Inilah Keuntungan Dapatkan Agen Telesurvey dari BPO Contact Center

Sociomile

,

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Kamis, 27 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock

"Mendapatkan agen telesurvey dari pihak BPO Contact Center memberikan sejumlah manfaat berikut ini"

Salah satu cara untuk mendapatkan informasi tentang tingkat kepuasan pelanggan dalam menggunakan produk maupun layanan perusahaan adalah melalui telesurvey. Pengumpulan data berupa tingkat kepuasan pelanggan akan berguna untuk mengevaluasi sekaligus memperbaiki produk atau layanan perusahaan supaya semakin relevan dengan kebutuhan dan preferensi pelanggannya. Memilih agen telesurvey dapat dilakukan dua opsi, yaitu mengadakan perekrutan sendiri dalam internal perusahaan atau menggunakan jasa BPO Contact Center. Penggunaan jasa provider seperti ini mendatangkan lebih banyak manfaat dibandingkan dari pihak perusahaan itu sendiri. Apa saja keuntungan yang dimaksud? Untuk itu, simaklah artikel berikut di bawah ini.

Pengertian dari Istilah Telesurvey

Telesurvey merupakan sebuah proses pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mewawancara responden melalui panggilan telepon. Responden ini bisa merupakan pelanggan atau calon pelanggan perusahaan. Penerapan telesurvey bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang kepuasan pelanggan, tingkat kepercayaan, serta umpan balik yang membantu meningkatkan pelayanan dan produknya.

Mengenal Apa itu BPO Contact Center

Sementara itu, BPO Contact Center adalah proses bisnis dimana perusahaan mengalihkan fungsi layanan pelanggan mereka kepada pihak ketiga atau vendor yang menyediakan layanan pelanggan secara khusus. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, kualitas, dan respons layanan pelanggan. Pihak ketiga yang disebut juga sebagai penyedia layanan BPO Contact Center biasanya memiliki infrastruktur, teknologi, dan tim ahli yang terlatih untuk memberikan layanan pelanggan yang berkualitas tinggi.

Baca juga: Lakukan Telesurvey dengan Bantuan Beberapa Platform Ini, Lebih Mudah!

Apa Saja Tugas dan Kewajiban dari Agen Telesurvey

Beberapa tugas dan kewajiban dari agen telesurvey antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menghubungi Responden

Pertama, agen telesurvey bertugas menghubungi responden melalui saluran telepon dan menjelaskan tujuan melakukan telesurvey.

  • Menyampaikan Pertanyaan dengan Jelas

Agen telesurvey harus mampu menyampaikan pertanyaan dengan jelas dan objektif supaya tanggapan atau respon dari responden bersifat akurat dan relevan.

  • Mendengarkan dengan Empati

Tanggapan responden perlu ditanggapi agen dengan rasa empati sehingga responden merasa dihargai dan termotivasi untuk memberikan jawaban sebenar-benarnya.

  • Merekam dan Menganalisis Data

Data-data yang diperoleh dari responden harus direkam dan dianalisis oleh para agen telesurvey  untuk mendapatkan insight yang berharga.

Beberapa Kriteria yang Harus Dimiliki Agen Telesurvey

Untuk menjadi agen telesurvey yang efektif, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki:

  • Kemampuan Komunikasi yang Baik

Agen telesurvey harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik supaya interaksi mereka dengan responden berjalan lancar dan efisien.

  • Sikap Empati

Adanya sikap empati membantu agen telesurvey memahami perasaan dan kebutuhan responden sehingga mereka akan lebih terbuka dalam memberikan respon.

  • Ketekunan dan Ketelitian

Proses melakukan telesurvey memerlukan ketekunan dan ketelitian dalam bentuk mencatat dan menganalisis data. Dengan begitu, hasil yang diperoleh akurat dan dapat diandalkan.

  • Pengetahuan Produk dan Layanan

Selain kemampuan berkomunikasi yang baik, agen telesurvey perlu memiliki pengetahuan mendalam tentang produk dan layanan perusahaan untuk dapat menjawab segala bentuk pertanyaan dari responden dengan baik.

Keuntungan Mendapatkan Agen Telesurvey dari BPO Contact Center

Inilah sejumlah keuntungan yang akan didapat bila Anda mendapatkan agen telesurvey dari BPO Contact Center:

  • Profesionalisme

BPO Contact Center terbukti menyediakan agen telesurvey terlatih dan sangat berpengalaman dalam mengelola teknik telesurvey.

  • Skalabilitas

Jumlah agen telesurvey yang tersedia dalam BPO Contact Center dapat menyesuaikan dengan kebutuhan proyek, bahkan dalam skala besar. Perusahaan tidak perlu khawatir lagi tentang kurangnya jumlah sumber daya manusia.

  • Teknologi Terkini

BPO Contact Center menyediakan dan menggunakan teknologi terkini yang mendukung pelaksanaan telesurvey, termasuk sistem pencatatan dan analisis data survei.

  • Hasil yang Akurat

Dengan dukungan teknologi dan tingkat profesionalisme agen telesurvey, hasil telesurvey dijamin lebih akurat dan dapat diandalkan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pihak perusahaan.

  • Efisiensi Biaya

Penggunaan layanan agen telesurvey dari BPO Contact Center akan mengurangi biaya operasional perusahaan.

  • Konsentrasi pada Core Business

Dengan menyerahkan tugas telesurvey kepada BPO Contact Center, perusahaan dapat fokus pada inti bisnisnya dan meningkatkan efisiensi operasional.

  • Waktu Tepat

Terakhir, BPO Contact Center memiliki fleksibilitas waktu yang memungkinkan telesurvey dilakukan pada waktu yang tepat bagi responden. Dengan ini, tingkat partisipasinya akan lebih tinggi.

Baca juga: Alasan Perusahaan Gunakan Jasa Perusahaan BPO

Solusi Penyedia Agen Telesurvey Andalan, Hanya di Ivosights!

Dengan menggunakan layanan agen telesurvey dari BPO Contact Center, perusahaan dapat mengelola telesurvey secara lebih efektif dan efisien. Selain itu, layanan BPO Contact Center bisa berfungsi sebagai pihak ketiga yang menangani layanan contact center perusahaan Anda secara keseluruhan.

Sebagai penyedia end-to-end BPO Contact Center solution, Ivosights menyediakan setiap kebutuhan layanan contact center Anda secara lengkap. Selain menyediakan agen telesurvey yang terlatih, kami juga menyediakan sarana serta fasilitas pendukung lainnya berupa lokasi gedung, alat-alat workstation, pelatihan untuk para agen hingga teknologi pendukung seperti Sociomile.

Sociomile merupakan sistem contact center terlengkap yang mampu mengintegrasikan sebanyak 13 platform digital dan voice sehingga memudahkan agen telesurvey untuk menyebarkan tautan survei dari channel apapun. Layanan ini juga mendukung panggilan outbound dan inbound dengan biaya yang jauh lebih terjangkau dibandingkan telepon konvensional umumnya. Tunggu apalagi? Segera dapatkan sistem contact center Sociomile sekarang dengan hubungi tim kami sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami