Media Monitoring Brand Fashion di Era Digital: Pasti Berkembang Pesat!

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 30 September 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring.
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring.

"Tantangan terbesar brand fashion di era digital, bagaimana mengatasinya? Media monitoring jawabannya. Simak dan cari tahu lebih dalam di sini!"

Brand fashion atau clothing di Indonesia kini sudah berkembang pesat. Ditambah, berdasarkan hasil survei GoodStats, anak muda Indonesia banyak memilih brand fashion lokal sebanyak 40.2% sedangkan brand luar sebanyak 3.8%. Bisa dilihat bahwa kini brand fashion Indonesia sudah semakin terdepan. Inilah yang menjadi tantangan bagi para pemilik brand fashion. Salah satunya dalam melayani pelanggan atau membuka peluang bisnis lebih besar melalui platform digital. Di sinilah media monitoring bekerja. Media monitoring memiliki berbagai manfaat dan teknologi digital yang bisa pebisnis brand fashion rasakan. Apa saja manfaat itu? Artikel ini cocok untuk Anda simak sampai akhir.

Definisi Media Monitoring

Apa itu media monitoring? Media monitoring ialah proses atau aktivitas monitoring, melacak, mengamati, secara aktif yang terjadi atau media yang dipublikasikan mau itu media cetak, elektronik, dan secara online. Tujuan media monitoring ialah untuk memahami opini atau ulasan para audiens terkait produk atau layanan yang perusahaan Anda pasarkan. Proses ini nantinya akan dikembangkan untuk berbagai keperluan perusahaan, seperti strategi baru, branding image perusahaan maupun produk atau layanan, kampanye pemasaran dan masih banyak lagi. Ditambah lagi, media monitoring ini tidak dijalankan secara manual, melainkan dikerjakan oleh alat atau agen tertentu yang berpengalaman. Hal inilah yang menjadikan media monitoring sangat penting untuk keberlangsungan perusahaan Anda. 

Cara Kerja Media Monitoring pada Brand Fashion

Melihat tujuan media monitoring yang sangat beragam, apakah Anda penasaran bagaimana media monitoring bekerja? Berikut ini adalah cara kerja media monitoring pada industri fashion:

  • Identifikasi Media Sosial 

Di dunia yang serba digital ini, industri fashion banyak menggunakan platform media sosial untuk pemantauan sentimennya. Inilah mengapa media monitoring bekerja untuk mengidentifikasi media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, Tiktok, dan platform lainnya yang membantu pemasaran. Media monitoring di sini bekerja untuk menganalisis tren pasar yang bisa perusahaan implementasikan ke produk yang ingin dipasarkan kedepannya.

  • Menggunakan Teknologi AI

Media monitoring bekerja menggunakan teknologi terbarukan. Teknologi ini ialah teknologi kecerdasan buatan, AI. AI (Artificial Intelligence) pada perusahaan pakaian bisa digunakan untuk mengoptimalkan pemasaran. Karena, dengan AI pada media monitoring untuk industri pakaian, dapat membantu pekerjaan para desainer dan perusahaan dalam memahami konsumen.

  • Sentiment Analysis

Seperti yang sudah dijelaskan pada identifikasi sosial media, cara kerja media monitoring mampu menganalisis sentimen. Dengan, media monitoring yang mampu menganalisis sentimen alat ini digunakan untuk menganalisis seluruh ulasan di platform media sosial yang Anda pakai, apakah bersifat positif, negatif, atau netral.

  • Trend or Competitor Analysis

Yang terpenting ialah media monitoring mampu menganalisis tren hingga produk kompetitor. Selain merek sendiri, perusahaan pakaian juga memantau ulasan terkait merek pesaing. Ini memberikan insight untuk membandingkan performa produk, harga, dan strategi pemasaran dengan kompetitor. Serta mendapatkan tren yang sedang naik daun, untuk bisa disesuaikan ke koleksi produk perusahaan.

Baca Juga: Manfaat Media Monitoring saat Memulai Rencana Bisnis Baru

Tips dan Trik Optimasi Media Monitoring 

Dengan cara kerjanya yang maksimal dalam meningkatkan performa perusahaan hingga kualitas pelayanan. Tentunya, Anda juga harus ikut andil dalam mengoptimalkan proses media monitoring. Hal ini, Anda dapat memperhatikan beberapa aspek berikut:

  • Pilih Produk Media Monitoring Sesuai Budget

Anda wajib memperhatikan serta mempertimbangkan produk media monitoring yang sesuai dengan perusahaan Anda. Bisa perihal kualitas, harga, hingga melalui ulasan-ulasan di media sosial.

  • Buat Daftar Kata Kunci 

Setelah mendapatkan produk media monitoring  yang sesuai untuk perusahaan Anda. Anda diwajibkan untuk membuat atau listing keyword, yang nantinya perusahaan dapat menangkap semua percakapan, berita, dan opini yang relevan. 

  • Analisis Data Secara Konsisten

Kemudian, analisis data secara konsisten. Sebagai pengguna atau menerapkan media monitoring pada perusahaan Anda. Hal ini wajib Anda lakukan supaya produk atau layanan Anda dapat lebih optimal. 

  • Buat Strategi yang Efektif

Jangan lupa untuk buatlah strategi yang efektif. Anda juga perlu memikirkan tentang pengembangan atau jalan strategi yang telah Anda buat. Hal ini membantu dalam peningkatkan citra merek atau perusahaan Anda.

Tertarik menggunakan proses media monitoring ini? Tenang! Anda memilih artikel yang tepat untuk memahami media monitoring, karena Anda akan mendapatkan rekomendasi produk yang bisa mengoptimalkan proses ini. 

Ripple10: Strategi Media Monitoring Terpercaya, Hubungi Sekarang!

Ripple10, jawabannya! Ripple10 adalah salah satu produk yang disediakan Ivosights. Dengan Ripple10 dari Ivosights, perusahaan Anda dapat memonitor percakapan digital berdasarkan keyword yang dapat membantu bisnis dalam mendapatkan data percakapan digital, baik percakapan yang bersumber dari sosial media, portal berita, blog, dan forum secara real time. Ada begitu banyak manfaat yang disediakan Ripple10 untuk Anda, yaitu:

  1. Menjaga Reputasi Produk dan Isu Negatif,
  2. Mengetahui Sentimen Publik,
  3. Mengetahui Aktivitas Kompetitor,
  4. Mengetahui Topik Perbincangan Publik,
  5. Mengukur Citra Produk,
  6. Identifikasi Akun Sosial Media,
  7. Mengetahui Kompetisis Tren,
  8. Dan lain-lain.

Wah! Ternyata Ripple10 lebih valuable dibanding monitoring tools lainnya. Yuk, mulai bergabung dengan Ivosights dan rasakan langsung manfaat Ripple10 untuk perusahaan Anda. Caranya mudah cukup kunjungi situs web Ivosights, klik Produk & Layanan, dan terakhir pilih Ripple10.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami