Ukur Customer Loyalty dengan Menggunakan Telesurvey

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 03 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock

"Telesurvey dapat digunakan untuk mengukur tingkat customer loyalty perusahaan Anda"

Telesurvey merupakan salah satu pilihan alat yang digunakan untuk mengukur tingkat customer loyalty pelanggan perusahaan. Selain data yang dikumpulkan lebih banyak, agen telesurvey dari perusahaan Anda bisa melakukan survei lewat saluran telepon. Salah satu kegunaan lain telesurvey adalah untuk mengukur seberapa tingkat customer loyalty para pelanggan perusahaan Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait cara mengukur customer loyalty dengan menggunakan telesurvey, simak penjelasannya dari artikel ini!

Pengertian dari Customer Loyalty

Customer loyalty adalah ukuran tingkat kesetiaan dan keterikatan pelanggan terhadap produk atau layanan suatu perusahaan. Pelanggan yang loyal cenderung melakukan pembelian berulang dan berkemungkinan untuk mencoba produk baru dari perusahaan tersebut. Tingkat customer loyalty yang tinggi menjadi indikator kesuksesan bisnis dalam mempertahankan pasar dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Mengenal Lebih Dekat tentang Telesurvey

Telesurvey adalah sebuah metode pengumpulan data melalui wawancara atau survei telepon. Dalam konteks pengukuran customer loyalty, telesurvey digunakan untuk mendapatkan respon dan umpan balik dari pelanggan mengenai pengalaman mereka dengan produk atau layanan perusahaan. Dengan melakukan telesurvey, perusahaan dapat memahami tingkat kepuasan pelanggan, masalah yang dihadapi, dan peluang untuk meningkatkan pelayanan.

Baca juga: 5 Macam Teknik Wawancara Telesurvey, Dijamin Akurat!

Mengapa Customer Loyalty Penting untuk Diukur?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa customer loyalty perlu diukur:

  • Meningkatkan Retensi Pelanggan

Dengan memahami tingkat kesetiaan pelanggan, perusahaan Anda bisa mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan menciptakan strategi untuk mempertahankan pelanggan.

  • Menilai Kualitas Layanan

Customer loyalty bisa mencerminkan kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan. Dengan mengukur customer loyalty, perusahaan Anda bisa mengevaluasi sejauh mana pelanggan puas dengan layanan yang diberikan.

  • Meningkatkan Efisiensi Pemasaran

Pelanggan loyal cenderung memberikan umpan balik positif dan merekomendasikan perusahaan kepada orang lain. Dengan begitu, perusahaan Anda bisa mengurangi biaya pemasaran dan meningkatkan efisiensi kampanye promosi.

  • Identifikasi Peluang Bisnis Baru

Customer loyalty membantu perusahaan mengidentifikasi peluang bisnis baru, seperti pengembangan produk atau layanan baru yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Cara Mengukur Customer Loyalty Menggunakan Telesurvey

Berikut ini adalah cara mengukur customer loyalty dengan menggunakan telesurvey:

  • Tentukan Tujuan Survey

Pertama-tama, tentukan tujuan yang ingin dicapai dari survei ini. Misalnya, apakah perusahaan Anda ingin mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, alasan pelanggan memilih produk Anda, atau sejauh mana pelanggan bersedia merekomendasikan produk kepada orang lain.

  • Buat Kuesioner yang Relevan

Buatlah kuesioner yang relevan dengan tujuan survei. Pastikan pertanyaan yang diajukan dapat memberikan informasi yang berguna untuk meningkatkan customer loyalty.

  • Pilih Sampel Pelanggan

Kemudian, pilihlah sampel pelanggan yang representatif dari berbagai segmen pasar. Pastikan sampel yang dipilih mencakup pelanggan setia dan baru.

  • Lakukan Telesurvey

Lakukan telesurvey dengan menghubungi pelanggan yang dipilih sebagai sampel. Pastikan melakukan wawancara dengan ramah dan profesional untuk mendapatkan tanggapan yang jujur dan akurat.

  • Analisis Data dan Ambil Tindakan

Setelah mendapatkan hasil telesurvey, lakukan analisis data yang telah dikumpulkan. Identifikasi area yang perlu diperbaiki dan ambil tindakan untuk meningkatkan customer loyalty.

Manfaat Penggunaan Telesurvey untuk Mengukur Customer Loyalty

Berikut inilah beberapa manfaat penggunaan telesurvey untuk mengukur customer loyalty:

  • Tanggapan Langsung

Telesurvey menyajikan tanggapan langsung dari pelanggan, sehingga informasi yang didapatkan lebih akurat dan mendalam.

  • Keterlibatan Pelanggan

Dengan dihubungi secara langsung, pelanggan merasa lebih dihargai dan terlibat dalam proses pengukuran customer loyalty.

  • Kesempatan Perbaikan

Hasil telesurvey memberikan kesempatan bagi perusahaan Anda untuk memperbaiki masalah dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

  • Basis Perbandingan

Data dari telesurvey dapat digunakan sebagai basis perbandingan dalam mengukur perubahan customer loyalty dari waktu ke waktu.

Baca juga: Cari Tau Product-Market Fit dengan Menggunakan Teknik Telesurvey

Maksimalkan Pengukuran Customer Loyalty dengan Telesurvey

Untuk mendukung telesurvey, Anda bisa dapatkan platform CRM multifungsi yang mengintegrasikan sejumlah platform, termasuk voice platform. Pertimbangkan untuk menggunakan Sociomile Voice,  sistem call center praktis dan membuat survei dengan saluran telepon jauh lebih efisien. Sociomile Voice mendukung seluruh operasional agen contact center, termasuk melakukan panggilan inbound dan outbound

Sistem kami juga menyediakan beberapa fitur bermanfaat, seperti Predictive Dialer System dan Automatic Call Distribution. Sistem ini juga bisa diintegrasikan dan membantu Anda dalam memantau kinerja agen berkat adanya fitur monitoring wallboard. Tak hanya itu, Anda akan dibebaskan untuk mengkustomisasi sistem telephony dalam bentuk dashboard, flow ticket, hingga reporting menyesuaikan kebutuhan perusahaan Anda. Segera hubungi tim Ivosights untuk mendapatkan demo sistem ini secara langsung.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami