Perbedaan Melakukan Telesurvey dengan Panggilan dan WhatsApp Business

Whatsapp Bussiness API

,

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 13 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"WhatsApp Business memiliki peran penting dalam kelancaran penjualan, terutama untuk melakukan interaksi dan berkomunikasi dengan baik bersama pelanggan"

Siapa yang tidak mengenal aplikasi WhatsApp Business? Aplikasi yang satu ini dimanfaatkan oleh banyak pebisnis untuk kelancaran usaha mereka dalam berjualan. Selain itu, banyak pebisnis yang menggunakan aplikasi ini untuk memudahkan mereka dalam berinteraksi dengan pelanggan serta melakukan ajang promosi dengan mudah melalui fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi WhatsApp Business. Namun, aplikasi ini juga bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan jual beli atau berinteraksi dengan pelanggan mengenai sebuah produk saja, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan penting perusahaan seperti telesurvey. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai perbedaan melakukan telesurvey dengan panggilan dan WhatsApp Business

Apa itu Telesurvey

Telesurvey adalah kegiatan survei perusahaan yang digunakan untuk mendapatkan feedback dari pelanggan melalui panggilan telepon. Kegiatan ini biasanya berlangsung dalam beberapa menit saja karena ada batasan waktu yang membuat perusahaan harus menekan biaya karena kegiatan telesurvey dengan panggilan masih menggunakan telepon konvensional yang memiliki biaya yang cukup besar.

Biasanya, agen telesurvey perusahaan akan menanyakan beberapa pertanyaan yang menyangkut tentang perusahaan, produk, dan layanan jasa yang mereka berikan kepada pelanggan. Di sana, pelanggan memiliki kesempatan untuk memberikan saran dan kritikan kepada perusahaan dan jawaban tersebut nantinya akan dicatat oleh agen perusahaan dan disortir kembali apakah saran dan kritikan dari pelanggan tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi oleh perusahaan atau tidak.

Baca Juga: Optimalisasi Riset Pemasaran dengan Telesurvey

Tujuan lain dari kegiatan telesurvey ini adalah untuk membuat interaksi yang lebih dekat dengan pelanggan agar perusahaan bisa mengenal para pelanggannya secara lebih dalam. Selain itu, pelanggan juga bisa mendapatkan pengalaman menarik dalam telesurvey karena bisa berhubungan langsung dengan agen perusahaan melalui sambungan telepon.

Pelanggan-pelanggan yang dihubungi oleh agen telesurvey juga bukan sembarangan orang, melainkan orang-orang yang sudah diriset dari daftar pelanggan setia oleh perusahaan. Orang-orang tersebut terpilih dalam kegiatan telesurvey karena memiliki banyak kemungkinan untuk menjadi responden yang responsif serta menyanggupkan untuk mengangkat sambungan telepon.

Panggilan Telesurvey Saat Ini

Panggilan telesurvey saat ini masih sering dilakukan oleh banyak perusahaan, tetapi, sayangnya kegiatan ini tidak lagi menjadi alternatif terbaik untuk mendapatkan respon dari pelanggan. Banyaknya perubahan pada teknologi dan kebiasaan masyarakat membuat kegiatan telesurvey ini tidak lagi relevan untuk diaplikasikan pada zaman sekarang.

Banyaknya aplikasi penunjang dan media sosial yang bisa dimanfaatkan pada masa kini juga membuat perusahaan lebih memilih untuk menggunakannya dibanding dengan melakukan survei secara langsung menggunakan sambungan telepon. Meskipun masih menjadi salah satu kegiatan untuk mendapatkan feedback dari pelanggan, kegiatan ini tidak lagi menjadi satu-satunya kegiatan untuk mendapatkan tingkat kepuasan pelanggan. 

Telesurvey dengan WhatsApp Business

Siapa yang sangka bahwa WhatsApp Business bisa dijadikan alternatif yang lebih baik untuk melakukan kegiatan telesurvey? Aplikasi yang satu ini memang sudah terkenal memiliki banyak fungsi dan fitur yang akan memudahkan penggunanya dalam urusan bisnis. Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh WhatsApp Business menjadikan aplikasi ini banyak digunakan oleh kalangan penjual dan pebisnis yang ingin meningkatkan performa interaksi mereka dengan para pelanggan.

Namun, apakah aplikasi ini benar-benar bisa dijadikan sebagai alternatif yang tepat untuk melakukan telesurvey? Jawabannya ya. WhatsApp Business memiliki banyak fitur yang berbeda dengan aplikasi WhatsApp biasa yang tentunya bisa dialihfungsikan untuk melakukan telesurvey, salah satunya adalah fitur yang bisa memudahkan Anda untuk mengirimkan pesan otomatis kepada pelanggan. Singkatnya, WhatsApp Business merupakan langkah yang tepat untuk melakukan telesurvey.

Perbedaan Panggilan Telesurvey dan WhatsApp Business

Tentunya, kedua hal ini memiliki beberapa perbedaan yang terlihat jelas jika perusahaan menggabungkannya. Berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa perbedaan antara panggilan telesurvey dan WhatsApp Business:

  • Perbandingan Biaya

Perbedaan pertama yang akan dirasakan oleh perusahaan antara panggilan telesurvey dan WhatsApp Business adalah perbandingan biaya. Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk sebuah telepon konvensional sangat mahal karena adanya perbedaan listrik dan aliran kabel dengan internet. Selain itu, telepon konvensional juga dihitung biayanya dari per menit hingga per jam, sedangkan, tim operasional membutuhkan untuk berkomunikasi dengan banyak pelanggan dalam sehari.

Baca Juga: 5 Langkah Memaksimalkan Tingkat Respon pada Telesurvey Anda

Jika dibandingkan dengan WhatsApp Business, telesurvey bisa menjadi jauh lebih hemat karena biaya yang dikeluarkan untuk aplikasi ini berbanding jauh dengan biaya panggilan telepon konvensional. Terlebih, untuk mengoperasikan WhatsApp Business, perusahaan hanya membutuhkan jaringan internet yang stabil dan bisa dilakukan dimana saja.

  • Waktu dan Efektifitas

Dalam panggilan telesurvey, perusahaan harus menghubungi pelanggan dalam satu hari dengan jumlah yang banyak. Hal ini sangat membuang waktu dan tidak efektif karena ada banyak pelanggan yang tidak mengangkat telepon dan hanya akan membebani biaya pengeluaran. Sedangkan dengan WhatsApp Business, waktu dan efektifitas lebih terjamin karena dalam WhatsApp Business, perusahaan dapat langsung mengirimkan pesan survei kepada pelanggan dalam satu waktu.

  • Tingkat Responden

Salah satu perbedaan yang mencolok dari panggilan telesurvey dan WhatsApp Business adalah tingkat responden dalam menjawab telesurvey. Banyak orang yang saat ini sudah enggan untuk mengangkat telepon dari orang atau nomor asing sehingga panggilan telesurvey saat ini sudah tidak lagi diminati. Berbeda dengan WhatsApp Business, aplikasi ini memiliki banyak kemungkinan untuk mengambil responden yang banyak karena WhatsApp memiliki banyak pengguna.

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Serahkan pada kami dan kami akan memberikan layanan terbaik bagi bisnis Anda. Yuk, hubungi call center kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami