WA Centang Hijau: Berbagai Kemudahan Bisnis Dapat Anda Raih!

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 07 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WA Centang Hijau. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WA Centang Hijau. Shutterstock.

"Menjadi bisnis yang dipercaya oleh pelanggan menjadi hal utama bagi perusahaan. Untuk mendapatkan loyalitas pelanggan, wa centang hijau sangat direkomendasikan!"

Pengguna WhatsApp di negara asia tenggara terus meningkat, termasuk Indonesia. Banyak anak muda memakai WhatsApp sebagai alat komunikasi media sosial yang utama karena fiturnya yang simpel, ringan, dan mudah. Hal ini merupakan kesempatan besar bagi bisnis untuk menjadikan WhatsApp sebagai alat utama dalam mendukung bisnisnya, baik pelayanan, keluhan pelanggan, sampai mengatur booking transportasi dengan WhatsApp Flows. Namun, masih banyak bisnis yang belum menerapkan wa centang hijau atau mengajukan verifikasi WhatsApp nya, padahal WhatsApp Business API sangat mendukung semua skala cakupan dan model bisnis. Dengan menerapkan WA Centang Hijau, Anda akan mendapatkan semua kemudahan dan pelayanan ke konsumen yang efektif dan cepat. Semua itu, akan disajikan di artikel ini! Pastikan membaca sampai akhir. 

Apa Itu WA Centang Hijau?

WA Centang Hijau adalah lencana yang dirancang untuk membantu pengguna WhatsApp membedakan antara akun merek asli dan akun palsu. WA centang hijau disini bukan yang menandakan bahwa pesan telah terbaca atau tidak. Namun, WA centang hijau berbentuk lencana ini menunjukkan bahwa akun bisnis diverifikasi oleh WhatsApp dan akun tersebut adalah milik merek yang diklaimnya. Lencana ini sangat penting untuk merek populer yang rentan ditiru. WhatsApp sangat teliti dalam menentukan bisnis mana yang mendapatkan tanda centang hijau ini. Oleh karena itu, mereka biasanya memberikannya kepada merek-merek terkenal seperti Adidas, Coca-Cola, dan banyak lagi. Secara default, semua akun WhatsApp yang menggunakan Aplikasi Bisnis dan API adalah akun bisnis. Hanya bisnis yang menggunakan API WhatsApp, yang juga dikenal sebagai WhatsApp Business Platform, yang dapat mengajukan centang hijau. Setelah akun bisnis diverifikasi dan mendapatkan centang hijau, akun tersebut akan menjadi Akun Bisnis Resmi. Meskipun mendapatkan centang hijau tidak disertai dengan fitur tambahan apa pun, ada banyak manfaat lainnya.

Baca Juga: WA Centang Hijau: Meskipun Opsional, Namun Banyak Manfaatnya!

Kemudahan Bisnis yang Didapatkan dari WA Centang Hijau

Menggunakan WA centang hijau atau WhatsApp Business API memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan percepatan bisnis Anda. Berikut ini diantaranya:

  • Tingkat Kepercayaan Pelanggan Meningkat

Dengan adanya wa centang hijau di WhatsApp, pesan yang dikirim oleh bisnis Anda akan menampilkan tanda verifikasi, menunjukkan bahwa pesan tersebut telah diterima oleh penerima dan dikonfirmasi oleh WhatsApp. Ini membantu meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

  • Notfikasi Penting Diterima Dengan Mudah

Fitur wa centang hijau juga memungkinkan bisnis untuk mengirim notifikasi penting kepada pelanggan, seperti konfirmasi pesanan, pengiriman barang, atau pemberitahuan tentang promo spesial. Pelanggan akan melihat notifikasi ini dengan tanda verifikasi, sehingga mereka dapat memperhatikan informasi yang disampaikan dengan lebih serius.

  • Mencegah Bisnis Dianggap Spam dan Penipuan

Dengan adanya wa centang hijau, pelanggan juga lebih cenderung mempercayai pesan yang mereka terima melalui WhatsApp dari bisnis yang sah. Ini membantu mengurangi risiko pesan spam atau penipuan yang dapat merugikan reputasi bisnis Anda.

  • Kemudahan Komunikasi dengan Pelanggan

Wa centang hijau memungkinkan Anda untuk membangun komunikasi yang lebih efektif dan efisien dengan pelanggan. Mereka dapat melihat dengan jelas bahwa pesan yang mereka kirim telah diterima dan dibaca oleh bisnis, sehingga memungkinkan interaksi yang lebih lancar.

  • Responsifitas Pelanggan Meningkat

Dengan fitur wa centang hijau dihidupkan, pelanggan mengganggap bisnis memiliki kelayakan dan kapabilitas untuk melayani pelanggan dengan baik. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

  • Integrasi dengan Layanan Pelanggan Lain

Untuk mendapatkan wa centang hijau, Anda harus verifikasi ke WhatsApp Business API agar saluran layanan pelanggan Anda bisa integrasi ke sistem lain seperti CRM. Hal ini mengotomatiskan sebagian proses komunikasi, seperti menyediakan jawaban otomatis untuk pertanyaan umum atau memandu pelanggan melalui langkah-langkah tertentu.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Perbedaan WA Verified Dan Palsu

Ingin Menggunakan WhatsApp Business API Untuk Bisnis Anda? 

Jika Anda ingin menggunakan WhatsApp Business API untuk bisnis, Anda berada di tempat yang tepat. Layanan WhatsApp Business API dari Ivosights siap memudahkan sebuah perusahaan Anda berinteraksi dengan pelanggan secara efektif dan efisien melalui kanal pesan instan WhatsApp. Dengan WhatsApp Business API dari Ivosights yang telah mendapatkan lisensi langsung dari META, bisnis Anda dapat mengirimkan pesan secara massal ke seluruh database pelanggan yang dimiliki (Business Initiated Message), serta dapat memanfaatkan layanan ini sebagai nomor pusat layanan customer service (User Initiated Message) yang terhubung dengan sistem CRM Sociomile dari Ivosights.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami