Layanan Voicebot, Memperluas Aksesibilitas para Penyandang Disabilitas

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 03 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock

"Dukung pengembangan layanan voicebot supaya lebih bermanfaat untuk para penyandang disabilitas"

Perkembangan teknologi memunculkan beberapa produk semakin canggih yang dapat membantu meringankan pekerjaan manusia, salah satunya berupa voicebot. Voicebot telah menjadi salah satu inovasi yang memberikan manfaat bagi berbagai kalangan, tak terkecuali untuk para penyandang disabilitas. Sebelum mengetahui lebih lengkap bagaimana voicebot dapat berguna untuk para penyandang disabilitas, Anda akan diberikan paparan terlebih dahulu tentang pengertian voicebot. Selain itu, Anda akan diperlihatkan juga beberapa bentuk pengimplementasian teknologi voicebot tersebut.

Apa Itu Teknologi Voicebot?

Voicebot merupakan sebuah program komputer yang memanfaatkan teknologi Natural Language Processing untuk menjawab pertanyaan atau menjalankan tugas yang diberikan melalui perintah suara oleh penggunanya. Voicebot dapat diakses melalui beberapa perangkat pintar seperti handphone, smart speaker, atau perangkat lain yang mendukung voice assistant.

Beberapa Manfaat Voicebot untuk Penyandang Disabilitas

Berikut ini adalah sejumlah manfaat voicebot bagi para penyandang disabilitas:

  • Meningkatkan aksesibilitas informasi

Voicebot memudahkan penyandang disabilitas untuk dapat mengakses informasi tanpa menggunakan keyboard atau touchscreen. Dengan begini, mereka dapat mengontrol dan berinteraksi dengan perangkat menggunakan suara mereka sehingga lebih mudah dan nyaman.

  • Memfasilitasi komunikasi

Voicebot juga dapat menjadi alat yang berguna karena dapat memfasilitasi  beberapa jenis komunikasi, seperti mengirim pesan teks, membuat panggilan telepon, atau berinteraksi dengan orang lain melalui platform komunikasi suara.

  • Bantuan dalam aktivitas sehari-hari

Lalu, voicebot membantu penyandang disabilitas dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, seperti melakukan pengaturan pengingat, menjadwalkan pertemuan, atau memeriksa cuaca. 

  • Aksesibilitas di tempat umum

Voicebot membantu para penyandang disabilitas untuk dapat berkomunikasi dengan layanan atau mendapatkan informasi. Dengan voicebot yang terpasang di tempat-tempat umum, mereka dapat dengan mudah mengajukan pertanyaan atau meminta bantuan tanpa perlu menghadapi hambatan.

Baca juga: Alasan Aplikasi Navigasi Membutuhkan Voicebot

Apa Saja Bentuk Penerapan Voicebot untuk Penyandang Disabilitas?

  • Asisten pribadi

Voicebot dapat berperan sebagai virtual assistant bagi penyandang disabilitas, seperti membantu mereka dalam mengatur jadwal, mengingatkan obat, atau memberikan informasi penting lainnya.

  • Sistem navigasi

Dalam konteks mobilitas, voicebot digunakan sebagai sistem navigasi untuk penyandang disabilitas. Para penyandang disabilitas dapat memperoleh informasi tentang rute terbaik, informasi transportasi, atau petunjuk arah di lingkungan yang kurang familiar bagi mereka.

  • Pengenalan suara

Terakhir, voicebot yang dilengkapi dengan teknologi pengenalan suara yang canggih akan memudahkan penggunanya untuk mengontrol perangkat, mengirim pesan, atau melakukan panggilan hanya dengan suara mereka.

Peluang dalam Pengembangan Voicebot untuk Penyandang Disabilitas

Penggunaan voicebot untuk penyandang disabilitas memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan. Beberapa peluang dalam pengembangan voicebot untuk penyandang disabilitas antara lain sebagai berikut:

  • Peningkatan pemahaman suara

Kembangkan pemahaman suara yang dimiliki oleh voicebot, termasuk pemahaman berbagai aksen, dialek, atau gangguan suara yang mungkin dimiliki oleh penyandang disabilitas.

  • Pengintegrasian dengan teknologi lain

Voicebot dapat diintegrasikan dengan teknologi lain seperti Internet of Things (IoT) atau perangkat pintar lainnya. Dengan ini,  penyandang disabilitas akan lebih mudah dalam mengakses informasi dan mengontrol lingkungan sekitarnya.

  • Pengembangan aplikasi khusus

Terakhir, ciptakan aplikasi voicebot yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan dan penyandang disabilitas tertentu.

Baca juga: Voicebot: Cara Penggunaan yang Tepat untuk Kepuasan Pelanggan

Tingkatkan Kemampuan Voicebot Anda untuk Mendukung Penggunaannya Bagi Penyandang Disabilitas!

Dengan kemampuan voice recognition yang canggih, Voicebot  membuka peluang baru untuk memperluas aksesibilitas dan memberikan dukungan kepada penyandang disabilitas. Penerapan voicebot dengan cara yang tepat dapat memberikan sejumlah manfaat bagi para penyandang disabilitas untuk mendukung aktivitas atau kehidupan sehari-hari mereka. Perkembangan teknologi ini juga menawarkan peluang besar dalam pengembangan solusi yang lebih baik bagi penyandang disabilitas di masa depan.

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan potensi voicebot yang dimiliki perusahaan, lakukan konsultasi dengan perusahaan kami, Ivosights. Kami menyediakan platform Sociomile, sebuah layanan contact center yang dilengkapi dengan integrasi 13 platform digital untuk memenuhi kebutuhan layanan pelanggan perusahaan Anda.

Selain itu, Sociomile juga dilengkapi dengan fitur chatbot dan voicebot call center yang mendukung operasional agen contact center berupa inbound-outbound call. Selain itu, Anda juga dapat mengkustomisasi workflow sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Para agen dapat mengakses Sociomile ini dimana saja berkat teknologi IP PBX Telephony System. Segera tingkatkan interaksi pelanggan dengan perusahaan Anda menggunakan sistem contact center Sociomile sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami