Gunakan Voicebot dalam Layanan Booking dan Reservasi dalam Perhotelan

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 11 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock

"Voicebot dapat digunakan untuk mendukung segala bidang bisnis, salah satunya di bisnis perhotelan"

Dalam era digital saat ini, teknologi terus berkembang untuk mempermudah berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bisnis perhotelan. Salah satu teknologi yang semakin populer adalah voicebot. Voicebot memiliki potensi besar untuk memudahkan pelanggan untuk menggunakan layanan booking dan reservasi di industri perhotelan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan booking serta reservasi hotel dari jauh-jauh hari, bahkan jika Anda tidak sedang berada di tempat yang sama dengan hotel yang Anda ingin reservasi.

Apa Itu Voicebot?

Voicebot adalah sebuah teknologi yang memudahkan interaksi antara manusia dengan komputer atau perangkat lain. Dalam teknologi ini, komputer akan menggunakan suara menyerupai manusia. Voicebot menggunakan teknologi artificial intelligence untuk mengenali dan merespons perintah atau pertanyaan yang diucapkan oleh pengguna.

Beberapa Kegunaan Layanan Voicebot untuk Bisnis Perhotelan

Inilah beberapa kegunaan voicebot untuk layanan perhotelan:

  • Pemesanan Kamar

Pelanggan bisa menggunakan voicebot untuk memesan kamar hotel, menentukan tanggal menginap, dan memilih tipe kamar yang diinginkan.

  • Check-in dan Check-out

Voicebot mampu memandu pelanggan dalam proses check-in dan check-out sehingga mengurangi waktu antrian mereka di meja resepsionis.

Baca juga: Apakah Voicebot dapat Menggantikan Agen Customer Service?

  • Informasi Hotel

Pelanggan dapat bertanya kepada layanan voicebot tentang fasilitas hotel, jam operasional restoran, layanan kamar, dan fasilitas lainnya yang disediakan.

  • Pemesanan Layanan Tambahan

Voicebot memudahkan pelanggan untuk memesan layanan tambahan seperti pijat, antar-jemput bandara, atau sewa mobil.

  • Panduan Wisata

Bisnis perhotelan bisa memberikan informasi tentang tempat wisata di sekitar hotel kepada para pelanggannya melalui layanan voicebot.

  • Pengaturan Kamar

Kemudian, pelanggan dapat menggunakan voicebot untuk mengatur pencahayaan, suhu, dan sarana hiburan di dalam kamar.

  • Pesanan Makanan

Melalui voicebot, pelanggan bisa memesan makanan dan minuman dari restoran hotel atau layanan kamar.

  • Pertanyaan Umum

Voicebot dapat merespons pertanyaan umum yang diajukan pelanggan seperti alamat hotel, nomor telepon resepsionis, dan kebijakan pembatalan.

  • Pemberitahuan dan Pengingat

Pihak hotel dapat mengirimkan pemberitahuan dan pengingat kepada pelanggan mengenai acara khusus, penutupan fasilitas, atau layanan yang sedang tersedia.

Manfaat Terapkan Layanan Voicebot dalam Bisnis Perhotelan

Inilah beberapa manfaat menerapkan voicebot dalam layanan perhotelan:

  • Efisiensi

Voicebot memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi dan layanan dengan cepat sehingga mengurangi waktu tunggu.

  • Personalisasi

Lalu, voicebot dapat disesuaikan dengan preferensi setiap pelanggan sehingga memberikan pengalaman pelanggan yang lebih personal.

  • Pelayanan 24/7

Pelanggan dapat mengakses informasi dan layanan kapan saja, bahkan di luar jam operasional resepsionis.

  • Mengurangi Kontak Fisik

Dalam konteks masa era pandemi, voicebot membantu mengurangi kontak fisik antara tamu dan staf hotel.

Cara Memanfaatkan Voicebot untuk Booking dan Reservasi dalam Bisnis Perhotelan

Berikut ini cara memanfaatkan layanan voicebot untuk booking dan reservasi dalam bisnis perhotelan:

  • Sistem Pemesanan Otomatis

Hotel dapat mengintegrasikan voicebot dengan sistem pemesanan mereka. Dengan begitu, pelanggan dapat dengan mudah memesan kamar atau membuat reservasi dengan perintah suara.

  • Ketersediaan dan Harga

Kedua, voicebot dapat memberikan informasi tentang ketersediaan kamar, harga, dan penawaran khusus kepada pelanggan yang ingin melakukan pemesanan ruangan.

  • Konfirmasi dan Pembatalan

Setelah pelanggan berhasil melakukan pemesanan, voicebot dapat memberikan konfirmasi melalui perintah suara atau pesan teks. Jika pelanggan perlu membatalkan atau mengubah reservasi, mereka dapat melakukannya melalui layanan voicebot.

  • Pertanyaan tentang Fasilitas

Kemudian, voicebot bisa memberikan informasi dan merespons pertanyaan tamu terkait fasilitas-fasilitas yang disediakan hotel seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan spa.

  • Pemberitahuan Khusus

Voicebot dapat memberikan pemberitahuan kepada pelanggan mengenai penawaran khusus atau paket yang sesuai dengan preferensi mereka.

  • Interaksi yang Personal

Dengan memahami data-data pelanggan sebelumnya, voicebot dapat memberikan rekomendasi yang sesuai dengan preferensi pelanggan, seperti tipe kamar yang sering dipilih.

  • Pemrosesan Pembayaran

Setelah pemesanan ruang selesai, pelanggan dapat melakukan transaksi dengan menggunakan voicebot. Dengan ini, antrian di meja resepsionis saat check-out bisa dihindari.

Baca juga: Gunakan Chatbot dan Voicebot Telesurvey tanpa Coding, Cara Mudah!

Dapatkan Voicebot yang Terintegrasi dengan Sistem Contact Center hanya di Ivosights!

Penggunaan voicebot dalam layanan booking dan reservasi dalam industri perhotelan berpotensi meningkatkan efisiensi, memperkaya pengalaman pelanggan, dan memungkinkan staf hotel fokus pada tugas-tugas lain yang lebih kompleks. Jika Anda tertarik untuk mengembangkan potensi voicebot yang dimiliki perusahaan di bidang perhotelan, lakukan konsultasi dengan perusahaan kami, Ivosights. Kami menyediakan platform Sociomile, sebuah layanan contact center yang dilengkapi dengan integrasi 13 platform digital untuk memenuhi kebutuhan layanan pelanggan perusahaan Anda.

Selain itu, Sociomile juga dilengkapi dengan fitur chatbot dan voicebot call center yang mendukung operasional agen contact center berupa inbound-outbound call. Selain itu, Anda juga dapat mengkustomisasi workflow sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Para agen dapat mengakses Sociomile ini dimana saja berkat teknologi IP PBX Telephony System. Segera tingkatkan interaksi pelanggan dengan perusahaan Anda menggunakan sistem contact center Sociomile sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami