WhatsApp Tips: Ukur Efektifitas Campaign Dengan WA Centang Hijau

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 08 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WA Centang Hijau . Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WA Centang Hijau . Shutterstock.

"Keunggulan WA centang hijau sebagai alat komunikasi media sosial memang tak bisa dipungkiri. Anda dapat mengukur kinerja kampanye dengan tips ini!"

Dengan pengguna lebih dari 2,5 milliar di dunia dan 115 juta aktif di Indonesia, WhatsApp telah menjadi alat komunikasi efektif bagi masyarakat dan bisnis, terutama bagi bisnis yang sedang menjalankan promosi product launching. Fungsi WhatsApp saat ini semakin canggih dan lengkap, apalagi dengan kehadiran WhatsApp Flows dan WA Centang Hijau yang dapat membantu bisnis Anda mengelola kebutuhan pelanggan seperti pemesanan, perjanjian, keluhan, pemesanan akomodasi, bahkan kampanye pemasaran. Namun, bagaimana membuktikan bahwa kampanye bisnis mendapatkan hasil positif? Pada artikel ini akan kami bedah bagaimana mengukur efektifitas kampanye Anda melalui salah satu platform WhatsApp yaitu Meta WhatsApp Manager. Untuk mendapatkan fitur ini, tentunya Anda harus terverifikasi dan mendapatkan WA Centang Hijau lewat WhatsApp Business API. 

Apa Itu WA Centang Hijau?

WA Centang Hijau adalah istilah populer yang merujuk pada tanda centang hijau yang muncul di sebelah pesan yang dikirim di WhatsApp. Tanda centang hijau tunggal menunjukkan bahwa pesan telah berhasil dikirim dari ponsel pengirim ke server WhatsApp, sedangkan dua centang hijau menunjukkan bahwa pesan telah diterima oleh ponsel penerima. Dengan demikian, WA Centang Hijau memberikan konfirmasi visual kepada pengguna bahwa pesan telah berhasil terkirim dan diterima oleh penerima.

Baca Juga: WA Centang Hijau: Meskipun Opsional, Namun Banyak Manfaatnya!

Ukur Kinerja Kampanye dengan WA Centang Hijau

Pertama, penting untuk dicatat bahwa setiap pengguna WhatsApp Business atau WA Centang Hijau dapat mengakses insight tentang aktifitas pesan bisnis. Anda hanya harus mendaftar ke Meta Business Manager dan mendapatkan akses keuangan untuk akun Bisnis Manajer yang berarti Anda bisa melihat dan mengontrol informasi finansial. Dalam WA Centang Hijau, Anda dapat melihat metriks pesan anda dengan cara membuka “Meta Business Manager”, lalu pilih bisnis Anda, klik menu icon (Tiga garis horizontal). Dan yang terakhir klik “WhatsApp Manager”

Fitur-Fitur Conversation Metrics dengan WA Centang Hijau

Sebagai WA Centang Hijau, Anda dapat melihat banyak fitur di Meta WhatsApp Manager. Berikut ini beberapa fiturnya:

  • Messages received

Banyaknya pesan yang diterima oleh bisnis Anda dari pelanggan. 

  • Messages sent

Banyaknya pesan yang telah dikirim oleh bisnis Anda ke pelanggan. Hal ini termasuk dengan en route yang tidak terkirim.

  • Messages delivered

Banyaknya pesan yang telah dikirim oleh bisnis Anda ke Pelanggan yang sukses diterima oleh pelanggan. 

  • Total conversations

Percakapan mencakup semua pesan yang dikirim selama jendela tertentu setelah pesan awal dikirim. Jendela percakapan berbeda-beda menurut titik masuk, tetapi biasanya 24 atau 72 jam.

  • Service conversations

Jumlah chat yang diinisasi oleh pelanggan Anda (inbound)

  • Utility conversations

Templat pesan yang dikirimkan bisnis Anda kepada pengguna untuk memberikan informasi terbaru yang telah disepakati - seperti saat pesanan mereka telah terkirim.

  • Authentication conversations

Templat pesan yang dikirimkan bisnis Anda kepada pengguna untuk mengonfirmasi identitas mereka dengan kode sandi sekali pakai.

  • Marketing conversations

Templat pesan yang dikirimkan bisnis Anda kepada pelanggan tentang promosi atau penawaran.

  • Free conversations

Jumlah percakapan WhatsApp gratis antara bisnis Anda dan pengguna.

  • Paid conversations

Jumlah percakapan WhatsApp antara bisnis Anda dan pengguna yang harus Anda bayar.

  • Total conversation charges

Jumlah total biaya yang ditagihkan kepada bisnis Anda untuk percakapan WhatsApp selama periode pelaporan tertentu.

Bagaimana Cara Mendapatkan WA Centang Hijau?

Untuk mendapatkan centang hijau dari WhatsApp (WhatsApp Verified), Anda harus mengikuti proses verifikasi yang ditetapkan oleh WhatsApp. Saat ini, WhatsApp centang hijau hanya tersedia untuk bisnis atau organisasi tertentu yang telah diverifikasi sebagai entitas resmi oleh WhatsApp. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan WhatsApp centang hijau:

  • Daftar sebagai Bisnis

Pastikan bahwa bisnis atau organisasi Anda telah didaftarkan sebagai bisnis di WhatsApp Business. Anda dapat mengunduh aplikasi WhatsApp Business dari toko aplikasi ponsel Anda dan mendaftar dengan nomor telepon bisnis yang valid.

  • Verifikasi Informasi Bisnis

WhatsApp biasanya memerlukan verifikasi informasi bisnis Anda. Ini mungkin termasuk mengonfirmasi alamat bisnis Anda, nomor telepon, dan informasi perusahaan lainnya.

  • Tunggu Proses Verifikasi

Setelah Anda mengirimkan informasi bisnis Anda, WhatsApp akan memproses permintaan verifikasi Anda. Proses ini bisa memakan waktu dan tidak ada jaminan bahwa setiap bisnis akan diterima.

  • Penuhi Persyaratan WhatsApp

Pastikan bahwa bisnis atau organisasi Anda memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh WhatsApp untuk mendapatkan verifikasi. Persyaratan ini mungkin berbeda-beda tergantung pada negara dan wilayah Anda.

  • Perhatikan Pesan dari WhatsApp

Jika bisnis Anda diterima untuk verifikasi, WhatsApp akan mengirimkan pesan atau pemberitahuan kepada Anda tentang status verifikasi bisnis Anda.

  • Patuhi Panduan WhatsApp

Setelah Anda mendapatkan WhatsApp Verified, pastikan untuk mematuhi panduan dan aturan yang ditetapkan oleh WhatsApp untuk penggunaan akun bisnis Anda.

Baca Juga: WA Centang Hijau: Berbagai Kemudahan Bisnis Dapat Anda Raih!

Ingin Menggunakan WhatsApp Business API Untuk Bisnis Anda? 

Dengan keunggulan WA Centang HIjau, Anda dapat meraih kesuksesan dalam manajemen brand Anda. Namun untuk mendapatkan WA Centang Hijau, Anda wajib memiliki WhatsApp Business API untuk bisnis, Anda berada di tempat yang tepat. Layanan WhatsApp Business API dari Ivosights siap memudahkan sebuah perusahaan Anda berinteraksi dengan pelanggan secara efektif dan efisien melalui kanal pesan instan WhatsApp. Dengan WhatsApp Business API dan WA Centang Hijau dari Ivosights yang telah mendapatkan lisensi langsung dari META, bisnis Anda dapat mengirimkan pesan secara massal ke seluruh database pelanggan yang dimiliki (Business Initiated Message), serta dapat memanfaatkan layanan ini sebagai nomor pusat layanan customer service (User Initiated Message) yang terhubung dengan sistem CRM Sociomile dari Ivosights.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami