5 Manfaat Mengintegrasikan Voicebot dengan Artificial Intelligence

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 03 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock

"Lakukan integrasi antara voicebot dengan AI untuk mendapatkan sejumlah manfaat berikut ini!"

Voicebot telah menjadi salah satu inovasi yang memudahkan terjadinya interaksi manusia dengan teknologi. Jika dipadukan dengan kemajuan teknologi artificial intelligence, voicebot akan semakin canggih dalam memberikan layanan kepada pengguna. Dengan melakukan integrasi seperti ini, perusahaan dapat meningkatkan pengalaman pengguna, efisiensi operasional, dan keunggulan untuk bisa berkompetitif.

Pengertian Voicebot

Voicebot atau voice assistant adalah sebuah program komputer yang menggunakan teknologi voice recognition untuk menjawab pertanyaan atau menjalankan perintah yang diberikan oleh pengguna melalui suara. Voicebot biasanya terhubung dengan perangkat yang mendukung asisten suara, seperti handphone.

Pengertian Artificial Intelligence

Sementara itu, Artificial Intelligence (AI) merupakan sebuah cabang ilmu komputer yang bertugas mengembangkan sistem komputer untuk dapat melakukan tugas-tugas yang membutuhkan kecerdasan manusia. AI menggunakan algoritma dan teknik komputasi kompleks supaya  mesin dapat "mempelajari" dan mengambil keputusan berdasarkan data yang diberikan.

Baca juga: Pentingnya AI pada Voicebot untuk Omni-Channel Contact Center

Manfaat Pengimplementasian AI dalam Voicebot

  • Interaksi yang lebih alami

Dengan memanfaatkan teknologi voice recognition dan NLP, voicebot dapat memahami perintah dan pertanyaan pengguna dengan lebih baik, bahkan mendukung komunikasi yang lebih alami dengan penggunanya.

  • Peningkatan pengalaman pengguna

Voicebot yang didukung oleh artificial intelligence dapat memberikan penggunanya pelayanan yang lebih personal dan menyenangkan. Voicebot akan dapat mengenali preferensi dan kebiasaan penggunanya serta memberikan rekomendasi yang relevan. Selain meningkatkan kepuasan pengguna, hubungan antara pengguna dan perusahaan juga semakin erat.

  • Penyampaian informasi yang cepat dan akurat

Voicebot yang terintegrasi dengan AI memberikan informasi yang cepat dan akurat kepada pengguna. Dengan adanya akses ke database yang luas dan kemampuan pemrosesan yang cepat, voicebot dapat memberikan jawaban dan solusi yang relevan secara real-time.

  • Otomatisasi tugas rutin

Dengan menggabungkan AI, voicebot dapat melakukan tugas-tugas rutin dengan otomatis. Dengan begitu, beban kerja manusia akan lebih berkurang dan dapat memfokuskan diri pada tugas yang lebih kompleks.

  • Analisis data dan pengambilan keputusan

Jika diintegrasikan dengan AI, voicebot dapat menganalisis data secara mendalam dan membantu mengambil keputusan yang lebih cerdas. Voicebot juga dapat mengumpulkan data pengguna, menganalisis pola, dan memberikan informasi penting lainnya kepada organisasi. Informasi-informasi ini akan digunakan untuk meningkatkan strategi bisnis dan mengidentifikasi peluang baru.

Strategi Implementasi Artificial Intelligence dalam Voicebot

Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat diterapkan dalam mengimplementasikan AI dalam voicebot:

  • Pengenalan suara yang akurat

Lakukan pengembangan terhadap algoritma dan model AI supaya voicebot dapat mengenali dan memahami suara dengan akurasi tinggi. Anda harus melakukan pengumpulan data suara yang cukup, pelatihan model dengan metode deep learning, dan pengujian untuk memastikan pengenalan suara sudah cukup tepat.

  • Pemahaman bahasa yang mendalam

Supaya voicebot mampu memahami bahasa secara luas dan kompleks, Anda harus mengaplikasikan teknik Natural Language Processing untuk memahami konteks, makna, dan tujuan di balik setiap pernyataan atau pertanyaan pengguna.

  • Pengenalan pengguna dan niat

Untuk memberikan respons yang relevan, voicebot harus bisa mengenali penggunanya serta mengidentifikasi tujuan pengguna di balik setiap pernyataan. Untuk mengenali pengguna dan niatnya dengan akurasi tinggi, Anda dapat mengaplikasikan teknologi NLP sebagai pendukung.

  • Pembelajaran mesin berkelanjutan

Tingkatkan teknologi machine learning secara berkelanjutan supaya voicebot dapat mempelajari interaksi lampau dengan pengguna dan mengenali pola untuk meningkatkan respons dan kepuasan pengguna. Pembelajaran ini melibatkan penggunaan teknik deep learning dan reinforcement learning.

  • Integrasi dengan sumber daya eksternal

Voicebot akan jadi lebih efektif apabila diintegrasikan dengan AI dan sumber daya eksternal, misalnya sistem database. Dengan ini, voicebot dapat memberikan informasi terkini yang akurat kepada pengguna. Contoh lainnya, mengintegrasikan voicebot dengan manajemen tiket atau panggilan telepon dapat menyelesaikan permintaan atau masalah pengguna dengan cepat dan efisien.

  • Personalisasi dan adaptasi

Lakukan personalisasi dan adaptasi voicebot sesuai dengan preferensi pengguna. Voicebot akan mempelajari preferensi dan kebiasaan pengguna untuk memberikan pengalaman yang lebih disesuaikan dan relevan.

Baca juga: Tips Mengintegrasikan Voicebot dengan Saluran Lain pada Contact Center

Tingkatkan Voicebot Perusahaan Anda dengan Layanan Sociomile dari Ivosights!

Seperti yang telah dibahas di atas, integrasi antara voicebot dan AI memberikan sejumlah manfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, efisiensi operasional, dan keunggulan kompetitif. Jika Anda menerapkan strategi yang tepat dalam mengintegrasikan voicebot dengan AI, perusahaan dapat memberikan layanan yang berkualitas kepada pelanggan.

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan potensi voicebot yang dimiliki perusahaan, lakukan konsultasi dengan perusahaan kami, Ivosights. Kami menyediakan platform Sociomile, sebuah layanan contact center yang dilengkapi dengan integrasi 13 platform digital untuk memenuhi kebutuhan layanan pelanggan perusahaan Anda.

Selain itu, Sociomile juga dilengkapi dengan fitur chatbot dan voicebot call center yang mendukung operasional agen contact center berupa inbound-outbound call. Selain itu, Anda juga dapat mengkustomisasi workflow sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Para agen dapat mengakses Sociomile ini dimana saja berkat teknologi IP PBX Telephony System. Segera tingkatkan interaksi pelanggan dengan perusahaan Anda menggunakan sistem contact center Sociomile sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami