Kenali 5 Fungsi Database Bagi Perusahaan

Ripple10 | Selasa, 09 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Database. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Database. Shutterstock.

Kamu pernah mendengar kata “database”? Keberadaan database atau basis data mempunyai fungsi dan juga peran penting dalam mendukung keberjalanan selama proses bisnis atau urusan menjadi lebih efisien dan efektif.

Ketika kamu mengisi data diri pada sebuah form identitas yang diminta oleh perusahaan maupun organisasi, lalu kamu klik submit, maka saat itulah data kamu masuk ke dalam database organisasi ataupun perusahaan. Kebayang tidak sudah berapa banyak ruangan (software) yang dibutuhkan oleh perusahaan/organisasi hanya untuk menyimpan database mulai dari data pekerja hingga laporan pekerjaan? Nah mari kita bahas mengenai apa saja fungsi dari database bagi perusahaan secara lebih spesifik lagi. Yuk, disimak!

Setelah kita mengetahui fungsi fungsi database secara general, ini dia 5 fungsi database secara spesifik antara lain:

#1 Keamanan dan Integritas Data

Dalam perusahaan, data pegawai dan juga data pelanggan sangat dibutuhkan dan privasi. Database dalam sebuah perusahaan sangat penting karena operasi bisnis harus dilakukan seefisien mungkin. Perusahaan harus memelihara kumpulan data yang dapat digunakan untuk mendorong bisnis, meningkatkan penjualan, dan pada akhirnya meningkatkan keuntungan perusahaan. Data yang disimpan pun disimpan secara permanen dan diusahakan untuk tidak dapat hilang. Karena jika kemungkinan tersebut terjadi maka sistem dari database management system belum dijalankan dan dioperasikan dengan cukup baik.

Integritas data merupakan keutuhan dan kesatuan data dalam basis data perusahaan sehingga data tersebut dapat menjadi sumber informasi yang dapat digunakan saat dibutuhkan. Munculnya istilah integritas terutama disebabkan oleh adanya konsep basis data relasional dan adanya normalisasi.

Kelengkapan data menunjukkan kualitas  data. Integritas data sangat penting karena komputer dan manusia menggunakan informasi untuk membuat keputusan dan mengambil tindakan. Sederhananya, integritas data adalah tentang memastikan bahwa data konsisten, diautentikasi, dan dapat direferensikan.

#2 Recovery/Perbaikan dan Akurasi Data

Data yang sudah diisi dan diproses akan otomatis berada pada penyimpanan database management system. Tapi bagaimana kalau data yang sudah dikumpulkan tersebut terdapat kesalahan dan juga kekeliruan entah itu disengaja maupun disengaja. Tentu saja salah satu fungsi database ialah guna memperbaiki dan mengakurasikan data yang sudah dikumpulkan dan disempurnakan lagi.

Akurasi data perusahaan ialah menentukan tingkat kemiripan antara hasil pengukuran ataupun observasi dengan nilai yang sebenarnya diukur. Dalam perusahaan biasanya digunakan database management system agar hasil bisa ditentukan secara akurat dan faktual (sesuai fakta yang ada).

#3 Mengubah dan Memanipulasi Data

Selain untuk mengakses data dan juga menyimpan data perusahaan, fungsi database juga bisa memantau perubahan apa saja yang telah terjadi. Selama kegiatan operasional berjalan makin hari pasti mengalami perubahan entah itu naik turun hasil penjualan ataupun manajemen persediaan barang yang harus dilakukan dengan cepat dan masif.

#4 Update Data dan Media Penyimpanan Aplikasi

Pembaharuan (update) dan optimalisasi dalam sistem pada aplikasi merupakan salah satu fungsi dari adanya database di dalam perusahaan.  Database tentunya memiliki beberapa komponen yang terdiri atas data, hardware dan user. Data yang disimpan di dalam database akan disimpan secara teratur dan di cek secara berkala karena database merupakan kumpulan beberapa file data. Maka dari itu, jika terjadi duplikasi data ataupun data yang sudah harus diupdate atau di upgrade maka itulah fungsi dari database management system. Dalam waktu yang sama, data tersebut disimpan pada perangkat keras (hardware) atau biasa disebut sebagai penyimpanan cadangan (second storage).

Bagi perusahaan khususnya yang menggunakan media aplikasi sebagai media yang mereka gunakan untuk keberjalanan usaha produk/ jasanya, database pasti sangat dibutuhkan. User dapat menggunakan dengan nyaman dan dengan mudah mengakses apapun yang mereka butuhkan dan yang mereka cari. Karena itu lah database pada fungsi ini sangat berpengaruh terhadap kepuasan dan kenyamanan user. Terlebih pada data diri user yang dapat tersusun dengan rapi dan terorganisir dengan baik.

#5 Performa Kerja

Jangan salah, selain fungsi yang berpengaruh terhadap data perusahaan dan data lain-lain, database pun berperan dan berpengaruh terhadap performa kerja dan juga menilik produktivitas kerja. Dengan adanya database, kita dapat dengan mudah memonitori semua pekerjaan hanya dengan satu sistem. Mengetahui naik turunnya kinerja.

Dibanding harus menyimpan data dalam flat file, banyak perusahaan menggunakan database management system untuk menjadikan performa kerja lebih efektif dan efisien karena jika menyimpan data dalam bentuk DBMS cukup besar dibanding disimpan dalam bentuk flat file.

Kesimpulan

Banyak sekali fungsi-fungsi dari database bagi perusahaan. Guna Menjadikan performa perusahaan menjadi lebih efisien dan efektif, maka banyak dari perusahaan yang menggunakan database sebagai faktor utama yang tidak bisa dilewatkan.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.