Tingkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Telesurvey WhatsApp Business

Whatsapp Bussiness API

,

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 09 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Kepuasan pelanggan merupakan hal yang utama. Menggunakan aktivitas telesurvey Whatsapp Business dapat membantu perusahaan dalam mengukur tingkat kepuasan"

Kepuasan pelanggan merupakan hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Jika pelanggan merasa kurang puas akan produk maupun layanan jasa yang diberikan oleh perusahaan, hal itu bisa menjadi masalah yang gawat karena pelanggan adalah salah satu ketergantungan perusahaan dalam menjalankan bisnis yang mereka lakukan. Kepuasan pelanggan dapat dinilai dari berbagai macam hal, beberapa diantaranya adalah survei yang dilakukan secara tertutup maupun secara publik oleh perusahaan. Survei-survei tersebut juga dilakukan dalam kurun waktu yang berbeda-beda, tergantung apakah perusahaan melakukannya untuk survei bulanan ataupun saat mereka ingin meluncurkan produk atau layanan jasa yang baru. 

Mengenal Telesurvey

Salah satu survei yang kita sering dengar atau bahkan dapatkan adalah telesurvey. Aktivitas ini adalah salah satu cara perusahaan dalam melakukan tes untuk melihat seberapa puas pelanggan terhadap perusahaan, produk, atau bahkan layanan jasa yang mereka pasarkan. Telesurvey adalah kegiatan yang dilakukan untuk melihat kepuasan pelanggan dengan menggunakan panggilan suara. 

Telesurvey sudah digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan oleh perusahaan dari sejak lama. Kegiatan yang satu ini membuat perusahaan mendapatkan feedback yang baik maupun buruk dari pelanggan yang nantinya akan dievaluasi untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas produk atau layanan jasa perusahaan.

Baca Juga: 5 Tips Memastikan Responden Jujur dalam Telesurvey

Tanpa adanya telesurvey, perusahaan tidak mampu untuk mengukur tingkat kepuasan para pelanggan setia. Selain itu, perusahaan juga sulit untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dalam hal interaksi dan komunikasi karena salah satu cara untuk membuat produk atau layanan jasa yang diluncurkan laku adalah dengan membangun kepercayaan dengan pelanggan.

Telesurvey dan WhatsApp Business

Namun, telesurvey yang dilakukan menggunakan panggilan telepon memiliki banyak keterbatasan. Seperti biaya yang lebih mahal dan tidak efektif dalam segi waktu dan kecepatan. Untuk itu, beberapa perusahaan berusaha memperbaiki dan mengganti panggilan telepon menggunakan WhatsApp Business. 

WhatsApp Business merupakan aplikasi yang membantu pebisnis dalam melakukan transaksi dan interaksi dengan pelanggan. Aplikasi ini sangat berguna dan bermanfaat untuk pemilik bisnis kecil yang menginginkan pelayanan terbaik untuk bisnis mereka. Perusahaan juga dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan kegiatan telesurvey dan menghemat biaya operasional dan tenaga kerja. 

WhatsApp Business juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dalam berinteraksi dengan perusahaan. WhatsApp memiliki banyak pengguna sehingga perusahaan juga memiliki banyak kemungkinan untuk mendapatkan responden yang banyak untuk telesurvey. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa WhatsApp Business dapat meningkatkan kepuasan pelanggan kepada perusahaan:

  • Pelanggan Lebih Nyaman Dibandingkan Panggilan Telepon

Di era digital saat ini, masyarakat harus lebih berhati-hati dengan maraknya penipuan menggunakan panggilan telepon. Hipnotis dari jarak jauh juga merupakan salah satu bahaya yang mengintai secara daring yang menggunakan panggilan suara. Hal ini menjadi satu masalah yang cukup serius bagi perusahaan yang masih menggunakan panggilan suara untuk melakukan kegiatan telesurvey.

Untuk itu, salah satu cara untuk membuat pelanggan merasa lebih nyaman adalah dengan menggunakan WhatsApp Business. Aplikasi yang satu ini bisa membuat pesan otomatis untuk pelanggan dan mereka dapat membalas survei yang dilakukan oleh perusahaan tanpa perlu menggunakan panggilan suara. Mudah, bukan?

  • Memiliki Fitur-Fitur yang Mendukung

Berbeda dengan panggilan suara, WhatsApp Business memiliki fitur-fitur yang mendukung untuk melakukan banyak improvisasi dalam melakukan survei. Jika dengan menggunakan panggilan telepon para agen telesurvey harus menelepon kandidatnya satu per satu, aplikasi WhatsApp Business memiliki fitur untuk melakukan forward kepada para responden.

Baca Juga: Istilah-istilah dalam Akun Whatsapp Business API

Selain itu, telepon konvensional juga memiliki banyak keterbatasan yang sangat berbeda dengan fitur-fitur yang ada di WhatsApp Business. Perusahaan juga tidak memerlukan tenaga kerja khusus untuk melakukan kegiatan survei dalam WhatsApp Business karena dapat dilakukan dengan cepat dalam satu waktu. Singkatnya, WhatsApp Business memiliki fitur-fitur yang mendukung bagi perusahaan untuk melakukan telesurvey.

  • Dapat Memberikan Waktu Lebih Banyak pada Pelanggan untuk Menjawab

Pelanggan biasanya harus memiliki beberapa waktu sebelum menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh telesurvey saat melakukan panggilan telepon. Hal ini disebabkan karena agen telesurvey memiliki keterbatasan waktu sehingga pelanggan harus cepat dalam menjawab pertanyaan yang diajukan.

Berbeda dengan saat menggunakan WhatsApp Business, perusahaan dapat memberikan pelanggan banyak waktu untuk menjawab karena survei yang dijalani dalam aplikasi ini tidak terpaku oleh waktu yang terbatas sehingga pelanggan dapat lebih rileks dalam memberikan jawaban dan masukan kepada perusahaan. 

  • Tidak Memiliki Batasan Waktu

Perusahaan memiliki waktu yang terbatas saat melakukan telesurvey menggunakan panggilan suara karena biaya operasional yang dikeluarkan untuk telepon konvensional cukup mahal. Untuk itu, perusahaan dapat mengganti telepon konvensional menggunakan WhatsApp Business karena tidak memiliki batasan waktu yang harus dipatuhi agar tidak memakan biaya terlalu banyak. Selain itu, hal ini juga tidak akan memburu-burui pelanggan dan meningkatkan kepuasan mereka dalam berinteraksi dengan perusahaan.

Jika Anda ingin meningkatkan kualitas bisnis Anda dengan menggunakan WhatsApp Business tetapi bingung harus memulai dari mana, hubungi call center Ivosights! Kami menyediakan layanan jasa untuk WhatsApp Business dan WhatsApp Business API agar kemampuan pelayanan bisnis Anda semakin membaik. Yuk, hubungi kami sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami