatkan konversi. Pelajari apa yang berhasil dan apa yang bisa ditingkatkan di masa depan. Data analisis akan membantu Anda mengoptimalkan strategi Anda.

  • Terus Berinovasi¬†

Pasar dan tren terus berubah. Pastikan Anda selalu mencari cara baru untuk menerapkan Teknik Marketing FOMO agar tetap efektif dan menarik bagi pelanggan. Teruslah berinovasi dengan penawaran baru dan cara komunikasi yang kreatif untuk menjaga daya tarik FOMO tetap relevan.

Gunakan Fitur WhatsApp Blast dari WhatsApp Business API terpercaya Ivosights!

Teknik Marketing FOMO adalah cara yang efektif dalam pemasaran. Anda juga dapat menggunakan WhatsApp Blast yang dapat membantu Anda meningkatkan konversi, membangun keterlibatan pelanggan, dan meningkatkan kesadaran merek. Namun, seperti teknik pemasaran lainnya, ini harus digunakan secara bijaksana dan transparan. Pastikan penawaran Anda sesuai dengan ekspektasi pelanggan, dan hindari menjadi terlalu memaksa. Dengan merencanakan dan melaksanakan Teknik Marketing FOMO dengan cermat, Anda dapat mencapai hasil yang mengesankan dalam kampanye WhatsApp Blast Anda. Ingatlah bahwa rasa urgensi harus dibangun dengan baik dan berdasarkan penawaran yang nyata dan berharga bagi pelanggan.

Namun, penting untuk Anda ketahui bahwa WhatsApp Blast hanya ada dalam aplikasi WhatsApp Business API. WhatsApp Business API sendiri hanya bisa Anda dapatkan dari mitra terpercaya META. Ada banyak mitra META di Indonesia, namun Anda juga harus memerhatikan keandalannya. Keandalan penyedia WhatsApp Business API sangat memengaruhi WhatsApp Business API Anda, terutama dalam hal teknis. Seperti salah satu penyedia layanan WhatsApp Business API bernama Ivosights.

Ivosights adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang customer engagement, sudah dipercaya oleh 500 mitra lebih, produk-produknya sangat beragam, salah satunya adalah WhatsApp Business API. Pengguna WhatsApp Business API dari Ivosights sendiri sudah ada 150 mitra bisnis dan terus bertambah. Ivosights menjamin layanan after sales dan basisnya pun berada di Indonesia, sehingga sangat cocok untuk bisnis dalam negeri Anda. Jika Anda tertarik atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi tim Ivosights segera dan permudah bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami