TikTok dan Instagram: Mana yang Lebih Baik untuk Campaign Ramadan?

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 21 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"TikTok dan Instagram merupakan dua dari banyak aplikasi media sosial yang sangat berguna untuk campaign di Ramadan. Yuk, ketahui mana yang lebih baik"

TikTok dan Instagram, kedua aplikasi tersebut memiliki jumlah pengguna yang banyak yang tersebar di seluruh dunia. Keberadaan kedua aplikasi media sosial tersebut juga memberikan banyak dampak kepada pemilik bisnis, mulai dari bisnis kecil hingga bisnis yang besar. Bukan hanya memiliki banyak tren dan peluang yang bagus untuk mempromosikan bisnis, TikTok dan Instagram juga memiliki banyak manfaat jika digunakan untuk melakukan campaign Ramadan. Yuk, simak dari kedua aplikasi media sosial tersebut mana yang lebih baik untuk campaign Ramadan!

Aplikasi TikTok untuk Berbisnis saat Ramadan

Semenjak pandemi, TikTok menjadi sangat dilirik oleh masyarakat karena memiliki pengguna yang mempunya banyak ide untuk konten yang menarik. Selain itu, TikTok juga memiliki banyak peluang untuk pebisnis kecil karena memiliki fitur penjualan seperti milik e-commerce yang terkenal. Selain itu, TikTok juga memiliki banyak tren yang terkenal sehingga pemilik bisnis dapat melihat dan memantau tren TikTok yang terkenal apa saja yang berpeluang untuk meningkatkan penjualan jika membuat promo menggunakan tren tersebut.

TikTok juga menjadi salah satu aplikasi yang membuka peluang bisnis atau bisa dibilang membuka banyak lapangan kerja untuk pemilik usaha. Banyaknya keuntungan yang akan pelanggan dapatkan di aplikasi ini juga sangat beragam, mulai dari potongan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan aplikasi penjualan lain hingga potongan ongkos kirim yang besar, khususnya untuk para pengguna TikTok yang baru.

Baca Juga: Pahami Fitur Early Alert Notification pada Aplikasi Digital Monitoring

Lebih lanjut, aplikasi TikTok juga bisa dimanfaatkan pemilik bisnis untuk memperluas brand awareness dengan menggunakan teknik digital monitoring agar bisnis yang dimiliki dapat lebih mudah memasuki For You Page (FYP) orang-orang. Mengapa memasuki FYP sangat penting bagi pemilik bisnis? Hal itu karena untuk meningkatkan jumlah views pada video promosi yang dipublikasi. 

Selanjutnya, saat Ramadan, ada banyak pemilik bisnis yang akan meramaikan datangnya Bulan Suci ini dengan campaign Ramadan. Akan ada banyak tagar dan tren terbaru agar masyarakat, khususnya umat muslim bisa lebih bersemangat saat berpuasa. Pada Ramadan tahun lalu, sebuah brand besar meramaikan tagar TikTok dengan tulisan #SerunyaRamadan yang dimana tagar tersebut banyak digunakan oleh masyarakat sehingga berhasil meraih views jutaan. Itu adalah salah satu contoh dimana TikTok bisa meningkatkan brand awareness lewat satu aksi kecil yang memiliki dampak besar. Singkatnya, aplikasi TikTok sangat bisnis-friendly yang akan mempermudah dan melancarkan bisnis yang kamu miliki.

Aplikasi Instagram untuk Berbisnis saat Ramadan

Siapa yang tidak mengenal aplikasi yang satu ini? Aplikasi Instagram memiliki fungsi khusus untuk memposting foto dan video ini memiliki banyak manfaat jika dialihfungsikan untuk melakukan bisnis. Instagram memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan, mulai dari tua, muda, artis, selebriti, hingga seniman. Instagram juga sudah menjadi bagian besar dari hidup masyarakat untuk memposting sesuatu setiap harinya.

Berkat semua hal tersebut, Instagram juga menjadi lahan bisnis untuk banyak orang. Instagram juga memiliki fitur untuk menjual barang atau produk yang Anda miliki dan pelanggan Anda bisa dengan mudah melakukan pembelian langsung di Instagram. Memiliki fitur Explore, Instagram juga memberikan peluang masyarakat yang memiliki bisnis untuk bisa memasuki Explore yang dimana bisa memberikan peluang agar produk atau barang yang dipromosikan bisa menjangkau banyak pelanggan.

Ramadan adalah saat yang tepat bagi pemilik bisnis untuk meningkatkan performa mereka di Instagram dengan melakukan campaign Ramadan. Pemilik bisnis juga bisa memanfaatkan iklan yang ada di Instagram untuk lebih mudah menjangkau Instagram Stories hingga di postingan para pelanggan. Dengan begitu, akan lebih meluasnya produk atau barang yang dipromosikan akan semakin banyak pelanggan baru yang membeli.

Cara Melakukan Campaign Ramadan di Instagram dan TikTok

  • Menggunakan Tagar yang Sesuai

Tagar di TikTok dan Instagram merupakan suatu hal yang harus digunakan jika Anda ingin produk yang dijual menjadi lebih laku dan memiliki banyak peminat saat melakukan campaign Ramadan. Kedua aplikasi ini akan banyak menampilkan tagar yang biasa digunakan oleh masyarakat. Untuk itu, cara melakukan campaign Ramadan terbaik adalah dengan mengikutsertakan tagar pada setiap postingan di TikTok maupun Instagram.

  • Memposting Pada Jam-Jam yang Tepat

TikTok dan Instagram memiliki algoritma yang berbeda dalam menampilkan video dan foto agar sampai ke beranda pelanggan. Di TikTok, Anda harus memposting video pada jam yang dimana orang aktif dalam menggunakan aplikasi yang satu ini. Tetapi, Anda tidak bisa mematok hal itu saja, diperlukan tagar atau konten preferensi yang sesuai untuk sampai di beranda pelanggan. Sedangkan di Instagram, Anda perlu memperhatikan jam-jam orang akan aktif di aplikasi ini atau membuat pelanggan memfollow akun Anda agar jika Anda membuat postingan terbaru, pelanggan akan langsung melihatnya.

  • Melakukan Digital Monitoring

Digital monitoring adalah salah satu aksi yang tepat untuk melakukan campaign di Ramadan. Lakukanlah digital monitoring pada masing-masing aplikasi dan dengan begitu, Anda akan melihat banyak perilaku masyarakat apa saja yang sesuai dengan bisnis yang dijalani, tren yang sedang viral, hingga challenge yang banyak dilakukan oleh masyarakat.

Setelah perbandingan di atas antara kedua aplikasi, Anda bisa menyesuaikan bisnis yang Anda miliki dengan kedua aplikasi tersebut. Singkatnya, Instagram dan TikTok memiliki kelebihan masing-masing untuk melakukan campaign Ramadan. 

Baca Juga: Ini Cara Mengikuti Tren Digital, Gunakan Platform Digital Monitoring

Gunakan Ripple10 untuk Digital Monitoring yang Lebih Baik saat Ramadan!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami