Maksimalkan Keputusan Berbasis Customer Loyalty dengan Data Telesurvey

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 03 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock

"Dengan adanya data telesurvey, Anda bisa mengetahui seberapa besar tingkat customer loyalty terhadap perusahaan Anda. Data ini juga membantu mengarahkan Anda dalam mengambil keputusan bisnis"

Customer loyalty atau loyalitas pelanggan menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan perusahaan. Pelanggan yang loyal cenderung lebih setia, melakukan pembelian berulang, dan memberikan referensi positif kepada orang lain. Untuk mengoptimalkan keputusan berbasis customer loyalty, perusahaan perlu mengumpulkan data yang akurat dan relevan. Sebagai salah satu tools pengumpul data untuk perusahaan, telesurvey memudahkan Anda karena pengumpulan tersebut bisa dilakukan darimana saja kapan saja melalui telepon. Telesurvey juga bisa mengumpulkan data-data para pelanggan perusahaan, termasuk seberapa tinggi tingkat customer loyalty. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait penggunaan data telesurvey untuk memaksimalkan keputusan perusahaan berbasis customer loyalty, simak artikel ini!

Definisi Telesurvey

Telesurvey merupakan sebuah metode pengumpulan data dengan cara melakukan survei atau wawancara melalui telepon. Dalam telesurvey, seorang agen bertugas menghubungi responden secara langsung untuk mengajukan pertanyaan terkait. Telesurvey sangat efektif digunakan untuk mengumpulkan data dari sejumlah responden dengan cepat dan efisien.

Baca juga: Inilah Keuntungan Dapatkan Agen Telesurvey dari BPO Contact Center

Sejumlah Manfaat Data Telesurvey untuk Mengukur Customer Loyalty

Inilah sejumlah manfaat data telesurvey untuk mengukur customer loyalty:

  • Data yang Akurat dan Real-time

Dengan telesurvey, Anda dapat mengumpulkan data dari pelanggan secara langsung dan real-time. Hal ini membuat Anda memeroleh informasi akurat tentang tingkat kepuasan pelanggan dan sejauh mana mereka loyal terhadap perusahaan.

  • Identifikasi Tren dan Pola Perilaku Pelanggan

Data telesurvey yang terkumpul akan dianalisis untuk mengidentifikasi tren dan pola perilaku pelanggan. Anda juga dapat mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan dan loyalitas mereka.

  • Pengukuran Efektivitas Strategi Pemasaran

Kemudian, data telesurvey membantu mengukur efektivitas strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh perusahaan Anda. Anda juga bisa mengevaluasi sejauh mana kampanye berhasil meningkatkan customer loyalty.

  • Perbaikan Produk dan Layanan

Dengan memahami kebutuhan dan harapan pelanggan melalui data telesurvey, perusahaan Anda dapat melakukan peningkatan mutu produk dan layanan sebagai salah satu cara meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

  • Prediksi Kehilangan Pelanggan

Data telesurvey juga dapat membantu memprediksi potensi kehilangan pelanggan karena Anda bisa mengidentifikasi lebih awal pelanggan yang tidak puas atau kurang loyal.

Langkah-Langkah Memanfaatkan Data Telesurvey untuk Peningkatan Customer Loyalty

Untuk memaksimalkan manfaat dari data telesurvey dalam meningkatkan customer loyalty, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tentukan Tujuan Survei

Langkah pertama adalah menetapkan tujuan survei dengan jelas. Tujuan yang jelas akan membantu mengarahkan pertanyaan dalam survei.

  • Rancang Pertanyaan yang Relevan

Buatlah daftar pertanyaan yang relevan dengan tujuan survei. Pertanyaan harus jelas, mudah dimengerti, dan terfokus pada aspek yang ingin diukur.

  • Identifikasi Responden yang Tepat

Tentukan kelompok responden yang sesuai dengan target pasar atau pelanggan Anda. Pastikan responden yang dipilih dapat mewakili setiap jenis pelanggan secara keseluruhan.

  • Lakukan Telesurvey dengan Profesional

Akan lebih baik jika Anda menggunakan layanan telesurvey yang profesional dan berpengalaman. Agen telesurvey yang terlatih akan mengajukan pertanyaan dengan tepat dan mendapatkan jawaban yang akurat.

  • Analisis Data dengan Cermat

Setelah data telesurvey terkumpul, lakukan analisis untuk mendapatkan insight yang berharga. Identifikasi tren dan pola perilaku pelanggan, serta area perbaikan yang perlu ditindaklanjuti.

  • Ambil Tindakan Perbaikan

Selanjutnya, ambil langkah-langkah perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan tingkat customer loyalty.

  • Monitor dan Evaluasi

Terakhir, lakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala terhadap langkah-langkah perbaikan yang telah diambil. Pantau perubahan tingkat customer loyalty dan evaluasi apakah strategi yang diterapkan telah berhasil.

Baca juga: Inilah yang Harus Anda Lakukan Ketika Menganalisis Data dari Telesurvey

Bagaimana Cara Mengambil Keputusan Berbasis Customer Loyalty?

Berikut ini adalah beberapa cara mengambil keputusan berbasis customer loyalty:

  • Analisis Data Customer Loyalty

Lakukan analisis mendalam terhadap data pelanggan yang telah terkumpul. Tinjau sejarah pembelian, frekuensi pembelian, nilai pembelian, dan tingkat keterlibatan pelanggan untuk mengetahui lebih dalam tentang pola pembelian dan tingkat loyalitas pelanggan.

  • Survei dan Umpan Balik Pelanggan

Lakukan survei untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan perusahaan. Tanyakan juga tentang sejauh mana mereka cenderung merekomendasikan produk maupun layanan tersebut kepada orang lain. Umpan balik dari pelanggan juga membantu mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki.

  • Fokus pada Pengalaman Pelanggan

Pastikan pengalaman pelanggan selalu diprioritaskan perusahaan. Berikan layanan pelanggan yang ramah, tanggap, dan profesional. Ketahui kebutuhan dan preferensi pelanggan dan pastikan setiap interaksi dengan perusahaan Anda memberikan pengalaman positif bagi pelanggan.

  • Program Loyalty dan Insentif

Buatlah program loyalitas yang menarik bagi pelanggan yang telah setia. Berikan juga insentif seperti diskon, hadiah, atau akses ke penawaran eksklusif bagi pelanggan yang terus memilih perusahaan.

  • Pantau dan Ukur Hasil

Setelah mengambil keputusan berbasis customer loyalty, lakukan pemantauan secara teratur serta ukurlah hasilnya. Tinjau apakah keputusan yang diambil telah memberikan dampak positif pada tingkat retensi pelanggan, keterlibatan pelanggan, dan hasil bisnis secara keseluruhan.

  • Rekomendasi dan Perbaikan

Jika hasil dari keputusan yang diambil tidak sesuai dengan harapan, lakukanlah evaluasi dan identifikasi area yang perlu diperbaiki. Buat rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan data dan umpan balik dari pelanggan.

Maksimalkan Kinerja Pengambilan Data dengan Sistem Call Center Terbaik! 

Untuk mendukung telesurvey, Anda bisa dapatkan platform CRM multifungsi yang mengintegrasikan sejumlah platform, termasuk voice platform. Pertimbangkan untuk menggunakan Sociomile Voice,  sistem call center praktis dan membuat survei dengan saluran telepon jauh lebih efisien. Sociomile Voice mendukung seluruh operasional agen contact center, termasuk melakukan panggilan inbound dan outbound

Sistem kami juga menyediakan beberapa fitur bermanfaat, seperti Predictive Dialer System dan Automatic Call Distribution. Sistem ini juga bisa diintegrasikan dan membantu Anda dalam memantau kinerja agen berkat adanya fitur monitoring wallboard. Tak hanya itu, Anda akan dibebaskan untuk mengkustomisasi sistem telephony dalam bentuk dashboard, flow ticket, hingga reporting menyesuaikan kebutuhan perusahaan Anda. Segera hubungi tim Ivosights untuk mendapatkan demo sistem ini secara langsung.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami