Inilah 7 Kerugian yang Didapat Apabila Tidak Menggunakan SIP Trunk

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 27 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock

"Beberapa kerugian di bawah ini menjadi suatu alasan kuat mengapa Anda harus menggunakan SIP Trunk dibandingkan jalur telepon konvensional pada umumnya"

Call center secara konvensional mengharuskan perusahaan untuk mengeluarkan biaya operasional berlebih untuk mengoperasikannya hampir setiap saat. Salah satu jenis biaya yang paling banyak dikeluarkan adalah biaya panggilan telepon. Untuk mengurangi biaya panggilan telepon ini, beberapa perusahaan memanfaatkan layanan SIP Trunk. Dengan adanya SIP Trunk, agen call center dapat melakukan panggilan inbound dan inbound dengan biaya yang lebih terjangkau. Memutuskan untuk tidak menggunakan bantuan SIP Trunk membuat Anda akan mendapatkan sebanyak tujuh kerugian berikut ini.

Kenali Apa Itu SIP Trunk

SIP Trunk merupakan sebuah protokol komunikasi yang mendukung perusahaan melakukan panggilan telepon melalui koneksi internet. Dengan menggunakan SIP Trunk, perusahaan dapat menggantikan jalur telepon konvensional yang memerlukan kabel fisik dengan koneksi internet yang lebih fleksibel dan hemat biaya.

Keunggulan SIP Trunk Dibandingkan Jalur Telepon Konvensional

Inilah beberapa keunggulan dari penggunaan SIP Trunk dibandingkan jalur telepon konvensional:

  • Hemat Biaya

SIP Trunk menawarkan biaya komunikasi yang lebih terjangkau dibandingkan jalur telepon konvensional, termasuk juga panggilan jarak jauh atau internasional. Dengan begitu, perusahaan Anda dapat menghemat anggaran yang harus dikeluarkan.

  • Skalabilitas Tinggi

Dengan SIP Trunk, perusahaan Anda dapat dengan mudah menambah atau mengurangi kapasitas panggilan sesuai kebutuhan  tanpa harus memasang banyak infrastruktur fisik.

  • Fitur Lengkap

SIP Trunk dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti telekonferensi, voice over IP (VoIP), dan pesan suara. Fitur-fitur ini dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam berkomunikasi melalui panggilan suara.

  • Reliabilitas Tinggi

SIP Trunk menggunakan koneksi internet yang stabil dan dapat diandalkan. Dengan demikian, perusahaan dapat menjaga layanan komunikasi yang konsisten dan terpercaya.

Baca juga: Manfaat SIP Trunk untuk Perusahaan Anda

Kerugian Apabila Anda Tidak Menggunakan SIP Trunk

Berikut adalah tujuh kerugian yang akan Anda dapatkan apabila tidak menggunakan SIP Trunk:

  • Biaya Komunikasi Tinggi

Dengan menggunakan jalur telepon konvensional dibandingkan SIP Trunk, perusahaan Anda akan dikenakan biaya komunikasi yang tinggi, terutama jika melakukan panggilan jarak jauh atau internasional.

  • Keterbatasan Skalabilitas

Jalur telepon konvensional juga terbatas dalam hal skalabilitas sehingga perusahaan Anda akan kesulitan menyesuaikan kapasitas panggilan sesuai pertumbuhan bisnis.

  • Terbatasnya Fitur Komunikasi

Jalur telepon konvensional seringkali hanya menyediakan fitur dasar seperti panggilan suara dan pesan singkat sehingga membatasi produktivitas dan kualitas komunikasi perusahaan Anda.

  • Rentan Terhadap Gangguan

Lalu, jalur telepon konvensional diharuskan menggunakan infrastruktur fisik, sehingga rentan terhadap gangguan akibat kerusakan kabel atau bencana alam. Kerusakan ini dapat menyebabkan gangguan layanan yang bisa memengaruhi operasional bisnis.

  • Kurangnya Mobilitas

Menggunakan jalur telepon konvensional membuat para karyawan hanya dapat berkomunikasi di tempat-tempat tertentu yang menyediakan perangkat telepon fisik.

  • Sulit untuk Beradaptasi dengan Perkembangan Teknologi

Jalur telepon konvensional akan sulit untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi terbaru sehingga kinerja perusahaan menjadi kurang efisien dan terhambat untuk berinovasi.

  • Tidak Mendukung Pertumbuhan Bisnis yang Cepat

Jalur telepon konvensional tidak mampu mendukung pertumbuhan perusahaan Anda yang memiliki kapasitas panggilan yang tinggi. Dengan tidak menggunakan SIP Trunk, Anda bisa saja kehilangan kesempatan bisnis dan kesulitan dalam memenuhi permintaan pelanggan.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Penggunaan SIP Trunk?

Inilah beberapa cara yang diterapkan untuk mengoptimalkan penggunaan SIP Trunk:

  • Evaluasi Kebutuhan Bisnis

Sebagai pendahuluan, lakukan identifikasi kebutuhan komunikasi perusahaan Anda dan pastikan bahwa SIP Trunk dapat mendukung kebutuhan tersebut.

  • Pilih Penyedia Layanan Terpercaya

Kemudian, pilihlah penyedia SIP Trunk yang handal dan berpengalaman supaya perusahaan Anda mendapatkan layanan yang berkualitas.

  • Konfigurasi Sistem dengan Baik

Kemudian, lakukan konfigurasi sistem dan infrastruktur untuk mengintegrasikan SIP Trunk dengan sistem telepon perusahaan yang sudah ada.

  • Beri Pelatihan kepada Tim

Jangan lupa untuk memberikan pelatihan kepada tim call center Anda supaya mereka dapat menggunakan fitur-fitur baru yang disediakan oleh SIP Trunk. Dengan ini penggunaannya terjamin akan lebih efektif.

  • Lakukan Evaluasi dan Peningkatan Secara Berkala

Terakhir, lakukan evaluasi secara berkala terhadap kinerja SIP Trunk. Carilah cara untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaannya.

Baca juga: Mana Jenis SIP Trunk yang Cocok untuk Bisnis Anda? Ini jawabannya!

Percayakan Kami, Ivosights, Sebagai Penyedia SIP Trunk Andalan untuk Mendukung Perusahaan Anda

Itulah beberapa kerugian yang Anda dapatkan apabila tidak menggunakan SIP Trunk. Penggunaan SIP Trunk akan memberikan sejumlah manfaat bagi Anda, salah duanya berupa penghematan biaya komunikasi serta pengelolaan panggilan yang lebih terstruktur. 

Untuk mendapatkan layanan SIP Trunk, Anda bisa menjatuhkan pilihan Anda ke Ivosights. Sebagai penyedia end-to-end contact center solutions sekaligus bergerak di layanan customer engagement, Ivosights menghadirkan juga layanan SIP Trunk. Dengan menggunakan SIP Trunk milik Ivosights, Anda dapat meningkatkan kualitas panggilan sehingga pengalaman pelanggan yang diberikan juga semakin baik. Selain itu, SIP Trunk juga dapat mengenkripsi panggilan sehingga terjamin keamanannya. Segera dapatkan SIP Trunk dari tim kami untuk meningkatkan efisiensi panggilan telepon perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami