Cari Tau Product-Market Fit dengan Menggunakan Teknik Telesurvey

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 25 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock

"Menggunakan telesurvey untuk mengetahui product-market fit akan mengurangi resiko gagalnya produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan"

Dalam dunia bisnis, Anda perlu mencari tahu apakah produk atau layanan yang disediakan perusahaan sudah sesuai dengan kebutuhan pasar. Hal ini dinamakan dengan istilah product-market fit. Salah satu teknik yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui product-market fit ini adalah telesurvey. Sebelum mengetahui bagaimana menggunakan telesurvey untuk mengetahui product-market fit, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu pengertian dan konsep telesurvey itu sendiri.

Mengenal Pengertian dan Konsep Telesurvey

Telesurvey merupakan sebuah metode pengumpulan data dari para responden, atau pelanggan perusahaan, yang dilakukan dengan bantuan telepon. Dalam telesurvey, seorang agen akan menghubungi responden satu per satu melalui telepon untuk memberikan pertanyaan terstruktur yang berkaitan dengan produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan.

Apa itu Product-Market Fit?

Sementara itu, product-market fit adalah kondisi di mana produk atau layanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan sangat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Ketika sebuah produk berhasil mencapai product-market fit, tandanya produk tersebut telah berhasil menarik minat dan kepuasan dari target pasar.

Baca juga: Yuk, Lakukan Telesurvey yang Mudah dengan WhatsApp Business

Mengapa Product-Market Fit Penting?

Inilah beberapa alasan mengapa product-market fit penting untuk diperhatikan dalam berbisnis:

  • Meminimalkan Resiko Gagal

Dengan mencapai product-market fit, Anda dapat meminimalisir resiko terjadinya kegagalan bisnis. Jika produk atau layanan tidak sesuai dengan kebutuhan pasar, perusahaan Anda akan kesulitan untuk mencari pelanggan dan menghasilkan cukup pendapatan untuk bertahan.

  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Produk maupun layanan perusahaan yang bisa memenuhi kebutuhan pelanggan cenderung meningkatkan loyalitas pelanggan. Product-market fit juga bisa membantu membangun hubungan dengan pelanggan sehingga mereka akan melakukan repurchasing bahkan merekomendasikannya kepada orang lain.

  • Mengidentifikasi Kesempatan Pertumbuhan

Perusahaan dapat mengidentifikasi peluang pertumbuhan potensial berdasarkan hasil dari product-market fit. Perusahaan yang memahami apa yang diinginkan oleh pasar  dapat mengembangkan produk baru atau meningkatkan produk yang ada untuk memenuhi permintaan yang belum terpenuhi.

  • Meningkatkan Efisiensi Operasional

Produk atau layanan yang telah mencapai product-market fit biasanya akan berkurang biaya operasionalnya. Hal ini disebabkan karena perusahaan dapat fokus pada target pasar yang tepat, mengurangi risiko produk yang kurang berhasil, dan meningkatkan efisiensi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Product-Market Fit?

Berikut ini merupakan beberapa cara mengidentifikasi product-market fit:

  • Melakukan Survei dan Wawancara

Lakukan survei dan wawancara dengan calon pelanggan untuk memahami kebutuhan dan kendala yang dialami. Dengan mengumpulkan feedback secara langsung, perusahaan Anda dapat memahami apakah produk atau layanan mereka telah  sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

  • Mengamati Tingkat Penggunaan dan Retensi

Perhatikan kembali tingkat penggunaan produk atau layanan Anda dan retensi pelanggan. Pelanggan yang puas dengan produk maupun layanan yang ditawarkan cenderung melakukan repurchasing secara berkala.

  • Analisis Kompetitor

Lakukan analisis terhadap perusahaan kompetitor untuk melihat bagaimana perbedaan antar produk atau layanannya dengan perusahaan Anda. Pastikan produk serta layanan yang Anda berikan dapat memenuhi kebutuhan pasar secara lebih baik.

Manfaat Menggunakan Telesurvey untuk Mengetahui Product-Market Fit

Inilah manfaat apabila Anda menggunakan telesurvey untuk mengetahui product-market fit dalam perusahaan Anda:

  • Validasi Ide Produk

Telesurvey dapat digunakan untuk mengumpulkan feedback dan pendapat langsung dari calon konsumen mengenai ide produk maupun layanan yang sedang dalam proses pengembangan.

  • Mengidentifikasi Kebutuhan Pasar

Dengan melakukan telesurvey, perusahaan dapat mengidentifikasi kebutuhan dan masalah yang dihadapi oleh pasar sehingga produk yang ditawarkan dapat lebih relevan dan bermanfaat.

  • Mengurangi Resiko

Mengetahui product-market fit sejak dini membuat perusahaan dapat mengurangi resiko terjadinya kegagalan produk atau layanan di pasar.

Baca juga: Mengoptimalkan Product-Market Fit dengan Digital Listening Tools

Beberapa Tahapan dalam Penerapan Telesurvey untuk Mengetahui Product-Market Fit

Inilah beberapa tahapan yang Anda lakukan dalam penerapan telesurvey untuk mengetahui product-market fit:

  • Tentukan Tujuan

Pertama, tentukan tujuan penggunaan telesurvey, seperti untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan yang sudah ada atau ingin mengidentifikasi kebutuhan baru di pasar.

  • Buat Pertanyaan yang Relevan

Buatlah pertanyaan-pertanyaan relevan dan terarah sesuai dengan tujuan survei. Pastikan pertanyaan ini  tidak terlalu panjang dan mudah dipahami oleh pengisi survei.

  • Identifikasi Target Responden

Tentukan juga profil target responden yang ingin dituju dalam telesurvey, seperti umur, lokasi, dan minat tertentu.

  • Lakukan Telesurvey

Lakukan telesurvey dengan menelepon responden sesuai dengan profil yang telah ditentukan. Pastikan untuk menjaga etika dalam berkomunikasi serta mendengarkan responden dengan seksama.

  • Analisis Hasil

Setelah melakukan telesurvey, lakukan analisis dan interpretasi hasilnya dengan cermat. Identifikasi juga apa kesimpulan dan temuan yang dapat digunakan untuk meningkatkan produk atau layanan perusahaan.

Ivosights, Salah Satu Penyedia Platform Pendukung Telesurvey

Dengan melakukan telesurvey, perusahaan dapat memvalidasi ide produk, mengidentifikasi kebutuhan pasar, dan mengurangi risiko kegagalan produk. Perusahaan juga akan memperoleh insight berharga dari calon konsumen untuk meningkatkan kualitas dan relevansi produk.

Sebagai platform pendukung telesurvey, Anda dapat memanfaatkan Sociomile untuk melakukan survei untuk memonitor kepuasan pelanggan. Survei ini dapat dilakukan pada lima channel digital yang semuanya terintegrasi dalam Sociomile. Tanggapan atau respon yang diberikan oleh para pelanggan akan ditampilkan secara langsung di dashboard Sociomile. Tunggu apalagi? Segera hubungi tim Ivosights untuk mendapatkan sistem Sociomile ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami