Tingkatkan Customer Experience Aplikasi Ticketing dengan Voicebot

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 11 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock

"Penggunaan voicebot dapat meningkatkan customer experience dari aplikasi ticketing online"

Dalam era digital yang terus berkembang, penggunaan teknologi dalam dunia bisnis menjadi satu hal yang tidak dapat dihindarkan. Banyak perusahaan mulai menerapkan teknologi terkini untuk meningkatkan customer experience agar pelanggan dapat bertahan dengan produk yang perusahaan tawarkan. Customer experience adalah kesan pelanggan terhadap bisnis perusahaan dari waktu ke waktu. Kesan ini dapat timbul dari pengalaman menggunakan produk, pelayanan pelanggan, hingga kemudahan dalam penggunaan aplikasi yang perusahaan tawarkan. Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk memberikan customer experience terbaik bagi pelanggan. Salah satu cara yang kini mulai ditempuh adalah dengan menggunakan voicebot. Secara singkat, voicebot adalah teknologi yang memungkinan terjadinya interaksi manusia dengan mesin melalui suara. Voicebot kini telah diterapkan oleh berbagai bisnis, tak terkecuali penyedia aplikasi pembelian tiket secara online. Dengan menerapkan voicebot untuk aplikasi ticketing online, banyak manfaat yang dapat diberikan melalui penggunaannya. Berikut cara meningkatkan customer experience untuk aplikasi ticketing online.

Pengertian Voicebot

Voicebot adalah fitur suara yang memiliki artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang mampu membantu komunikasi dengan penggunanya melalui sistem suara interaktif dengan respon alami. Mereka yang menggunakan voicebot tidak perlu susah payah menekan tombol perintah karena akan langsung terhubung dengan sistem suara interaktif yang tersistem dengan operator.

Cara kerjanya yaitu dengan menggunakan respon yang terekam berupa teks untuk menjawab pertanyaan pelanggan. Voicebot juga memiliki tugas untuk membantu mengarahkan apa yang diinginkan pelanggan dengan respon yang efektif. Voicebot akan menggunakan pembejalaran mesin untuk meningkatkan kapasitas layanan pelanggan sehingga customer experience yang baik dapat tercapai setelah pelanggan menyelesaikan panggilannya.

Baca Juga: Voicebot, Fitur Kecerdasan Buatan yang Mempermudah Komunikasi

Manfaat Voicebot bagi Aplikasi Ticketing

Voicebot, sebagai teknologi yang memungkinkan interaksi manusia dengan mesin melalui suara, memberikan manfaat besar dalam aplikasi ticketing online. Berikut manfaat voicebot dalam aplikasi ticketing online:

  • Meningkatkan customer experience

Voicebot memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi ticketing secara langsung dan mudah melalui suara. Voicebot dapat memberikan informasi tiket yang dibeli, mengubah atau membatalkan tiket, serta memberikan informasi terkait rute atau waktu keberangkatan. Dengan adanya voicebot, pengguna dapat menyelesaikan masalah dan memperoleh informasi dengan cepat dan mudah, meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi ticketing.

  • Menghemat waktu dan biaya

Voicebot dapat membantu menghemat waktu dan biaya pengguna dalam melakukan transaksi pada aplikasi ticketing. Dalam beberapa kasus, pengguna harus menunggu dalam antrian telepon atau chat untuk berbicara dengan agen customer service. Dengan adanya voicebot, pengguna tidak perlu lagi menunggu dalam antrian karena layanan ini tersedia selama 24 jam. 

  • Meningkatkan efisiensi operasional

Dengan menggunakan voicebot, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional dengan mengurangi jumlah agen customer service yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan pengguna. Voicebot dapat memberikan informasi dan solusi secara otomatis, sehingga agen customer service dapat fokus pada masalah yang lebih kompleks dan memerlukan penyelesaian manual.

  • Meningkatkan akurasi informasi: 

Dalam penggunaannya, voicebot juga dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk memahami dan menanggapi permintaan pengguna dengan lebih tepat. Teknologi AI dapat mempelajari pola dan perilaku pengguna, sehingga dapat memberikan informasi yang lebih akurat dan relevan.

  • Meningkatkan daya saing perusahaan 

Dengan menggunakan voicebot pada aplikasi ticketing, perusahaan dapat meningkatkan daya saingnya di pasar dengan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi pada aplikasi ticketing. Dalam era digital saat ini, pengguna cenderung memilih aplikasi yang memberikan pengalaman pengguna yang lebih mudah dan cepat. Dengan adanya voicebot, perusahaan dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi, pencarian informasi tiket, serta ketersediaan bangku sehingga dapat meningkatkan daya saing perusahaan di pasar.

Cara Meningkatkan Customer Experience Aplikasi Ticketing Menggunakan Voicebot

Meningkatkan customer experience di aplikasi ticketing dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi voice robot. Berikut adalah 5 cara untuk meningkatkan customer experience dengan voicebot:

  • Mempermudah proses booking tiket

Voicebot dapat membantu pelanggan dalam proses booking tiket dengan cepat dan mudah tanpa perlu mengetik. Pelanggan hanya perlu mengucapkan informasi yang dibutuhkan untuk memesan tiket seperti hari dan jadwal keberangkatan, nama event, dan lainnya.

  • Memberikan informasi tentang event

Cara kedua yaitu denganmemberikan informasi yang lengkap dan terbaru tentang event dan tiket yang diinginkan oleh pelanggan. Pelanggan dapat memperoleh informasi secara cepat dan akurat melalui voicebot. Informasi ini dapat meliputi jumlah kursi yang tersisa dan jadwal yang tersedia.

  • Memfasilitasi pengembalian atau perubahan tiket

Dalam situasi tertentu, pelanggan mungkin perlu melakukan pengembalian atau perubahan tiket. Voice robot dapat membantu pelanggan dalam proses ini dengan cepat dan mudah tanpa perlu menunggu lama di antrian.

Baca Juga: Yuk, Simak Bidang Apa Saja yang Membutuhkan Voicebot!

  • Memberikan pilihan alternatif

Ketika tiket yang pelanggan butuhkan sudah habis terjual, voice robot dapat memberikan pilihan alternatif event atau jadwal yang sesuai denga preferensi pelanggan. Mulai dari harga dan waktu dapat disesuaikan dengan tiket yang telah habis terjual tersebut.

  • Meningkatkan interaksi personal

Voice robot yang dirancang dengan baik dapat memberikan pengalaman interaksi yang personal dan menyenangkan dengan pelanggan. Voicebot dapat memberikan respons yang sopan dan ramah, serta memberikan solusi yang tepat untuk setiap masalah yang dihadapi oleh pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan customer experience terhadap aplikasi ticketing yang digunakan.

Gunakan VoiceBot untuk Optimalisasi Aplikasi Ticketing Online Anda

Ivosights dapat membantu kebutuhan Anda dalam mengoptimalisasi aplikasi ticketing online dengan memberikan kemudahan sistem dan fitur digital yang solutif. Gunakan voicebot untuk memberikan customer experience terbaik bagi pelanggan Anda. segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami