Inbound Telesales: Pengertian, Kelebihan, dan Strateginya

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 05 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Inbound telesales adalah bentuk lain dari inbound marketing di mana pada prosesnya pemasaran dilakukan lewat panggilan dari pelanggan"

Dalam dunia telesales sudah sewajarnya dilakukan pembangunan strategi penjualan yang efektif. Seorang telesales biasanya memiliki kualifikasi untuk mampu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Nah, pada prosesnya terdapat dua jenis telesales yang biasa digunakan banyak perusahaan. Kali ini, kamu akan mengenal satu jenis telesales yang paling umum kita dengar, yakni inbound telesales. Lalu, apakah sebenarnya inbound telesales ini? Bagaimanakah cara kerjanya? Apa manfaat dan tips menerapkannya? Yuk, simak terus artikel ini sampai selesai, ya!

Pengertian Inbound Telesales

Inbound telesales adalah bentuk lain dari inbound marketing di mana pada prosesnya pemasaran dilakukan lewat panggilan dari pelanggan. Biasanya inbound telesales bertanggung jawab menjawab pertanyaan dan keluhan dimiliki pelanggan dan prospek. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan rasa kepercayaan antara pelanggan dan perusahaan.

Dikarenakan tekniknya yang menunggu pelanggan menghampiri kita, bisa dikatakan bahwa inbound merupakan jenis telesales yang reaktif terhadap pelanggan. Proses ini biasanya membutuhkan outbound marketing yang menyeimbanginya. Oleh karenanya kamu perlu memasang iklan, melakukan networking, dan direct sales untuk memancing pelanggan menelepon.

Keunggulan Inbound Telesales

Setelah mengetahui pengertiannya, kini kamu bisa memaksimalkan teknik ini dengan mengetahui keunggulan-keunggulannya. Berikut ini adalah keunggulan yang bisa kamu dapatkan dari pelaksanaan teknik inbound telesales!

  • Penanda Ketertarikan Pelanggan

Teknik inbound telesales yang memungkinkan pelanggan untuk datang lebih dulu kepada perusahaan atau penjual bisa menjadi bukti atau pertanda adanya keberhasilan pemasaran. Hal ini adalah kesuksesan yang pastinya diinginkan oleh banyak perusahaan. Selain itu, keuntungan dari datangnya pelanggan juga bisa ditandai dengan tercatatnya data pelanggan yang nantinya bisa berperan untuk pemasaran outbound ke depannya.

  • Menjaga Loyalitas Pelanggan

Pelanggan biasanya datang mendatangi perusahaan lebih dulu untuk berkomunikasi kepada perusahaan secara langsung entah untuk bertanya soal produk ataupun untuk memberi komplain akan suatu masalah. Pada inbound telesales, hal ini bisa menjadi kesempatan perusahaan untuk membuktikan layanan profesional dari agen telesales yang bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan secara keseluruhan pada perusahaan.

  • Mengembangkan Kualitas Perusahaan

Selain inbound telesales bisa menjadi kesempatan untuk perusahaan membuktikan layanan profesional, inbound juga memungkinkan pelanggan mendapatkan pengalaman yang optimal karena lewat komunikasi langsung, pelanggan bisa bertanya banyak hal kepada perusahaan. Lewat teknik ini, bisa dikatakan kedatangan pelanggan sangat bisa menjadi kesempatan suatu perusahaan mendapatkan testimoni dari pelanggan. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi perusahaan sebab tidak jarang keluhan dan evaluasi dari pelanggan membantu perusahaan berkembang dan memaksimalkan kualitas produk atau layanannya.

Strategi Inbound Telesales

Melakukan inbound telesales memang cukup menantang sebab membutuhkan strategi unutk mendapatkan keberhasilan. Namun, pada dasarnya semua tantangan dalam berbisnis selalu memiliki solusi. Nah, di bawah ini adalah beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk menyukseskan inbound telesales.

  • Memaksimalkan Outbound Marketing

Inbound dan outbound memanglah dua hal berbeda, akan tetapi keduanya masih saling berhubungan karena jika saling bersinergi pastinya akan mendatangkan keberhasilan. Inbound tidak bisa dilakukan jika outbound tidak ada. Maka dari itu, outbound harus dimaksimalkan sebagai strategi keberhasilan inbound. Pada proses ini, telesales harus menawarkan produk sebanyak-banyaknya baik itu lewat iklan ataupun direct sales. Setelah itu, inbound baru bisa dilakukan.

  • Meningkatkan Interaksi dengan Pelanggan

Bagian yang sudah sewajarnya dilakukan pada proses inbound adalah berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Proses ini adalah penanda keberhasilan inbound, namun tidak Bagian yang penting lainnya dalam menjalankan strategi pemasaran inbound marketing adalah dengan melakukan interaksi. Jika interaksi yang dibangun oleh perusahaan dan pelanggan bisa dilakukan dengan baik, maka bukan hal yang tidak mungkin konsumen kamu akan menjadi pelanggan yang setia. Jadi, interaksi yang baik akan membuat pelanggan merasa puas dan membuat mereka menjadi loyal.

  • Mengoptimalkan Data Pelanggan

Pada umumnya perusahaan pasti memiliki data penting terkait pelanggan dan kosumen tetapnya. Dalam dunia telesales, jika ingin memaksimalkan inbound sudah sewajarnya data-data itu menjadi tombak penting untuk keberhasilannya. Maka, mengoptimalkan data harus dilakukan sebagai salah satu bentuk strategi untuk memanggil dan melakukan pendekatan dengan para pelanggan.

Nah, itu dia pengertian, keunggulan dan juga strategi yang bisa kamu terapkan dalam inbound telesales. Kini kamu bisa menggunakan ilmu ini untuk menerapkan telesales yang mengembangkan perusahaanmu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami