5 Cara Mudah Efektifkan Penggunaan Whatsapp Blasting

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Senin, 19 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp Blasting. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp Blasting. Shutterstock

"Lakukan beberapa cara ini untuk mengefektifkan penggunaan Whatsapp blasting untuk bisnis Anda."

Selain sebagai platform komunikasi terpopuler sekarang, Whatsapp sering dimanfaatkan sebagai alat untuk mencapai audiens yang luas bagi para pemilik bisnis. Dengan fitur WhatsApp blasting, bisnis dapat mengirimkan pesan secara massal kepada pelanggan untuk memperoleh keterlibatan pelanggan yang tinggi. Namun, penting untuk mengingat bahwa efisiensi penggunaan WhatsApp blasting juga memerlukan strategi yang tepat. Dengan begitu, fitur ini benar-benar akan meningkatkan efisiensi bisnis dalam memasarkan produk maupun layanannya ke pelanggan.

Kenali Pengertian Whatsapp Blasting

Whatsapp blasting merupakan sebuah fitur dari aplikasi Whatsapp yang memungkinkan penggunanya dapat mengirim pesan yang sama atau serupa kepada sejumlah besar kontaknya secara bersamaan. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mempromosikan produk, layanan, atau menyebarkan informasi tertentu kepada audiens yang ditargetkan.

Whatsapp blasting dapat mengirimkan beberapa format pesan berupa teks, gambar, video, atau tautan yang mengarah ke halaman website. Tujuan dari penggunaan Whatsapp blasting adalah mencapai audiens yang lebih luas, meningkatkan pengetahuan pelanggan tentang brand bisnis Anda, dan mendorong penerima pesan untuk memberikan respons.

Baca juga: WhatsApp Business API: Metrik untuk Ketahui Keberhasilan Bisnis

Manfaat Penggunaan Whatsapp Blasting untuk Bisnis

Berikut ini adalah beberapa manfaat penggunaan Whatsapp blasting untuk bisnis:

  • Menjangkau audiens yang luas dan potensial

Dengan banyaknya jumlah pengguna aktif aplikasi Whatsapp, bisnis dapat memanfaatkan peluang ini untuk menjangkau audiens yang luas. Whatsapp blasting dapat membantu bisnis untuk mengirimkan pesan kepada banyak orang dalam waktu singkat.

  • Personalisasi pesan kepada setiap penerima

Whatsapp blasting menyediakan keunggulan berupa pesan yang bisa di-custom oleh penggunanya. Dengan memanfaatkan data pelanggan, bisnis dapat menyampaikan pesan yang relevan sehingga menarik perhatian mereka. Hal ini akan meningkatkan keterlibatan pelanggan untuk memberikan respon terhadap pesan dari bisnis.

  • Biaya yang relatif rendah dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional

Dibandingkan dengan iklan cetak, iklan televisi, atau bentuk pemasaran lainnya, Whatsapp blasting hanya membutuhkan biaya yang lebih rendah. Walaupun begitu, cara ini tetap efektif dalam mencapai audiens.

  • Meningkatkan kesadaran merek dan keterlibatan pelanggan

Dengan mengirim pesan langsung, Whatsapp blasting dapat membantu meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap brand bisnis Anda.  Pesan yang relevan, menarik, dan interaktif dapat mendorong munculnya respon dan interaksi lebih lanjut dari calon pelanggan.

  • Menghasilkan tanggapan dan konversi yang tinggi

Whatsapp blasting berpotensi menghasilkan tingkat respons dan konversi yang tinggi. Pesan yang diterima oleh pelanggan melalui Whatsapp cenderung lebih diperhatikan dan memicu adanya tindakan dari pelanggan, seperti kunjungan ke website bisnis, pembelian produk atau layanan bisnis, maupun berlangganan layanan.

Tips untuk Meningkatkan Efektivitas Whatsapp Blasting

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan efektivitas Whatsapp blasting:

  • Mempelajari dan memahami target audiens

Lakukan riset mendalam tentang target audiens Anda. Riset ini dapat berbentuk preferensi, kebutuhan, dan karakteristik demografis pelanggan bisnis Anda. Dengan mengetahui sejumlah informasi di atas, bisnis akan lebih mudah menyusun strategi promosi yang lebih relevan dan menarik perhatian pelanggan.

  • Personalisasi pesan

Pakailah fitur personalisasi pesan dalam Whatsapp blasting. Dengan melakukan personalisasi, pesan akan terasa lebih individual menyesuaikan setiap pelanggannya.

  • Menyampaikan pesan yang singkat dan jelas

Sampaikan pesan dalam kalimat singkat dan jelas. Hindari pesan yang terlalu panjang karena menyebabkan penerima akan kehilangan minat untuk membacanya secara keseluruhan.

  • Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Pastikan pesan Anda menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh sebagian besar audiens target. Hindari juga penggunaan istilah-istilah yang rumit.

  • Gunakan media visual

Selain teks, manfaatkan gambar, video, atau audio untuk membuat pesan Anda lebih menarik. Media visual dapat membantu menyampaikan pesan dengan cara yang lebih efektif dan memikat perhatian penerima pesan.

  • Menganalisis waktu yang tepat untuk pengiriman

Tentukan waktu yang tepat untuk mengirimi pesan berdasarkan pengamatan terhadap pola dan perilaku pengguna Whatsapp. Dengan strategi yang tepat, kemungkinan pelanggan memerhatikan pesan Anda akan meningkat.

  • Mengukur dan menganalisis hasil

Whatsapp blasting menyediakan fitur analitik atau pelacakan untuk memantau dan menganalisis hasil promosi bisnis Anda.

  • Memperbarui database kontak secara berkala

Selalu lakukan pembaruan terhadap database kontak Anda. Hapuslah juga kontak yang sudah tidak relevan atau tidak aktif.

Baca juga: Cara Mengukur Kualitas Provider WhatsApp Business API

  • Menghormati privasi dan memberikan opsi berhenti berlangganan

Bisnis diharuskan untuk menghormati privasi pelanggan dan memberikan opsi berhenti berlangganan yang jelas dalam setiap pesan dikirim. Dengan begitu, bisnis dapat membangun dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

  • Menguji dan bereksperimen

Terakhir, lakukan uji coba dengan berbagai strategi Whatsapp blasting. Lakukan eksperimen satu per satu terkait variasi pesan, waktu pengiriman, atau lakukan pengelompokkan kontak untuk melihat bagaimana strategi yang paling efektif dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Dapatkan Layanan Whatsapp Business API di Ivosights!

Setelah menyimak penjelasan tentang Whatsapp blasting di atas, Anda sudah mengetahui bahwa ada banyak kelebihan yang ditawarkan olehnya. Untuk memperoleh manfaat-manfaat penggunaan Whatsapp blasting lainnya, Anda bisa menggunakan layanan Whatsapp Business API.

Whatsapp Business API ini memiliki banyak fitur-fitur tambahan, salah satunya adalah Whatsapp blasting. Layanan ini juga dapat diintegrasikan dengan sistem CRM  milik Ivosights bernama Sociomile. Yuk, segera berlangganan Whatsapp Business API sekarang melalui Ivosights!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami